7 Cara Menghilangkan Jerawat Kecil Di Bawah Mata Dengan Tepat

Milia adalah benjolan kecil berwarna putih yang muncul pada kulit, juga ada di kulit wajah tepatnya pada area bawah mata. Milia disebabkan oleh keratin yang terjebak di bawah permukaan kulit. Tidak seperti komedo putih yang berisi kotoran, milia bukanlah tanda dari pori – pori yang tersumbat. Biasanya milia ini terjadi pada anak bayi yang baru lahir, pada anak – anak yang berusia lebih tua, bahkan pada orang dewasa di area pipi atau bawah mata dan timbul berkelompok. Biasanya milia yang menjadi penyebab muka kasar dan berbintik ini terbentuk dengan sendirinya, dan disebabkan oleh beberapa faktor.

Milia yang ditemukan di sekitar area mata biasanya disebabkan oleh krim yang mengandung bahan – bahan kimia berat, dimana kulit bawah mata jauh lebih tipis dari area lain di wajah. Cenderung muncul karena kerusakan kulit terutama karena sinar matahari. Sayangnya, milia tidak dapat dipencet dengan mudah seperti komedo putih atau jerawat biasa, karena itu cara menghilangkannya merupakan suatu hal yang tidak mudah dilakukan dengan cepat.

Mengatasi Milia Dengan Cepat

Ukuran milia normalnya hanya sekitar 1-2 mm dan bisa menghilang sendiri setelah beberapa bulan. Namun keberadaan milia di bawah mata tentunya akan mengakibatkan Anda merasa tidak nyaman dan terganggu dengan penampilan kulit wajah yang kurang mulus. Belum ada cara menghilangkan jerawat kecil di bawah mata yang khusus, namun beberapa cara alami terbukti memiliki resiko lebih rendah untuk dicoba.

1. Jangan mencoba mengeluarkannya

Jika keberadaan jerawat di bawah mata mengganggu Anda, jangan memencetnya. Mencoba untuk menghilangkan milia dengan cara tersebut akan menyebabkan benjolan menjadi berdarah, bengkak atau berbekas luka. Belum lagi resiko mengontaminasi area tersebut dengan kuman dari jari tangan, dan berbahaya jika infeksi.

2. Bersihkan area bawah mata

Pastikan untuk mencuci wajah dengan sabun atau pembersih bebas paraben setiap hari untuk cara mempercantik mata. Sabun atau pembersih apapun yang tidak ringan akan menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan kulit  untuk tetap sehat dan seimbang. Setelah membersihkan wajah, tepuk menggunakan handuk untuk mengeringkan dengan lembut agar wajah tidak berbekas atau tergores.

3. Penguapan wajah

Melakukan penguapan pada kulit wajah merupakan salah satu cara untuk membuka pori – pori. Anda mungkin akan mendapati bahwa manfaat penguapan wajah setiap hari sangat bagus untuk menggunakan uap pada pori- pori wajah untuk mencegah bahan bahan yang dapat menyebabkan iritan. Namun perhatikan juga efek samping uap air panas pada wajah jika dilakukan berlebihan yang bisa membuat wajah menjadi kering. Cara menghilangkan jerawat kecil di bawah mata dengan uap bisa dimulai sebagai berikut:

  • Atur tingkat kepanasan air di pancuran kamar mandi hingga batas yang diinginkan, biarkan air mengalir sampai ruangan terisi oleh uap.
  • Duduk di dalam uap selama 5 sampai 8 menit. Uap tersebut perlahan akan membuka pori – pori Anda, mengeluarkan serpihan kulit atau iritan lain yang mungkin saja terperangkap dibawahnya.
  • Matikan shower dan tunggu beberapa menit. Keringkan wajah dengan ditepuk menggunakan handuk, dan bilas dengan air hangat.

4. Eksfoliasi wajah

Pengelupasan kulit wajah mungkin saja dapat membantu membebaskan kulit dari iritasi yang menyebabkan milia. Beberapa bahan pengeksfoliasi dapat mencegah produksi berlebihan keratin di kulit Anda. Carilah bahan pengelupas yang mengandung salicylic acid, citric acid atau glycolic acid. Melakukan manfaat eksfoliasi wajah terlalu banyak bisa mengiritasi kulit, jadi Anda tidak bisa melakukannya setiap hari. Mulailah dengan menggunakan pembersih yang mengandung eksfoliator sekali seminggu atau krim peeling wajah yang bagus dan lihat apakah ada perbaikan pada milia di bawah mata.

5. Air Mawar

Cara menghilangkan jerawat kecil di bawah mata  juga bisa dilakukan dengan air mawar. Air mawar merupakan air yang didemineralisasi dan mengandung minyak mawar, juga dapat menjadi cara membuat wajah glowing dengan air mawar. Ketika diaplikasikan ke kulit wajah, minyak bunga mawar bisa menjadi agen anti peradangan. Semprotkan sejumlah air mawar ke area yang terkena milia sebanyak 2-3 kali sehari dan lihat dulu apakah milia itu ada perubahan.Hati- hati agar tidak mengenai bola mata, karena dapat teriritasi oleh minyak mawar.

6. Krim Retinoid

Beberapa peneliti merekomendasikan krim retinoid untuk menghilangkan milia, krim ini juga dapat menjadi cara menghilangkan komedo putih di pipi. Krim retinoid mengandung vitamin A yang sangat penting untuk kesehatan kulit kita.Gunakan produk apapun yang mengandung retinol sekali sehari. Bersihkan wajah Anda sebelumnya. Krim retinoid akan membuat kulit Anda rentan pada kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari.

7. Masker Telur

Telur mengandung retinol yang dapat membantu membersihkan kulit Anda. Siapkan satu putih telur, dua sendok makan minyak almond, satu sendok makan yogurt tawar, dan satu sendok makan madu. Campur semua bahan sampai menjadi pasta dan bubuhkan di area yang terdapat milia atau jerawat kecil di bawah mata. Biarkan mengering selama 30 menit lalu bilas dan keringkan dengan lembut. Gunakan masker ini 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasilnya yang paling baik. Anda juga akan mendapatkan cara menghilangkan komedo dengan putih telur bersamaan dengan menghilangkan jerawat kecil di bawah mata.

Cara menghilangkan jerawat kecil di bawah mata sebenarnya bisa kita tunggu hingga ia hilang dengan sendirinya. Akan tetapi jika Anda sering mengalami kemunculan milia ini, mungkin Anda harus meminta bantuan ahli kulit atau dokter kulit yang kompeten untuk menghilangkannya dengan cepat. Atau mereka dapat memberi rekomendasi bagaimana cara terbaik untuk menghilangkan milia ini, dengan menyesuaikan dengan tipe milia yang ada di bawah mata Anda. Hindari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan kondisi milia semakin buruk dengan menggunakan tabir surya dengan teratur setiap kali akan keluar rumah.