Sponsors Link

16 Cara Menghilangkan Kerutan Di Dahi Secara Alami Dengan Cepat

Sponsors Link

Kelihatan lebih tua dari usia sebenarnya? Hal inilah yang ditakuti para wanita, karena umumnya wanita selalu ingin tampak lebih muda dari usianya dan bukan kelihatan menua. Secara alami, kerutan pasti akan tampak di wajah kita sejalan dengan bertambahnya usia. Produksi kolagen yang menurun akan membuat kulit kehilangan elastisitasnya secara perlahan dan menjadi kendur. Untuk sebagian besar wanita, kulit yang mulai tampak berkerut sepertinya sama saja dengan mimpi buruk yang merusak kecantikannya. Terlebih lagi jika kerutan di wajah terjadi ketika seseorang masih berusia relatif muda, belum waktunya kulit mengalami kerutan macam – macam. Kulit yang berkerut di wajah biasanya tampak pada sudut mata, sudut mulut dan dahi. Kerut yang paling mudah terlihat adalah pada bagian dahi, karena bagian tersebut yang paling menonjol dari wajah. Penyebab keriput di usia muda dan penyebab kerutan di wajah terutama di dahi bisa disebabkan dari faktor – faktor yang kita jalani sehari – hari, misalnya:

ads
  • Sering Mengerutkan Dahi

Dahi yang berkerut karena terbentuk dari kebiasaan mengerutkan dahi saat berekspresi. Kerutan di dahi merupakan salah satu bentuk komunikasi non verbal yang kita tunjukkan saat sedang berpikir, merasa heran atau tidak setuju akan sesuatu. Kebiasaan ini jika telah menjadi bagian dari cara kita menunjukkan ekspresi wajah, lama kelamaan akan membentuk kerutan di dahi, yang berbentuk seperti garis – garis lipatan.

  • Stress

Zaman sekarang, seseorang rentan mengalami gangguan pada pikiran atau stress yang disebabkan oleh tuntutan kehidupan yang semakin tinggi. Pada saat stres, kecenderungan untuk mengerutkan dahi akan semakin sering, karena banyak berpikir. Jika terlalu sering, pada akhirnya akan mulai terbentuk kerutan yang akan terlihat dengan jelas.

  • Pemakaian Kosmetik

Terkadang, pemakaian produk kosmetik tidak memperhatikan kebutuhan seseorang, akan tetapi lebih kepada mengikuti gaya hidup dan tren yang sedang berlangsung dan tanpa memperhatikan keamanan kosmetik tersebut. Misalnya memakai krim pemutih wajah sembarangan, padahal mungkin saja dalam produk tersebut ada bahan pemutih wajah berbahaya. Kebiasaan memakai kosmetik yang kurang tepat dengan kebutuhan bisa memicu terbentuknya kerutan di wajah, termasuk di dahi. Kerutan ini timbul karena kulit mengalami penuaan dini, mungkin saja akibat pemakaian bahan kosmetik yang berbahaya, bisa terdapat pada kosmetik yang pembuatannya kurang aman.

  • Gaya Hidup Tidak Sehat

Yang dimaksud gaya hidup tidak sehat yaitu seperti sering memakan makanan instan, pola makan tidak teratur, merokok, minum minuman keras, jarang berolahraga atau jadwal tidur yang tidak teratur. Semua itu akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh karena kurangnya nutrisi dan gizi yang diterima badan kita. Badan yang kekurangan nutrisi juga akan mempengaruhi kondisi kulit yang cepat menua.

  • Sinar Matahari

Bila sering beraktivitas di luar ruangan tanpa memakai tabir surya, sinar matahari akan dengan cepat memperburuk kondisi kulit kita dengan merusak jaringan elastisnya. Lama kelamaan kulit akan terlihat kendur dan berkerut, yang akan membuat kita tampak lebih tua. Penuaan dini membuat kulit mudah mengalami kerutan, seperti yang terjadi pada area dahi.

Sponsors Link

Perawatan Dengan Masker Wajah

Perawatan untuk kerutan di dahi sebenarnya sama saja dengan perawatan untuk seluruh wajah, karena dahi merupakan bagian dari wajah. Cara menghilangkan kerutan di dahi dapat dilakukan dengan menggunakan masker wajah. Agar efektif, tentu saja masker ini dapat digunakan di seluruh wajah dan tidak hanya di area dahi saja.

1. Masker Madu dan Susu

Bahannya adalah 1 sendok makan madu dan 1/2 sendok makan susu tawar atau susu murni. Campurkan hingga rata, pakai di wajah selama setengah jam atau sampai mulai mengering, lalu bersihkan dengan air hangat. Manfaat madu untuk masker wajah dan manfaat susu untuk kulit diantaranya untuk memutihkan, menghaluskan dan mengencangkan kulit.

2. Masker Lemon dan Gula

Manfaat eksfoliasi wajah akan didapatkan dari penggunaan campuran lemon dan gula. Manfaat jeruk lemon untuk wajah melalui kandungan asam sitratnya bisa mengangkat sel kulit mati, sedangkan vitamin C nya baik untuk nutrisi kulit. Gula dengan kandungan glikolat bisa memperbaiki kerusakan sel kulit. Cara membuatnya dengan mencampurkan 1 sendok teh gula dan 2 sendok makan air perasan lemon sampai rata. Pakai selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin.

3. Masker Putih Telur

Sebagai sumber protein, telur juga mempunyai sifat mengencangkan kulit, karena itu bisa menjadi cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami. Bahannya yaitu dua butir telur pisahkan kuningnya, ambil putihnya saja. Kemudian dikocok sampai berbusa, dan pakailah selama kurang lebih 20 menit atau sampai terasa kaku, lalu bilas dengan air dingin. Putih telur adalah salah satu bahan pembuat masker untuk mengencangkan kulit wajah.

4. Masker Minyak Zaitun dan Wortel

Manfaat wortel untuk kulit dicampur dengan minyak zaitun menghasilkan masker untuk perawatan kerutan di dahi. Perasan air wortel secukupnya dan minyak zaitun digunakan untuk memijat bagian dahi yang berkerut selama 30 menit. Setelahnya dapat dibilas dengan air hangat. Perawatan ini juga bisa menjadi cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan minyak zaitun.

5. Masker Mentimun dan Wortel

Manfaat timun untuk wajah sama baiknya dengan masker buah lainnya yaitu mengatasi bintik hitam, sengatan matahari, dan meremajakan kulit. Cara membuatnya cukup dengan menghancurkan mentimun dan wortel dalam jumlah yang diperlukan secukupnya, lalu dicampur merata dan digunakan pada bagian kerut di dahi atau bisa juga untuk seluruh wajah. Masker ini bisa dipakai dua kali seminggu.

6. Masker Pisang dan Wortel

Wortel juga bisa digabungkan dengan pisang untuk merawat kulit dahi yang mempunyai kerutan. Manfaat pisang untuk kulit adalah dari kandungan vitamin A, B, C dan E serta potasiumnya yang sangat baik untuk kesehatan kulit wajah. Campurkan pisang dan wortel secukupnya sampai membentuk pasta, lalu pakailah pada kerutan di dahi Anda. Biarkan sampai wajah terasa kencang, beru kemudian dibilas dengan air hangat.

7. Masker Pepaya

Manfaat masker pepaya bagi kulit berasal dari kandungan vitamin A dan C, potasium, dan kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acid). Fungsi AHA untuk kulit salah saatunya sebagai anti aging, karena itu pepaya sangat bagus untuk kulit. Cara memakainya dengan menghancurkan buah pepaya secukupnya dan dipakai ke wajah. Biarkan selama beberapa menit lalu dibilas.

8. Masker Nanas

Kupas buah nanas secukupnya, lalu usapkan daging buahnya ke dahi serta bagian wajah lain selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Manfaat air hangat untuk wajah sangat baik untuk membersihkan bekas – bekas masker hingga tuntas.

9. Masker Semangka

Cara membuatnya haluskan buah semangka secukupnya saja, lalu diperas dan diambil airnya. Simpan airnya selama 24 jam terlebih dulu di dalam kulkas, gunakan untuk masker di muka pada keesokan harinya. Kulit semangka dapat menjadi cara menghilangkan kerutan di mata.

ads
10. Masker Anggur Hijau

Cuci anggur hijau terlebih dulu sampai bersih. Lalu belah menjadi dua, oleskan ke dahi yang memiliki kerutan. Lebih bagus jika dioleskan ke seluruh wajah. Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Buah anggur adalah salah satu buah yang bermanfaat menjadi cara mencegah penuaan dini di wajah.

11. Masker Bengkoang

Selah satu penyebab kerutan adalah penuaan dini. Manfaat bengkoang untuk kulit memiliki khasiat mengatasi masalah penuaan dini tersebut. Cara memakainya, parut bengkoang yang telah dibersihkan secukupnya. Pakai di dahi atau seluruh wajah selama satu jam lalu bilas dengan menggunakan air hangat. Jika Anda tidak ingin meramu sendiri,  telah banyak produsen kosmetik yang menjual masker ini dipasaran.

12. Masker Kentang

Ketang tidak hanya bisa dimasak, lho. Perawatan wajah menggunakan kentang juga sangat baik khasiatnya. Mengatasi keriput adalah salah satu manfaat kentang untuk kulit wajah. Parut kentang yang telah dikupas dan dibersihkan dalam jumlah secukupnya saja, lalu peras dan gunakan airnya untuk dipakai pada dahi yang berkerut.

13. Masker Tomat

Manfaat tomat untuk kulit yaitu salah satunya untuk menghaluskan. Kulit yang berkerut dapat berkurang dengan memakai masker dari tomat ini. Haluskan tomat yang telah dibersihkan secukupnya, lalu saring. Bisa ditambahkan madu jika perlu.

14. Masker Lemon Balm

Lemon Balm adalah tanaman yang berbentuk seperti daun mint tetapi baunya seperti lemon. Tanaman ini dikenal sebagai tanaman obat yang berkhasiat anti virus. Cara memakainya cukup dengan merebus dua gelas air sampai mendidih, kemudian campurkan lemon balm secukupnya. Gunakan airnya untuk mencuci muka, diamkan dulu selama beberapa saat sampai kering. Lalu bilas lagi dengan air biasa.

Perawatan Dengan Pijat Wajah

Cara memijat bagian wajah ini juga efektif untuk cara menghilangkan kerutan di dahi dan bagian wajah lainnya, yaitu seperti berikut:

1. Pertama

  • Pijat bagian dahi dengan gerakan memutar menggunakan jari telunjuk dan jari tengah saja. Mulai dari bagian bawah telinga, lanjut ke sisi leher sampai ke bagian tulang selangka.
  • Kemudian lanjutkan memijat bagian bawah ke arah dagu, tulang rahang, dan ke arah telinga.
  • Pindah ke bagian dalam mata menuju ke arah bagian luar mata.
  • Pijat sisi wajah mulai dari pelipis kebawah. Ulangi sebanyak 5 kali agar mendapat manfaat yang maksimal.

2. Kedua

  • Tarik bagian bawah dahi ke atas dengan kedua tangan, ulangi sebanyak 10 kali.
  • Setelah itu pindah ke samping dahi ke atas ulangi sebanyak yang sama.

Begitu banyak pilihan masker yang bisa Anda gunakan untuk merawat kerutan di dahi. Sebenarnya, semua perawatan tersebut juga efektif untuk bagian wajah yang lain, tidak hanya dahi. Oleh karena itu sebaiknya memakai masker dan memijat bagian wajah yang lain pula agar perawatan lebih efektif dan tujuannya tercapai. Yang paling penting, usahakan mengurangi kebiasaan mengerutkan dahi untuk menampilkan ekspresi Anda, karena penyebab yang utama dari kerutan yang muncul di dahi adalah kebiasaan tersebut yang akhirnya akan meninggalkan jejak pada kulit dahi. Juga sama pentingnya untuk memperbanyak memakan sayur, buah dan makanan yang bernutrisi lainnya sebagai cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Monday 25th, July 2016 / 08:52 Oleh :
Kategori : Wajah