5 Cara Menghilangkan Komedo Hitam yang Susah Hilang Secara Alami

Punya komedo hitam membandel di hidung? Komedo hitam atau blackhead adalah satu masalah kulit yang susah hilang dan kambuhan, yang mana bisa membuat risih karena dapat menganggu penampilan wajah. Pada umumnya komedo hitam akan muncul berbintik di sekitar hidung hingga area pipi.

Untuk menghilangkan komedo hitam ini, banyak orang yang rela mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk perawatan di klinik kecantikan. Namun tahukah Anda, jika banyak cara menghilangkan komedo hitam dengan perawatan sehari-hari. Dan jenis perawatan wajah yang dapat dipakai adalah dengan memanfaatkan masker atau scrub dari bahan alami. Penasaran bukan? Nah, simak penjelasannya mengenai cara menghilangkan komedo hitam yang susah hilang secara alami berikut ini ya.

1. Scrub dari gula dan kopi

Manfaat gula dan kopi untuk scrubbing pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Campuran kedua bahan ini tidak hanya cocok dibuat minuman hangat saja, namun juga dapat membasmi komedo hitam yang susah dihilangkan. Membuat scrub ini sebagai cara menghilangkan komedo blackhead di hidung juga sangat mudah, yaitu dengan mencapurkan kedua bahan ditambahkan dengan air sampai bertekstur pasta. Aplikasikan scrub ini dengan digosok pelan selama sekitar ua menit sebelum dibilas.

2. Masker putih telur dan lemon

Cara menghilangkan komeo hitam susah hilang juga bisa memanfaatkan putih telur an air perasan lemon atau jeruk nipis. Kombinasi kedua bahan ini memiliki kandungan albumin, alpha hyydroxy dan mikronutrien yang bisa membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Sehingga secara alami dapat mengeluarkan penyebab komedo hitam, sekaligus bisa membuat wajah halus dan lebih cerah.Caranya adalah mencampurkan kedua bahan, lalu oleskan ke wajah dan didiamkan sekitar 20-30 menit sebelum dibasuh dengan air hangat.

3. Masker lidah buaya

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung selanjutnya adalah dengan memanfaatkan khasiat gel lidah buaya. Di dalam gel lidah buaya mengandung senyawa anti inflamasi dan vitamin yang dapat membersihkan kulit dari komedo hitam dengan baik. Saat ini sudah banyak gel lidah buaya di pasaran, yang bisa digunakan untuk masker overnight (dibawa tidur) maupun masker biasa yang langsung dibilas setelah 20 menit.

4. Scrub baking soda dan air

Baking soda selama ini telah dikenal baik sebagai agen eksfoliator yang baik, yang bisa membersihkan baik komedo hitam maupun komedo putih. Dengan butir baking soda yang halus, dapat mengatasi penyumbatan pori-pori dan cara mengangkat sel kulit mati dengan cepat yang menyebabkan komedo secara efektif. Cara membuat scrub baking soda adalah dengan mencampurkan baking soda dengan air secukupnya lalu digunakan sebagai scrub wajah, lalu biarkan  selama beberapa menit sebelum membilasnya.

5. Masker madu dan bubuk kayu manis

Kombinasi antara madu dan bubuk kayu manis juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan komedo membandel yang mudah. Kedua bahan ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan dapat mengatasi pori-pori yang tersumbat. Di samping itu, penggunaannya secara rutin dapat membuat kulit lebih kenyal dan mulus. Caranya adalah mencampur kedua bahan, diaplikasikan ke kulit wajah lalu tempeli wajah dengan kapas. Setelah itu diamlkan sekitar 10 menit sebelum dibilas hingga bersih.

Demikian informasi mengenai beberapa cara menghilangkan komedo hitam yang susah hilang dengan bahan alami yang bisa dicoba di rumah. Semoga bermanfaat.