20 Cara Menghilangkan Komedo Hitam Dengan Perawatan Sehari – hari

Komedo adalah satu bentuk yang paling umum dari jerawat. Biasanya orang yang memiliki kulit berminyak lebih rentan terhadap komedo, namun sebenarnya siapa saja bisa mengalaminya. Komedo hitam terbentuk ketika pori – pori menjadi tersumbat karena sel kulit mati dan kelebihan minyak dari kelenjar sebaceous. Komedo hitam memiliki permukaan yang terbuka, dan terjadi oksidasi yang menyebabkan warnanya menjadi gelap. Ketika seseorang mengalami timbulnya komedo hitam di wajah, hal tersebut biasanya akan menjadi suatu pertempuran yang tiada habisnya, sebab ketika kita mengeluarkan sedikit komedo tersebut, masih akan ada komedo di bagian wajah yang lain yang harus ditangani.

Kemunculan komedo penyebabnya bervariasi termasuk usia, pemakaian produk perawatan kulit, hormon dan keturunan. Hanya ada beberapa aspek dari penyebabnya yang bisa kita kendalikan. Karena itu, hampir tidak mungkin untuk mencegah munculnya komedo walaupun hanya sedikit. Komedo bisa saja muncul secara berkala di kulit wajah walaupun sudah dibersihkan berkali – kali. Perlu diketahui, memiliki komedo di kulit bukan berarti Anda adalah seseorang yang kurang memperhatikan kebersihan, jadi tidak perlu membersihkan kulit wajah Anda secara berlebihan untuk menghilangkan komedo.

Perawatan untuk Komedo Hitam

Cara menghilangkan komedo hitam dapat dilakukan dengan beberapa tips berikut ini yang dapat digunakan untuk perawatan wajah Anda sehari – hari. Penting diingat bahwa perawatan harian juga sama pentingnya dengan bahan – bahan yang digunakan untuk merawat wajah tersebut. Sekali Anda menemukan pendekatan yang tepat untuk merawat wajah dan menghilangkan komedo, maka tetaplah melakukan rutinitas tersebut setiap harinya.

1. Gunakan Strip Komedo 

Mencungkil, menggaruk, dan mengeluarkan semua bentuk jerawat dengan tangan sebenarnya dilarang. Walaupun demikian, sangat menggoda untuk melakukan beberapa cara untuk mengeluarkan komedo hitam yang menyebalkan tersebut. Walaupun strip penghilang komedo dan masker komedo dapat menjadi cara menghilangkan komedo yang sangat efektif, namun produk – produk tersebut dapat menghilangkan elemen yang sebenarnya dapat membantu kulit Anda, termasuk minyak alami kulit dan folikel rambut. Menghilangkan beberapa bagian ini dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Ketika iritasi terjadi, kelenjar sebaceous mungkin akan memproduksi lebih banyak minyak dan justru menghasilkan komedo hitam lebih banyak.

2. Jangan gunakan Benzoyl Peroksida

Ketika berhubungan dengan perawatan jerawat over the counter  (OTC) atau yang dapat dibeli bebas, akan banyak produk yang mengandung benzoyl peroksida. Padahal zat ini tidak bekerja baik pada semua tipe jerawat, karena bekerja untuk mengurangi radang dan bengkak pada jerawat sedangkan komedo hitam tidak tergolong kepada kondisi yang meradang dan tidak disebabkan oleh bakteri. Anda dapat mencoba cara alami seperti cara menghilangkan komedo dengan putih telur ayam dan cara menghilangkan komedo dengan jeruk nipis.

3. Bersihkan dengan salicylic acid

Salicylic acid lebih direkomendasikan untuk komedo hitam karena dapat menghilangkan kotoran yang menyumbat pori – pori yaitu kelebihan minyak dan sel kulit mati. Dengan menggunakan pembersih wajah yang mangandung salicylic acid, Anda dapat menghilangkan sumbatan ini termasuk kotoran dan make up. Ada pula cara menghilangkan komedo dengan timun dan cara membersihkan komedo dengan pasta gigi pepsodent.

4. Gunakan glycolic acid

Glycolic acid, yaitu AHA yang dihasilkan dari pohon tebu dapat membantu membersihkan kulit mati dan kotoran dalam permukaan kulit. Glycolic acid akan sangat efektif untuk meluruhkan dan melepaskan sel kulit mati yang menyumbat pori – pori wajah, dengan demikian menjadi salah satu cara menghilangkan komedo hitam atau cara menghilangkan komedo blackhead dan tips menghilangkan komedo di bawah bibir yang dapat diperhitungkan.

5. Gunakan produk mengandung AHA dan BHA

Manfaat eksfoliasi wajah secara teratur akan membantu menghilangkan sejumlah besar sel kulit mati yang dapat menyumbat pori. Proses eksfoliasi ini juga akan dapat menghilangkan komedo hitam yang ada. Daripada menggunakan pembersih yang berbahan kasar, Anda sebaiknya menggunakan pembersih yang mengandung fungsi AHA untuk kulit dan manfaat AHA untuk kulit serta juga menggunakan yang mengandung BHA (Beta Hydroxy Acid). Contoh produk AHA adalah yang mengandung glycolic acid dan BHA adalah yang mengandung salyclic acid. Kedua zat ini bekerja dengan menghilangkan lapisan teratas kulit. Dengan demikian, hal ini dapat memperbaiki penampilan keriput dan age spot, juga melembutkan kulit.

6. Gunakan sikat kulit

Sebuah sikat untuk kulit dapat menyediakan keuntungan eksfoliasi untuk kulit jika hanya digunakan sebanyak satu minggu sekali agar tidak menyebabkan iritasi. Anda dapat memilih jenis sikat kulit yang cocok dengan budget dan keperluan Anda. Antara lain sikat yang bertenaga elektrik atau yang harganya lebih terjangkau seperti sikat kulit tangan biasa.

7. Cobalah krim retinoid

Krim wajah yang mengandung retinoid bisa sangat membantu untuk kasus jerawat yang parah dengan menghilangkan pori – pori yang terumbat. Menggunakan krim yang mengandung retinoid acid juga akan membuat produk – produk yang dijual bebas lebih efektif karena dapat menembus sampai ke folikel.

8. Gunakan masker clay

Masker clay sering dijadikan barang yang harus dimiliki oleh para pemilik kulit berminyak. Masker clay bekerja dengan menarik kotoran, minyak, dan elemen lain dari dalam pori – pori kulit. Sejauh menyangkut komedo hitam, masker clay bahkan dapat melegakan dan menghilangkan sumbatan pada pori – pori. Beberapa masker clay ada yang mengandung ulur, yaitu bahan yang dapat meluruhkan sel kulit mati yang menyebabkan komedo. Anda dapat mencoba masker ini satu kali dalam sehari sebagai tambahan dari perawatan wajah yang biasanya dilakukan sehari – hari dan untuk cara menghilangkan flek hitam di hidung.

9. Gunakan masker arang

Seperti masker clay, masker arang juga bekerja dalam pada kulit untuk menarik mnyak, sel kulit mati, dan kotoran lainnya. Bahan arang diyakini akan memberi manfaat hingga maksimal untuk cara menghilangkan komedo hitam. Gunakan seminggu sekali untuk membantu menghilangkan komedo hitam dari kulit wajah Anda, dan cara menghilangkan komedo dalam 1 hari secara alami.

10. Lakukan chemical peeling

Prosedur chemical peeling digunakan secara tradisional untuk cara mencegah penuaan dini, seperti untuk mengurangi adanya age spot dan garis halus. Bahan yang digunakan seringkali mengandung AHA, dan bekerja dengan menghilangkan lapisan teratas dari kulit wajah. Walaupun chemical peeling bukanlah merupakan perawatan utama untuk komedo, namun perawatan ini dapat menghilangkan sel kulit mati dan menyusutkan pori – pori yang membesar dan juga sebagai cara menghilangkan komedo membandel.

11. Gunakan produk non komedogenik

Pemilihan pembersih, masker, dan scrub yang tepat akan sangat berpengaruh apabila Anda menggunakan produk yang mengandung non komedogenik untuk wajah. Non komedogenik artinya produk tersebut tidak aakn menyebabkan komedo, jerawat atau menyumbat pori – pori. Tidak semua produk untuk wajah bersifat non komedogenik, karena itu Anda harus meneliti kandungannya terlebih dulu sebelum membeli. cobalah juga cara menghilangkan komedo dengan garam untuk cara menghilangkan komedo secara alami.

12. Jangan tidur dengan make up

Ketika tubuh sudah lelah sehabis beraktivitas seharian, hal terakhir yang Anda ingin lakukan mungkin saja hanya tidur dan tidak ingin direpotkan dengan ritual pembersihan wajah. Namun ingatlah bahwa kebiasaan buruk tersebut berpotensi memancing timbulnya komedo karena sumbatan pada pori wajah akibat make up sisa. Bahkan jika Anda menggunakan produk non komedogenik, hal itu tetap dapat menyumbat pori – pori. Selain itu, make up mata dapat membuat mata Anda teriritasi atau infeksi.

13. Temui ahli kecantikan

Pengobatan atau perawatan baru untuk jerawat termasuk komedo dapat memperlihatkan efeknya dalam waktu 6 hingga 8 minggu. Jika Anda terus menjumpai adanya komedo hitam selama menggunakan produk perawatan tertentu, maka mungkin saja Anda memerlukan bantuan ahli kecantikan. Ahli kecantikan profesional dapat menggunakan cara yang lebih profesional untuk menghilangkan komedo hitam, juga untuk cara menghilangkan komedo batu dan ada pula cara menghilangkan komedo putih dengan pasta gigi.

14. Lakukan microdermabrasi

Metode profesional berupa mikrodermabrasi dapat banyak membantu cara menghilangkan komedo hitam. Perawatan ini dapat dilakukan pada klinik kecantikan profesional ataupun oleh dokter kulit ternama. Mikrodermabrasi dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan penampilan kulit.

15. Lakukan perawatan microneedling

Microneedling adalah perawatan menggunakan alat yang menyerupai jarum – jarum kecil pada kulit wajah. Jenis perawatan  ini bertujuan untuk mengurangi keriput, bekas jerawat, bahkan stretch mark dengan menciptakan luka kecil di kulit. Melukai kulit akan memicu pemulihan kulit kembali, misalnya memproduksi kolagen untuk membantu menghaluskan keriput.

16. Jangan lupa gunakan pelembab

Semua metode atau cara menghilangkan komedo hitam yang digunakan bisa membuat kulit wajah menjadi kering, jadi sebaiknya Anda tetap menggunakan pelembab secara rutin selama melakukan perawatan. Sangat penting untu menjaga keseimbangan yang tepat pada kulit, dan melembabkannya akan memungkinkan Anda untuk terus menggunakan produk pengelupasan tanpa eek samping berupa iritasi.

17. Lakukan penguapan

Untuk cara menghilangkan komedo hitam, pertama – tama mungkin Anda ingin membersihkan pori – pori wajah terlebih dulu. Anda dapat membersihkan pori – pori menggunakan uap air. Anda dapat melakukannya dengan mencelupkan handuk wajah ke dalam air panas dan menempelkannya ke wajah selama beberapa menit. Periksalah suhu handuk sebelum menempelkan ke wajah agar tidak terlalu panas.

18. Gunakan floss stick

Teknik perawatan ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah menggunakan benang wajah yang sekali pakai untuk membantu mengeluarkan komedo di kulit wajah. Seret benang di hidung atau bagian wajah lain yang terdapat komedo hitam dalam gerakan menggesek, dengan demikian komedo akan keluar dari pori – pori. Cara ini lebih mudah dilakukan daripada menggunakan metal extractor untuk komedo. Ketahuilah cara menghilangkan komedo dengan baking soda, cara menggunakan kulit jeruk untuk menghilangkan komedo, dan manfaat tomat untuk komedo.

19. Lakukan facial

Melakukan facial sebagai salah satu dari macam – macam perawatan wajah di salon atau klinik kecantikan langganan Anda atau di dokter kulit yang kompeten dapat menjadi salah satu cara menghilangkan komedo hitam. Facial akan membersihkan semua kotoran di wajah dan juga sekaligus merawat berbagai masalah kulit yang ada pada wajah Anda. Pastikan Anda menjalani facial di tempat yang bisa dipercaya dan ditangani oleh ahli kecantikan profesional untuk menghindari bahaya facial di salon.

20. Gunakan komedo ekstraktor

Komedo ekstraktor yang terbuat dari perak dapat menjadi salah satu alternatif dalam menghilangkan komedo hitam di wajah, terutama hidung. Pastikan untuk membersihkan alat sebelum dan sesudah menggunakan agar Anda tidak mengalami masalah kulit lain karena alat yang kotor, misalnya jerawat.

Cara menghilangkan komedo hitam mungkin akan sedikit menyita waktu dan perhatian Anda karena harus dilakukan secara rutin dan teratur. Akan tetapi sangat penting untuk diingat agar jangan pernah memencet komedo dengan tangan. Hal itu akan menyebabkan kulit meradang, terinfeksi dan bahkan mengalami parut. Bahkan akan membuat kulit menjadi rentan terhadap jerawat. Berhati – hatilah juga untuk tidak menggunakan alat yang tajam pada kulit yang dapat menyebabkan cedera dan justru meninggalkan bekas luka.