4 Cara Menyimpan Masker Peel Off yang Benar

Sudah sewajarnya jika para wanita memiliki beragam jenis kosmetik untuk perawatan wajah. Dari mulai krim, serum, pembersih, toner, bahkan masker wajah yang menjadi perawatan mingguan untuk kulit wajah Anda. Salah satu jenis masker yang sedang populer sekarang ini adalah masker peel off karena mudah digunakan, dan proses pengelupasannya terkadang menimbulkan sensasi tersendiri sehingga banyak wanita yang menggemarinya.

Tidak hanya perlu mengetahui bagaimana cara memakai masker peel off yang benar, Anda juga perlu tahu bagaimana cara penyimpanannya. Penyimpanan kosmetik yang salah akan beresiko mendatangkan bakteri pada produk Anda. Gunanya penyimpanan yang tepat adalah agar umur produk dapat berlangsung lebih lama. Salah penyimpanan bisa merusak masker yang seharusnya masih bisa dipakai.

Apa itu Masker Peel Off

Masker peel off memiliki manfaat tersendiri untuk kulit wajah yang berasal dari jenisnya yang berbeda – beda. Masker ini tidak hanya dapat mengangkat komedo, kotoran, dan sel kulit mati, tetapi juga menjadi cara yang efektif untuk melembapkan kulit. Aplikasi masker yang dilakukan secara menyeluruh dan didiamkan hingga kering kemudian dikelupas menjamin wajah menjadi bersih dan lembap, juga menjamin pori tidak tersumbat. Ada beberapa merk masker untuk mengecilkan pori yang bisa Anda gunakan termasuk produk korea untuk menghilangkan bopeng yang berbentuk masker peel off.

Masker peel off tidak sama seperti proses chemical peeling, karena pada umumnya hanya mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang ada di lapisan terluar kulit saja. Biasanya masker ini cocok untuk jenis kulit kering, normal dan berminyak. Namun Anda yang memiliki ciri  – ciri kulit sensitif harus waspada saat hendak mencobanya. Pada beberapa orang, setelah mengelupas masker dari wajah justru mengalami kulit yang memerah. Karena itu jika berminat untuk menggunakannya, Anda harus mengecek komposisi bahan dengan baik.

Penyimpanan Masker Peel Off

Berikut ini adalah cara menyimpan masker peel off dengan benar untuk menjaga kualitasnya dan agar tidak cepat mengalami kadaluarsa.

1. Hindari sinar matahari

Pada hampir semua produk skincare selalu dicantumkan aturan agar produk tidak terkena cahaya matahari. Untuk produk apapun sebenarnya tidak dianjurkan menyimpan produk di area yang terekspos sinar matahari baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Produk yang terekspos sinar dalam waktu lama dan juga suhu tinggi dari sinar matahari, maka kualitasnya akan menurun. Sebaiknya simpan produk skincare di dalam laci meja rias, atau pada kotak yang bertutup. Ini adalah cara menyimpan sisa masker susu beruang dan cara menyimpan lulur kefir yang benar.

2. Jangan menyimpannya di kamar mandi

Kamar mandi adalah tempat yang lembap dan terkadang juga merupakan tempat yang bersuhu panas ketika Anda mandi menggunakan pemanas air. Sehingga kamar mandi tidak cocok sebagai tempat penyimpanan produk kecantikan. Cara menyimpan masker peel off yang paling tepat adalah dengan menaruh kotak penyimpanannya di luar kamar mandi, dalam posisi yang gampang dicapai. Misalnya, di meja rias atau meja samping tempat tidur untuk menyimpan produk masker wajah untuk kulit berminyak Anda yang berbentuk peel off.

3. Menyimpan di dalam lemari es

Skincare buatan sendiri, skincare yang 100 persen paling organik dan produk – produk lain dengan kandungan makanan yang organik perlu ditaruh di dalam lemari es. Gunanya untuk mencegah pertumbuhan jamur dan memperpanjang masa pakai produk atau tanda kadaluarsa di belakang kemasannya. Berbagai macam produk yang tidak menggunakan pengawet dan yang berbahan dasar air, cocok untuk diletakkan di lemari es dengan suhu sekitar 4 derajat celcius. Masker peel off bisa Anda dapatkan dari cara membuat masker gelatin. Namun ada bahaya masker gelatin yang bisa dialami, jika Anda melakukan cara membuat masker pencabut komedo berbahan gelatin tersebut.

4. Ganti wadah jika perlu

Mungkin saja Anda memerlukan tempat penyimpanan atau wadah yang lebih praktis dan efisien untuk digunakan. Anda juga bisa mengganti wadah masker peel off dengan cara menyimpan masker peel off yang baru. Misalnya memindahkan ke dalam botol pompa atau wadah jar yang dapat dibeli di toko kosmetik. Kemasan yang lebih praktis akan berguna jika Anda memerlukannya untuk dibawa bepergian.

Tips memakai masker peel off

Teknik melepaskan masker peel off memang memiliki resiko mendatangkan masalah iritasi bagi kulit wajah. Untuk itu, sebelum menggunakannya Anda harus mengetahui bagaimana cara memakai masker peel off yang tepat.

  • Membersihkan wajah – Gunakan air hangat dan pembersih wajah ringan yang biasa Anda pakai sehari – hari. Masker akan bekerja maksimal apabila wajah bersih tanpa kotoran.
  • Melakukan penguapan – Terkadang pembersihan wajah saja belum cukup. Anda juga harus melakukan penguapan pada wajah agar pori – pori terbuka dan masker bisa bekerja dengan baik.
  • Langsung aplikasikan – Setelah menguapi wajah, Anda tidak perlu mengeringkannya. Langsung gunakan masker pada wajah yang akan menempel lebih baik pada wajah lembap.
  • Biarkan mengering – Selanjutnya tunggu sampai masker sudah benar – benar kering sekitar 15 – 20 menit atau tergantung pada produk apa yang Anda gunakan. Jangan melepas masker yang belum kering karena tidak akan berkhasiat apapun.
  • Melepaskan masker – Lepas masker dari sebelah pinggir wajah. Anda bisa mulai dari dagu, pipi atau kening. Lepaskan perlahan dan sedikit demi sedikit. Jika wajah tampak kemerahan, berhenti sebentar dan mulai kembali saat warna merahnya mereda.
  • Bilas wajah – Membilas wajah setelah menggunakan sangat perlu dilakukan agar sisa masker tidak menyumbat pori – pori wajah. Bilas wajah dengan air dingin.

Cara menyimpan masker peel off yang benar harus Anda lakukan setiap kali selesai menggunakannya. Jika tidak, masker akan cepat rusak dan kadaluarsa. Menggunakan masker yang sudah kadaluarsa tentunya sangat berbahaya bagi kulit wajah Anda. Selalu pastikan memeriksa kandungan masker peel off Anda, juga melakukan tes kulit untuk menghindari munculnya efek samping seperti alergi kulit. Juga sesuaikan jenis masker dengan kondisi dan masalah kulit wajah Anda.