5 Bahaya Masker Gelatin Untuk Wajah

Masker wajah buatan sendiri saat ini sedang sangat digemari, sebagian karena bahan – bahannya sangat mudah ditemukan. Salah satu bahan rumahan yang sangat mudah ditemukan ini adalah gelatin. Jika dikombinasikan dengan bahan alami lainnya, masker wajah gelatin juga memberikan manfaat yang tidak kalah dari masker Korea atau masker wajah charcoal. Gelatin telah diketahui banyak memegang peranan pada kesehatan sendi dan fungsi otak, juga dapat memperbaiki penampilan kulit dan rambut.

Gelatin telah digunakan secara luas selama bertahun – tahun dan saat ini kembali digunakan oleh komunitas kecantikan untuk manfaatnya bagi perawatan kecantikan. Gelatin adalah sebuah produk protein yang dihasilkan dari kolagen, memiliki manfaat kesehatan yang berasal dari kombinasi unik asam amino yang terkandung di dalamnya. Kolagen adalah protein yang paling banyak ditemukan pada manusia dan binatang, hampir di semua bagian tubuh tetapi paling banyak di kulit, tulang, tendon dan ligamen.

Menggunakan Gelatin Untuk Masker Wajah

Gelatin tampaknya sebuah bahan yang sederhana, namun sangat berguna untuk digunakan sebagai bahan perawatan wajah. Gelatin secara spesifik dapat digunakan sebagai masker wajah karena menambahkan kolagen baru pada kulit dan sekaligus mendorong pertumbuhan kolagen yang sudah ada. Sebagian besar manfaat gelatin didapatkan dari mengonsumsinya, tetapi Anda juga bisa merasakan manfaatnya dengan mengaplikasikannya langsung pada kulit. Maka gelatin banyak digunakan pada krim anti penuaan, lotion dan balsem. Gelatin berguna sebagai masker wajah karena dapat bercampur dengan mudah pada cairan lain dan mudah mengering.

Gelatin juga cenderung lengket dan akan menempel dengan kulit hanya dalam waktu beberapa menit yang menjadi penting ketika Anda melakukan cara membuat masker gelatin untuk masker wajah. Cara kerjanya sama dengan masker wajah jenis peel off lainnya: dioleskan pada wajah dan mengelupasnya. Ketika masker wajah gelatin dikelupas, ia akan mengisi wajah dengan kelembaban dan nutrisi yang menstimulasi dan mendorong pertumbuhan kolagen, menyembuhkan kulit rusak, memperbaiki elastisitas dan menambahkan volume pada kulit. Gelatin juga akan mengikat diri dengan kotoran, minyak, sel kulit mati dan racun di permukaan kulit. Ketika dikelupas, semuanya akan ikut terbawa sehingga tampak kulit yang lebih baru dan lembut.

Efek Samping Masker Gelatin

Akan tetapi, dibalik semua kelebihannya tersebut masker gelatin juga memiliki efek samping tersendiri. Bahaya masker gelatin yang bisa dialami oleh kulit pemakainya antara lain:

1. Menimbulkan Rasa Sakit

Mengelupas masker gelatin terkadang akan menimbulkan rasa sakit yang lumayan besar walaupun Anda melakukan cara memakai masker gelatin tanpa susu atau cara menggunakan masker gelatin seperti biasa. Semua masker peel off tidak sama, tetapi banyak orang yang mengalami kesulitan dalam mengelupas produk masker gelatin ini dari wajahnya. Bahaya masker gelatin pada kulit wajah bisa menjadi masker yang paling sulit untuk dilepaskan atau dikelupas.

2. Menimbulkan Kemerahan Pada Kulit

Pengelupasan masker gelatin seringkali juga membuat sebagian kulit ikut terkelupas, bahaya masker gelatin ini bahwa prosesnya bisa menimbulkan petak – petak merah pada kulit Anda. Perubahan warna ini memang hanya akan berlangsung sementara jika melakukan cara membuat masker pencabut komedo,  tetapi sebaiknya lakukan pengelupasan pertama pada malam sebelum tidur. Pada malam hari tentu saja Anda tidak perlu bepergian keluar rumah atau kemanapun yang akan dilihat oleh orang lain, dan tidak perlu membubuhkan make up apapun. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan waktu agar kulit dapat memulihkan dirinya sendiri dengan layak.

3. Menimbulkan Reaksi Alergi

Bahaya masker gelatin untuk wajah bisa menimbulkan reaksi alergi seperti dermatitis kontak, yang berasal dari bahan gelatin itu sendiri dan dari sensitivitas kulit si pemakai. Kulit bisa menjadi merah dan gatal, bahkan dalam beberapa kasus ekstrem bisa mengelupas. Proses penyembuhannya akan memakan waktu lebih dari satu minggu, dan bisa jadi Anda akan harus menemui dermatologis.

4. Membuat Kulit Kering

Sayangnya, kelebihan masker gelatin yang mudah menempel pada kulit juga menjadi potensi bahaya masker gelatin pada wajah. Kemudahan masker untuk menempel tidak diikuti dengan kemudahan melepasnya, sehingga seperti yang telah disebutkan, kulit wajah akan mengalami kemerahan karena ikut terkelupas. Pengelupasan kulit wajah tersebut akan membuka lapisan kulit baru yang masih memerah dan kering, karena timbul luka di wajah akibat pengelupasan. Jika kulit kering, sebaiknya mencoba masker alami lain seperti cara membuat masker kulit pisang yang akan melembabkan wajah.

5. Menyebabkan Pori Tersumbat

Pori – pori kulit wajah kita mengandung minyak yang membantu untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, seimbang dan sehat. Ketika kita menghilangkan minyak dari permukaan kulit maka kulit akan bekerja untuk menggantinya, dengan memproduksi lebih banyak minyak daripada yang diperlukan. Akibatnya kulit akan menjadi semakin berminyak, dan bercampur dengan sel kulit mati sehingga pori – pori semakin tersumbat dan jerawat muncul. Untuk merawat wajah, Anda bisa mencoba beberapa masker alami setiap hari agar wajah cerah yang lebih aman, contohnya cara memutihkan wajah dengan nanas.

Fungsi gelatin adalah untuk memperkuat dan menunjang jaringan tubuh. Contohnya, kolagen meningkatkan fleksibilitas kulit dan kekuatan tendon. Gelatin bisa berbentuk tiga macam, yaitu gelatin bubuk, lembaran gelatin dan butiran gelatin. Penting untuk diperhatikan agar dapat mengurangi resiko bahaya masker gelatin, bahwa Anda jangan menggunakan gelatin yang berwarna atau diberi perasa tambahan. Bahan – bahan tambahan tersebut akan meninggalkan noda pada kulit yang membutuhkan waktu beberapa hari untuk benar – benar hilang. Gunakan gelatin yang bening, tidak berperasa dan tidak berwarna. Juga perhatikan benar  – benar kebutuhan kulit Anda apabia hendak menggunakan masker wajah tertentu, agar tujuan Anda bisa tercapai dan memberikan manfaat yang tepat bagi kulit wajah.