10 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Agar Awet Muda dan Sehat

Penampilan yang awet muda pastinya akan disukai semua orang pada dirinya, sehingga secara alami manusia akan menghindari proses penuaan. Penuaan adalah hal yang wajar akan dialami oleh setiap orang seiring dengan pertambahan usia. Akan tetapi, ada beberapa hal yang dapat memicu penuaan yang lebih cepat pada sebagian orang. Faktor pemicu penuaan bisa datang dari luar seperti lingkungan dan sinar matahari, juga berasal dari dalam tubuh. Salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi dan pola makan yang dijalani sehari – hari. Apabila Anda terbiasa memakan makanan yang tidak sehat, maka tidak heran jika penampilan awet muda akan sulit didapatkan. Untuk menghindari penuaan dini, maka Anda harus memilih asupan makanan yang akan mempengaruhinya. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar awet muda.

1. Makanan yang digoreng

Kentang goreng adalah pasangan yang sempurna untuk sebuah burger atau sandwich favorit Anda. Tetapi kentang goreng, keripik kentang atau apapun yang garing dan digoreng kering dalam minyak yang telah digunakan ulang atau terlalu panas bisa membuat Anda tampak tua. Menggoreng bisa saja menjadi cara yang bagus untuk memasak apabila minyak yang digunakan segar dan dilakukan pada suhu yang tepat, tetapi minyak yang berulang kali digunakan akan membuat makanan mengandung radikal bebas dan lemak trans yang akan mempengaruhi penuaan.

2. Makanan manis

Ketika orang mengonsumsi gula lebih dari yang dapat disintesa oleh sel – selnya, kelebihan molekul gula akan mengikat protein dan memicu proses yang dapat mempengaruhi kolagen pada kulit, yaitu protein yang membuat kulit tetap elastis dan tampak muda. Gula juga merusak gigi, menyebabkan keropos dan perubahan warna. Pilihlah sayuran dan buah – buahan yang juga dapat menjadi makanan yang dapat menyuburkan rambut atau makanan yang membuat rambut lebat.

3. Alkohol

Jika organ liver berfungsi dengan baik, racun yang potensial mempengaruhi kulit akan dikeluarkan secara alami melalui tubuh. Tetapi jika racun menumpuk pada liver dan tidak diurai dengan benar maka kulit dapat mengalami berbagai masalah seperti jerawat, keriput dan pudarnya warna kulit. Kulit Anda akan tampak keabu – abuan. Alkohol juga buruk untuk pola tidur karena menimbulkan dehidrasi. Tidur yang tidak cukup dapat menimbulkan keriput, pigmentasi yang tidak merata, dan mengurangi elastisitas kulit.

4. Makanan yang dibakar

Residu hitam pada daging bakar mengandung hidrokarbon yang menyebabkan peradangan, yang dapat menyebabkan kolagen di kulit menjadi rusak. Anda tidak harus menghindari berbeque, tetapi pastikan untuk membuang residu hitam dan membersihkan alat panggangan ketika selesai. Makanan yang dibakar dan gosong bisa menjadi makanan penyebab uban.

5. Makanan asin

Makanan asin akan menahan air di kulit dan menyebabkan penampilan seperti bengkak. Disarankan untuk menggunakan sedikit garam saja dan mengonsumsi makanan segar daripada makanan yang berpengawet atau makanan yang siap saji. Pilih makanan yang bergizi seperti sayur dan buah yang juga bisa menjadi makanan penghitam rambut.

6. Makanan olahan

Makanan yang harus dihindari agar awet muda ini antara lain sosis, bacon, nugget dan lainnya. Begitu juga dengan makanan kalengan dan siap saji atau junk food. Banyak dari olahan makanan ini yang mengandung sulfit dan pengawet lainnya, yang dapat memicu peradangan pada kulit dan mempercepat penuaan. Makanan jenis ini juga cenderung mengandung banyak garam. Makanan olahan juga merupakan pantangan makanan untuk kulit sensitif.

7. Lemak trans

Selain berbahaya untuk jantung, lemak trans juga menyebabkan kulit menua karena peradangan dalam tubuh. Bahkan bisa membuat kulit semakin rapuh terhadap sinar UV, sebaiknya hindari produk yang mencantumkan hydrogenated oil pada labelnya. Jenis makanan lain yang juga mengandung lemak trans biasanya produk yang dipanggang seperti cookies, pie, cake, biskuit yang bisa meningkatkan LDL atau kolesterol buruk dan trigliserida. Lemak trans bukanlah makanan untuk kulit berminyak dan termasuk kepada makanan yang tidak boleh dimakan untuk wajah berjerawat.

8. Daging merah

Daging berlemak menyebabkan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang memiliki satu elektron daripada dua, yang membuat mereka tidak stabil dan rentan merebut elektron dari molekul lain, dan begitu seterusnya. Radikal bebas akan mempengaruhi kemampuan kulit untuk melindungi dirinya dan memproduksi kolagen. Sebaiknya konsumsi daging seperti kalkun dan ayam, juga sayuran dan buah yang kaya akan antioksidan.

9. Makanan pedas

Makanan pedas dapat membuat pembuluh darah di kulit menjadi lebih reaktif. Anda tidak seharusnya menghindari konsumsi bumbu pedas, tetapi disarankan untuk tidak mengonsumsinya jika tidak ingin mengalami efek samping seperti spider veins, wajah tampak bengkak dan kulit menjadi kemerahan.

10. Karbohidrat

Mungkin Anda sudah sering mendengar bahwa karbohidrat akan langsung diproses menjadi gula di dalam tubuh. Dan karena itulah mereka bisa meningkatkan jumlah AGE (Advanced Glycation End Products) di tubuh dan melemahkan kolagen dan elastin pada kulit. Tidak semua karbohidrat terlarang untuk dimakan. Gandum utuh, buah – buahan dan sayuran adalah makanan yang aman. Anda perlu menghindari roti putih, pastry, dan sereal sarapan yang mengandung karbohidrat tersebut.

Selain meningkatkan resiko kanker, penyakit jantung, dan diabetes, makanan – makanan ini juga dapat menyebabkan peradangan, rasa sakit, juga mempercepat proses penuaan, dan karenanya menjadi makanan yang harus dihindari agar awet muda. Oleh karena itu, seseorang yang ingin awet muda sudah sepantasnya menjaga pola makan dengan konsumsi makanan sehat agar tidak mengalami penuaan dini. Anda tetap dapat mengonsumsi makanan yang Anda inginkan sesekali, tetapi harus membatasinya dengan ketat dan mengutamakan makanan sehat lebih dulu.