5 Cara Merawat Wajah dengan Minyak Zaitun dengan Tepat

Salah satu minyak esensial yang banyak digunakan untuk kesehatan maupun kecantikan kulit adalah minyak zaitun. Minyak zaitun kerap digunakan untuk merawat wajah dan digunakan sebagai cara melembabkan kulit wajah dengan bahan alami . Dalam penggunaannya, minyak zaitun dapat digunakan tanpa campuran maupun dengan campuran bahan alami lain. Ada banyak cara merawat wajah dengan minyak zaitun dan berikut ini adalah beberapa cara yang paling tepat, antara lain:

1. Digunakan untuk membersihkan kotoran dan sisa makeup

Setelah beraktivitas seharian, biasanya hal yang pertama dilakukan sebelum mencuci wajah adalah membersihkan kotoran dan sisa makeup. Minyak zaitun dapat digunakan untuk membersihkan kotoran dan sisa makeup secara alami di samping menggunakan cleanser atau makeup remover. Cara menggunakan minyak zaitun sebagai cleanser alami adalah sebagai berikut:

  • Aplikasikan minyak zaitun ke seluruh permukaan wajah menggunakan kapas.
  • Diamkan sebentar, lalu gosok pelan kulit dengan kapas tadi.
  • Setelah dirasa bersih, bilas wajah sampai bersih.

Minyak zaitun juga dapat mencegah terjadinya iritasi akibat penggunaan makeup remover sekaligus sebagai cara melembabkan wajah yang kering dan kusam secara alami.

2. Digunakan untuk scrub wajah

Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk membuat scrub wajah alami, sebagai cara menghilangkan sel kulit mati di wajah. Cara membuat dan menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Campurkan minyak zaitun dengan bahan lain seperti gula, garam atau baking soda sampai tercampur rata.
  • Oleskan campuran ke permukaan wajah sambil dipijat pelan secara melingkar.
  • Diamkan sekitar 10 menit, sebelum dibilas dengan air hangat.

Lakukan cara ini untuk perawatan wajah rutin 1 sampai 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

3. Digunakan untuk mengatasi penuaan dini

Minyak zaitun dapat digunakan untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus, kerutan atau bintik hitam yang biasanya timbul di kulit sekitar mata. Cara menggunakannya pun sangat gampang, yaitu hanya dengan mengoles minyak zaitun pada daerah munculnya tanpa penuaan dini di malam hari sebelum tidur. Gunakan setiap malam secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

4. Digunakan sebagai masker wajah

Salah satu cara merawat wajah dengan minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai masker wajah sebagai cara menghilangkan bruntusan dengan minyak zaitun dan masalah kulit lain. Ada 2 cara untuk menggunakan minyak zaitun sebagai masker, yaitu sebagai masker biasa dan sebagai sleeping mask. Cara menggunakan minyak zaitun sebagai masker biasa adalah:

  • Kombinasikan minyak zaitun dengan bahan alami lain seperti putih telur, air jeruk nipis, bubuk kunyit, susu bubuk dan lain sebagainya untuk membuat masker.
  • Setelah diaduk sampai rata, aplikasikan campuran pada wajah secara merata.
  • Biarkan kurang lebih 15-20 menit, lalu bilas sampai bersih.

Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai cara membuat wajah glowing dengan minyak zaitun dengan menggunakannya sebagai sleeping mask, yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun saja ke permukaan wajah  sebelum tidur lalu dibilas setelah bangun tidur.

5. Digunakan untuk menyamarkan bekas luka

Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka atau parut dengan efektif, karena kandungan di dalamnya dapat membantu proses peremajaan sel kulit. Caranya adalah dengan mengaplikasikan minyak zaitun pada bekas luka, pijat-pijat pelan selama sekitar 5 menit. Lakukan langkah ini secara rutin untuk hasil yang lebih cepat.

Demikian ulasan mengenai beberapa cara merawat wajah dengan minyak zaitun. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.