6 Efek Masker Susu Beruang Pada Wajah

Bear Brand adalah merk susu bubuk yang diperkenalkan pada tahun 1976, yang diproduksi oleh Nestle. Merk ini tersedia di sebagian besar wilayah Asia Tenggara, dan dipasarkan dibawah nama Marca Oso, yang merupakan bahasa Spanyol untuk ‘Bear Brand’. Di Indonesia, namanya adalah Susu Cap Beruang. Pada tahun 2014, riset konsumen yang dilakukan satu firma menempatkan susu beruang sebagai nomor 6 dari top 50 diantara barang konsumen fast moving yang paling populer di Filipina.

Susu beruang terbuat dari susu murni berkualitas tinggi sebanyak 100 % tanpa tambahan bahan kimia atau pengawet dalam proses pembuatannya.Susu ini melewati proses ultra high temperature untuk sterilisasi bakteri sehingga tidak membutuhkan pengawet. Kandungan susu berupa zat besi, kalsium, dan tembaga dapat membawa manfaat positif bagi perawatan kulit wanita sehingga kerap digunakan tidak saja untuk diminum, tetapi juga untuk bahan masker wajah.

Proses Sterilisasi Susu

Proses sterilisasi adalah proses pengawetan pada susu yang dilakukan melalui cara memanaskan susu hingga mencapai di atas titik didih sehingga bakteri, kuman atau spora apapun yang ada di dalamnya mati. Sterilisasi susu tidak dapat dilakukan oleh sembarang pihak karena memerlukan biaya dan peralatan khusus, maka umumnya dilakukan oleh Industri Pengolahan Susu (IPS). Cara sterilisasi susu dapat dilakukan dengan cara berikut:

  • Sistem UHT atau Ultra High Temperature melibatkan proses memanaskan susu pada suhu 137 – 140 derajat celcius dalam waktu 2 – 5 detik.
  • Susu yang ada di dalam kemasan hermetis dipanaskan pada suhu 110 – 121 derajat celcius selama 2- – 45 detik.

Efek Samping Masker Susu Beruang

Banyak orang yang akan mendapatkan manfaat baik dari menggunakan susu sebagai masker wajah, khususnya karena santer dikatakan khasiat susu beruang untuk wajah yaitu susu bear brand dapat memutihkan kulit. Akan tetapi, ada juga sebagian orang yang memiliki sensitivitas tertentu pada produk susu, dan mereka kemungkinan akan mengalami efek masker susu beruang berikut ini jika menggunakannya pada kulit wajah.

1. Membuat Wajah Gatal

Gatal adalah bentuk reaksi alergi yang dihasilkan sebagai efek masker susu beruang. Jika Anda tidak cocok menggunakan cara memutihkan kulit dengan susu beruang atau cara memakai masker susu beruang tersebut, maka bisa jadi rasa gatal akan dirasakan pada kulit wajah sebagai efek sampingnya. Rasa gatal ini pastinya akan memancing Anda untuk menggaruk wajah, yang bisa berakibat timbulnya luka, infeksi dan iritasi kulit, atau kemerahan pada kulit sehingga wajah tidak akan terlihat mulus lagi.

2. Membuat Wajah Menjadi Kemerahan

Kemerahan pada wajah bisa terjadi sebagai efek masker susu beruang yang terjadi karena kulit wajah mengalami iritasi. Bukannya mendapatkan cara membuat wajah glowing dengan susu beruang, justru wajah menjadi iritasi. Iritasi ini bisa muncul karena wajah terasa gatal, timbul ruam hingga peradangan yang akan mengakibatkan iritasi tersebut. Wajah yang mengalami iritasi akan menjadi sangat kering dan sensitif, sehingga Anda harus melakukan perawatan khusus untuk memulihkan kondisinya. Bahkan bisa jadi kulit wajah tidak akan kembali pada jenisnya yang semula, sehingga Anda menjadi memiliki jenis kulit sensitif.

3. Membuat Wajah Berminyak

Seperti diketahui, susu baik digunakan untuk masker pada kulit wajah yang kering sebagai cara memutihkan wajah dengan susu beruang menggunakan tata cara pemakaian yang tepat. Akan tetapi pada wajah yang jenisnya berminyak, khasiat masker susu tidak akan sebaik itu. Hormon yang terdapat pada produk susu bisa membuat kelenjar minyak semakin aktif berproduksi, sehingga wajah akan semakin tampak berminyak dan licin sebagai efek masker susu beruang.

4. Menimbulkan Jerawat dan Bruntusan

Jerawat dan bruntusan pada kulit wajah adalah salah satu efek samping terbesar dari produk susu. Apabila Anda sudah berjerawat ketika mengonsumsi susu, sebaiknya tidak menggunakan susu sebagai bahan untuk masker wajah. Semua jenis produk susu mengandung hormon yang akan bereaksi pada kulit dalam bentuk jerawat. Susu mengandung hormon menyerupai testosteron yang akan membuat kelenjar minyak mengalami kelebihan produksi sehingga sel kulit mati dan kotoran akan menumpuk di pori – pori kulit, mengakibatkan jerawat pada wajah sebagai efek masker susu beruang.

5. Menimbulkan Penuaan Dini

Hormon yang ada pada produk susu dapat memicu timbulnya peradangan dan peristiwa oksidasi yang terjadi pada sel – sel tubuh. Akibat dari peradangan tersebut, tanda – tanda penuaan dini akan muncul sebelum waktunya seperti garis halus dan keriput sebagai salah satu bahaya memutihkan wajah dengan susu beruang. Efek masker susu beruang yang tidak cocok justru akan membuat Anda tampak lebih tua daripada usia sebenarnya.

6. Timbul Reaksi Alergi

Eksim adalah masalah kulit serius yang bisa disebabkan oleh jerawat pada kulit wajah. Jika Anda mengetahui bahwa diri Anda memiliki alergi pada produk susu, tubuh akan mulai memproduksi histamin, zat kimia  yang menyebabkan beberapa reaksi alergi termasuk eksim. Eksim ini akan menyebabkan iritasi berat seiring waktu, dan mungkin Anda harus melakukan tes medis untuk mengetahui apakah ada alergi terhadap produk susu.

Efek masker susu beruang ini bisa Anda alami jika menggunakannya secara berlebihan, atau jika kulit Anda memang memiliki sensitivitas tertentu terhadap produk susu dan bahan alami lainnya yang dijadikan campuran untuk masker wajah. Karena itu selalu pastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi terhadap produk susu apapun sebelum mencobanya pada kulit wajah sebagai masker. Juga lakukan tes alergi terhadap bahan – bahan lain yang sekiranya akan Anda kombinasikan dengan susu pada kulit wajah. Untuk Anda yang merasa tidak memiliki resiko terhadap produk susu, gunakan jenis susu beruang yang tidak ditambahi perasa atau pengawet dan gula, yaitu susu beruang dalam kemasan putih sebagai cara membuat masker wajah dari susu bear brand yang benar.