10 Cara Memakai Masker Susu Beruang Untuk Memutihkan Wajah

Wajah yang kusam, lesu dan tampak lelah pastinya akan menjadi suatu nilai negatif dari penampilan seorang wanita. Padahal, wajah yang cerah, licin dan bercahaya ala bintang Korea biasanya menjadi idaman para wanita. Ada banyak bahan alami yang dapat digunakan untuk memutihkan wajah, namun susu menjadi salah satunya yang dapat memberikan hasil yang cepat dan ampuh. Selain meminum susu, Anda juga dapat menggunakan masker susu untuk wajah, antara lain dengan cara memakai masker susu beruang.

Susu kaya akan nutrisi dan vitamin dan telah digunakan sebagai bahan untuk merawat kulit wajah sejak waktu yang lama. Susu murni kaya akan vitamin B, fungsi AHA untuk kulit dan manfaat AHA untuk kulit, kalsium dan anti oksidan lainnya sehingga memiliki banyak manfaat untuk kulit. Khasiat susu untuk kulit yaitu bahwa nutrisi yang ada di dalamnya bisa menutrisi sel kulit hingga ke dalam dan membuat kulit wajah tetap lembab seharian.

Kandungan Nutrisi Dalam Susu dan Manfaatnya

Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam susu dan apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan susu untuk kulit wajah:

  • Vitamin A

Kandungan vitamin A untuk kulit  dapat merawat kulit yang kering, bersisik dan mengelupas. Vitamin A dalam susu sangat esensial untuk pertumbuhan sel kulit baru.

  • Vitamin D 

Manfaat vitamin D untuk kulit berguna bagi kulit yang tampak muda dan bercahaya, karena dapat mendorong produksi kolagen pada kulit sehingga seseorang tidak perlu menggunakan manfaat suntik kolagen bagi kulit atau melakukan suntik vitamin C dan kolagen yang bisa beresiko bahaya suntik kolagen jika tidak dilakukan dengan benar. Vitamin D juga dapat memperlambat proses penuaan berupa garis halus dan keriput di wajah. Melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini , membantu memudarkan flek hitam, jerawat dan membuat kulit menjadi kenyal.

  • Vitamin B6

Vitamin B6 diperlukan untuk pembentukan sel kulit baru, dan membuat kulit tetap lembab serta sehat. Kandungan vitamin B6 di dalam susu akan menjadi cara merawat wajah agar awet muda dan juga sebagai tips agar awet muda.

  • Biotin

Biotin diperlukan untuk kesehatan kulit, dan menyembuhkan kulit yang kering, kusam, layu, memulihkan dan meremajakan kulit yang kering dan pecah – pecah.

  • Protein

Protein dalam susu berguna untuk perbaikan jaringan kulit dan juga untuk perbumbuhan jaringan kulit sehingga selalu sehat dan tampak muda.

  • Vitamin B12

Kandungan vitamin B12 dalam susu dapat menyembuhkan dan cara mengatasi wajah kasar . Selain itu vitamin B12 juga dapat memutihkan kulit , berguna untuk merawat warna kulit tidak merata dan cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

  • Asam Laktat

Melembabkan, menghidrasi dan menutrisi kulit yang kering adalah manfaat dari asam laktat yang ada pada susu. Asam laktat akan menjaga kulit tampak muda dengan melawan radikal bebas yang membuat penyebab cepat tua pada wajah.

  • Potasium

Potasium dapat menghidrasi kulit dan melembabkan kulit, memecahkan masalah wajah dengan cara mengatasi kulit kering pada wajah dan cara menghilangkan kulit bersisik pada wajah.

  • Kalsium

Kalsium membantu menyusun lapisan paling luar dari kulit, mendorong produksi kolagen, membuat kulit menjadi elastis dan melawan aktivitas radikal bebas.

  • Magnesium

Kandungan magnesium dalam susu bermanfaat untuk kulit yang tampak muda dan berseri, mengenyahkan penyebab kulit keriput di usia muda.

  • Selenium

Melawan radikal bebas yang dapat menjadi penyebab wajah cepat tua di usia muda, dan juga menjadi penyebab kulit cepat keriput.

Serba Serbi Susu Beruang

Susu dalam kemasan yang satu ini memang unik karena bernama susu beruang atau Bear Brand, namun iklan yang banyak kita lihat di televisi menampilkan image naga dari susu dan juga minuman ini berupa susu sapi. Susu beruang melewati proses sterilisasi yang murni yang dilakukan dalam dua cara yaitu:

  • Menggunakan sistem UHT atau Ultra High Temperature dengan cara memanaskan susu hingga suhu 137-140 derajat celcius selama 2-5 detik.
  • Menggunakan susu yang ditempatkan di dalam kemasan hermetis yang dipanaskan pada suhu 110-121 derajat celcius selama 20-45 detik.

Proses sterilisasi susu ini akan menyebabkan kandungan vitamin yang dapat larut dalam air akan menghilang sebagian namun akan tertinggal ribovlafin dan kasein yang merupakan vitamin serta protein yang tahan terhadap pemanasan tersebut.

Jenis – jenis Susu Beruang

Ada tiga macam susu beruang yang beredar di pasaran, semuanya mengandung khasiat khasnya masing – masing antara lain yaitu:

  • Bear Brand – Merupakan produk susu yang terbuat dari 100% susu murni tanpa adanya tambahan bahan pengawet sehingga dapat langsung diminum atau dikonsumsi, tanpa tambahan gula.
  • Bear Brand Gold White Tea – Susu dengan kandungan teh putih yang dihasilkan dari daun teh pilihan serta dilengkapi dengan vitamin A, C dan E yang membantu proses regenerasi kulit dan mencegah kerusakan sel kulit terlalu dini.
  • Bear Brand Gold White Malt – Susu beruang ini dilengkapi dengan kandungan malt serta vitamin B1, B2, B6 dan B12 yang membantu mempercepat proses pengolahan energi untuk menjalani aktivitas sehari – hari dengan semangat tinggi.

Menggunakan Masker Susu Beruang

Cara memakai masker susu beruang dimulai dari awal proses pembuatan masker susu hingga kepada panduan untuk menggunakannya dengan benar, yaitu:

  1. Gunakan susu beruang yang berjenis susu murni, yaitu susu beruang yang kemasannya putih dan bukan seri gold. Menggunakan susu beruang jenis ini berguna karena susu ini dibuat tanpa tambahan pemanis dan bahan lainnya, serta berupa 100 persen susu murni.
  2. Bersihkan wajah dan tangan Anda lebih dulu seperti biasa sebelum melakukan cara memutihkan wajah dengan susu beruang.
  3. Ambil seperempat kaleng susu dan taruhlah di dalam mangkuk atau wadah lainnya. Jangan dinginkan susu di dalam lemari es sebelumnya.
  4. Siapkan kapas wajah dan celupkan kapas ke dalam susu tersebut.
  5. Usapkan kapas basah ke wajah dengan gerakan berputar perlahan – lahan seperti memijat. Celupkan lagi kapas jika telah kering, ganti dengan kapas baru.
  6. Utamakan area wajah pada dahi, hidung dan dagu. Lalu oleskan merata pada bagian wajah yang lainnya.
  7. Diamkan susu pada wajah sekitar 10-15 menit.
  8. Biarkan sampai terasa mengering dan menyerap ke wajah.
  9. Bilas wajah dengan air hangat agar dapat membersihkan pori – pori dengan sempurna. Jangan gunakan air panas untuk membilas wajah.
  10. Bilas lagi wajah dengan air dingin untuk merapatkan pori  – pori wajah.

Tips Sebelum Menggunakan Masker Susu Beruang

Cara memakai masker susu beruang dapat Anda lakukan untuk memutihkan wajah, namun sebelumnya Anda dapat memperhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Perhatikan tanggal kadaluarsa susu yang tertera di bagian bawah kaleng kemasan susu beruang.
  • Jika pada wajah terdapat jerawat yang sedang meradang, sebaiknya tuntaskan dulu pengobatan jerawat Anda agar pemakaian susu beruang pada wajah tidak menimbulkan berbagai macam masalah lainnya.
  • Jangan gunakan susu yang sudah dibuka dan disimpan di lemari es selama beberapa hari untuk cara memakai masker susu beruang, karena akan berkurang khasiatnya.
  • Kocok terlebih dulu susu sebelum melakukan cara memakai masker susu beruang.
  • Anda bisa menambahkan bahan tertentu yang ramah untuk kulit wajah seperti madu, yoghurt, dan bubuk almond untuk meningkatkan efektivitas masker susu beruang.
  • Sebagian susu yang tidak dibuat menjadi masker bisa Anda minum untuk mendapatkan manfaatnya melalui bagian dalam tubuh. Tidak hanya menggunakan susu beruang, ada cara memutihkan tangan dengan susu dancow dan cara menggunakan masker susu dancow  serta manfaat handbody susu kambing untuk perawatan kecantikan lain menggunakan susu.

Keuntungan Meminum Susu

Manfaat susu untuk kulit jika diminum akan memberikan banyak keuntungan juga, karena susu kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat membantu untuk memberi kulit Anda kilau alami dari dalam tubuh ke luar.

  • Minum susu untuk kulit bersinar

Konsumsi susu secara teratur memberi Anda warna kulit yang terang dan memperbaiki kecerahan kulit . Keberadaan vitamin A pada susu membantu pembentukan sel kulit batu dan mengatasi beberapa ketidak sempurnaan kulit untuk membuat kulit mulus serta cantik. Kalsium dan vitamin D juga membantu melawan melanoma yaitu satu tipe kanker kulit. Meminum satu cangkir susu mengandung 299 mg kalsium yang memenuhi satu pertiga kebutuhan harian kalsium Anda.

  • Minum susu agar kulit putih dan muda

Susu mengandung semua kebaikan asam laktat dan itulah yang membuat susu menjadi sangat berguna dalam membuat rona wajah menjadi putih. Satu cangkir susu mengandung 8,3 gram protein yang diperlukan untuk kulit yang tampak sehat. Protein akan membantu pembentukan kolagen dan membuat kulit tetap elastis dan kencang.

  • Minum susu untuk kesehatan mulut 

Susu mengandung kalsium dan fosfor yang akan menghasilkan gigi dan gusi yang kuat, juga vitamin D yang mengandung manfaat yang sama. Gigi dan gusi yang kuat akan membuat senyum Anda juga menjadi lebih indah. karena tidak mudah mengalami masalah mulut seperti gigi bolong, keropos, gusi yang lemah dan lain sebagainya.

  • Minum susu untuk kuku yang kuat

Susu kaya akan zinc yang diperlukan untuk kesehatan kuku. Bercak putih pada kuku merupakan tanda kekurangan zinc pada tubuh, sehingga rutin meminum susu akan membuat Anda dapat menghindari kuku yang rapuh dan kuning. Meminum susu setiap hari akan membuat kuku menjadi sehat dan berkilau.

  • Minum susu untuk rambut sehat

Susu kaya akan mineral, vitamin, zinc dan kalsium yang akan membantu rambut tampak sehat dan berkilau. Susu mengandung kasein dan protein yang membantu mengontrol kerontokan rambut dan mendukung pertumbuhan rambut. Protein dan lipid dalam susu membuat rambut tumbuh semakin kuat dan kalsium diperlukan dalam pembentukan keratin yang diperlukan dalam pertumbuhan rambut.

Jika Anda sensitif dengan produk yang mengandung laktosa, sebaiknya hindari untuk menggunakan produk berbahan dasar susu. Walaupun ada cara memutihkan wajah secara alami dengan susu, namun susu mengandung laktosa yang dapat menimbulkan penyebab alergi kulit wajah pada orang dengan ciri – ciri kulit sensitif. Ketika menggunakan produk dengan kandungan asam laktat, pastikan untuk menggunakan SPF yang kuat sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari karena kandungan AHA dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar UV.