9 Perbedaan Pelembab dan BB Cream Anda Perlu Tahu

Pelembab merupakan kosmetik dasar yang menjadi barang wajib yang perlu digunakan setiap wanita sejak zaman dulu. Namun belakangan ini fungsi pelembab mulai digantikan dengan berbagai jenis produk baru. Jenis produk make up baru yang booming beberapa tahun belakangan ini adalah BB Cream yang pertama kali muncul di tahun 2011. Sejak kemunculannya dari Korea, jenis kosmetik ini semakin disukai oleh banyak wanita sehingga popularitasnya cepat menyebar ke seluruh dunia. Fungsi BB Cream hampir sama dengan alas bedak, yaitu untuk menampilkan kesan kulit wajah lebih rata dan mulus.

Kosmetik yang berbentuk krim ini lebih ringan dan praktis daripada foundation sehingga lebih terasa nyaman di kulit saat digunakan. Tidak hanya itu, kandungannya pun bervariasi dari mulai bisa menggantikan primer, pelembab dan juga mengandung tabir surya. Dengan kata lain, BB cream merupakan produk kecantikan yang lengkap, multifungsi dan praktis. Sedangkan pelembab biasanya digunakan untuk menjaga wajah agar tidak kering.

Apa Bedanya Pelembab dan BB Cream?

BB cream dan pelembab dasar memiliki banyak persamaan. Keduanya akan menghidrasi kulit, dapat membantu melindungi kulit dan menjaga kulit tetap sehat dan tampak bagus. Namun perbedaan pelembab dan BB Cream juga perlu Anda ketahui, seperti berikut ini:

1. BB Cream menutup noda

Bb Cream digunakan oleh orang yang ingin kulitnya beregenerasi setelah melakukan perawatan tertentu. Sementara fungsi pelembab hanya untuk menenangkan kulit saja, menjaga kelembaban dan tidak dapat menghilangkan segala ketidak sempurnaan di kulit wajah. Anda bisa memilih antara BB Cream untuk kulit berminyak, BB Cream untuk kulit berjerawat , BB Cream untuk kulit sensitif atau BB Cream untuk kulit kering.

2. Perbedaan Kandungannya

Banyak pelembab dasar tidak mengandung tabir surya atau SPF yang merupakan unsur paling penting dari perawatan kulit. Sedangkan BB cream mengandung SPF untuk mencegah penuaan pada kulit wajah akibat sinar matahari. BB Cream dapat digunakan untuk berbagai jenis warna kulit, salah satunya BB Cream untuk kulit sawo matang.

3. Menyempurnakan Kulit

BB Cream dapat memberikan hasil yang lebih bagus untuk wajah dengan melembutkan dan menyempurnakan kulit Anda. BB Cream dapat memberi kesan wajah yang lebih merata dan kulit tampak lebih sehat karena mengandung fungsi mirip skin care yang akan membuat kulit menjadi lebih cantik seiring waktu.

4. Sebagai Foundation

BB Cream lebih cocok sebagai dasar tata rias berupa foundation dan concealer sekaligus sehingga lebih praktis untuk digunakan sebelum membubuhkan make up. Sehingga banyak wanita yang menggunakan bb cream sebagai pengganti foundation. Sedangkan pelembab harus disesuaikan dengan jenis make up yang akan digunakan dan tidak bisa digunakan sebagai concealer, walaupun berupa pelembab berwarna sekalipun. Anda juga perlu memahami tentang perbedaan foundation dan BB Cream,  juga perbedaan BB Cream dan concealer.

5. Anti Penuaan

Manfaat anti penuaan ada pada kandungan BB Cream, sedangkan pelembab dengan fungsinya yang terbatas belum tentu memiliki manfaat untuk cara mencegah penuaan dini. BB Cream juga dapat menciptakan dasar yang bagus untuk foundation atau concealer agar dapat diaplikasikan lebih merata dan bertahan lama berkat kandungan mineral didalamnya.

6. Daya Tahan

BB Cream dapat bertahan lebih lama di kulit daripada pelembab yang lebih mudah luntur, kecuali wajah dicuci dengan air atau penghapus make up. Hal ini berkat kandungan pigmen yang tebal pada Bb Cream namun lebih ringan dibandingkan dengan pelembab yang tidak mengandung pigmen dan bertekstur tipis.

7. Tidak Perlu Make Up

Ketika Anda tidak ingin menggunakan make up, BB Cream cukup menjadi produk kosmetik dasar yang dapat dibubuhkan pada wajah dengan hasil yang tampak alami. Namun tidak demikian halnya dengan pelembab yang masih menampakkan kondisi wajah asli beserta semua noda dan ketidak sempurnaannya. Menggunakan pelembab saja berarti wajah Anda masih akan terlihat kurang sempurna daripada jika menggunakan BB cream.

8. Tekstur

BB Cream sesuai namanya memiliki tekstur seperti krim namun ringan dan mudah meresap ke dalam kulit wajah sehingga wajah tetap terlihat alami. Sedangkan pelembab bisa memiliki beragam tekstur, misalnya lotion, krim, atau gel yang tergantung pada jenis kulit wajah pemakai. Efek dari pelembab tidak akan banyak terlihat mengubah penampilan kulit wajah namun hanya dapat dirasakan saja.

9. Harga

Karena BB Cream mengandung banyak bahan yang dapat berfungsi sekaligus sebagai skin care bahkan juga mengandung pelembab, maka harganya akan sedikit lebih tinggi daripada pelembab dasar yang lebih ringan isinya. Namun demikian, perbedaan harga BB cream dan pelembab dasar biasanya tidak terlalu jauh, tergantung kepada merk produk tersebut.

Bagi Anda yang tidak terbiasa menggunakan kosmetik, perbedaan BB Cream dan pelembab ini bisa menjadi acuan untuk menentukan produk mana yang ingin digunakan. Sesuaikan kebutuhan kulit Anda dengan manfaat masing – masing produk, sehingga Anda tidak akan salah memilih produk yang akan digunakan. Penggunaan BB Cream mungkin akan cocok jika Anda tidak ingin menggunakan terlalu banyak lapisan produk di wajah, dan pelembab bisa jadi akan cocok bagi Anda yang tidak ingin menggunakan bermacam – macam make up selain hanya yang merupakan dasar perawatan wajah saja.