5 Perbedaan Wajah Berminyak Dan Berkeringat Pada Suhu Panas

Keringat adalah fungsi tubuh yang normal dan dapat membantu untuk mengatur suhu tubuh kita. Orang pada umumnya berkeringat banyak di area kepala, ketiak, tangan, kaki, selangkangan dan juga di wajah. Pada wajah khususnya di dahi dan kulit kepala terdapat kelenjar eccrine yang merupakan bagian dari serangkaian reaksi yang berakhir pada keluarnya keringat. Kelenjar eccrine diaktifkan oleh produksi asetikolin, yang dipicu ketika struktur suatu sistem otak termasuk hipothalamus mengalami kenaikan suhu. Reaksi ini akan mencegah tubuh mengalami overheat.

Sangat normal untuk berkeringat pada wajah ketika Anda merasa kepanasan, apakah itu karena suhu udara yang panas atau karena aktivitas gerak tubuh. Dahi mengandung konsentrasi kelenjar eccrine tertinggi di tubuh bersama dengan telapak tangan dan kaki, maka keringat yang banyak di wajah sangat normal ketika Anda merasa kepanasan. Tetapi bagi para wanita, keringat di wajah bukanlah sesuatu yang diharapkan terlebih lagi jika secara genetis Anda adalah seseorang yang mudah berkeringat. Keringat akan membuat make up cepat luntur dan wajah selalu kelihatan mengkilap.

Beda Keringat dan Minyak Pada Wajah

Kelenjar sebaceous dan kelejar keringat adalah dua macam dari kelenjar exocrine yang ditemukan pada kulit mamalia. Keduanya terdapat di dekat folikel rambut, dan mensekresikan cairan ke permukaan kulit. Untuk mengetahui perbedaan wajah berminyak dan berkeringat, Anda perlu memahami perbedaan kelenjar keringat dan kelenjar minyak lebih dulu.

1. Perbedaan Definisi

Kelenjar sebaceous merujuk kepada kelenjar kecil di kulit yang mengeluarkan atau memproduksi sebum ke folikel rambut. Sedangkan kelenjar keringat adalah kelenjar kecil di kulit yang mensekresikan atau memproduksi keringat. Keduanya akan menjadi penyebab wajah kusam dan berminyak. Kelenjar sebaceous diproduksi oleh sel epitelial, ini adalah sebagian fakta tentang wajah berminyak.

2. Perbedaan Letaknya

Kelenjar sebaceous dapat ditemukan di seluruh tubuh kecuali bagian telapak tangan dan kaki. Sementara perbedaan wajah berminyak dan berkeringat bisa Anda amati dari kelenjar keringat yang juga terdapat pada telinga, kelopak mata, ketiak, aerola dan bagian luar alat kelamin. Keringat akan menjadi penyebab kulit berminyak, karena jika tubuh memiliki asupan air yang cukup maka keringat juga akan mengandung sedikit minyak.

3. Perbedaan Jenisnya

Perbedaan wajah berminyak dan berkeringat bisa dilihat juga dari jenis kedua kelenjar tersebut. Hanya ada satu jenis kelenjar sebaceous yang ditemukan di kulit. Sementara kelenjar keringat memiliki dua jenis yaitu apocrine dan eccrine yang ditemukan pada kulit. Kelenjar keringat eccrine berfungsi untuk mendinginkan tubuh, sedangkan kelenjar apokrin biasa ditemukan di ketiak atau bagian perianal dengan fungsi yang sama, tetapi lebih besar dan efektif pada binatang daripada manusia.

4. Sifat Pengeluaran Kelenjar

Kelenjar sebaceous memproduksi sebum yaitu zat yang berminyak atau licin seperti lilin, berwarna kuning tipis, sedangkan kelenjar keringat memproduksi sekresi zat yang kental, berupa cairan dan biasanya mengandung bau tertentu. Komposisi sekresi kelenjar sebaceous terdiri dari asam laktat, asam amino, glukosa, sedikit urea, sodium klorida dan air. Sekresi kelenjar keringat mengandung asam lemak dan hidrokarbon.

5. Fungsi Kelenjar

Perbedaan wajah berminyak dan berkeringat juga bisa Anda ketahui dari fungsinya masing – masing. Fungsi utama dari kelenjar sebaceous adalah untuk melubrikasi kulit, sementara fungsi utama kelenjar keringat adalah untuk mengontrol sekresi dan suhu tubuh. Keringat dikeluarkan pada permukaan kulit dan mendinginkan tubuh dengan penguapan, juga mencegah bakteri dari memasuki kulit. Sedangkan sebum dikeluarkan pada folikel rambut.

Tips mengatasi keringat di wajah

Keringat di wajah yang berlebih terutama ketika suhu cuaca sedang panas adalah gangguan yang tidak menyenangkan. Wajah berkeringat akan tampak mengkilap dan bahkan memancing produksi minyak, sehingga terlihat kusam dan melunturkan make up. Cobalah beberapa tips sederhana untuk mengatasi keringat yang berlebihan pada wajah ini.

  • Mencuci muka – Gunakan air dingin untuk mencuci muka ketika berkeringat banyak untuk menutup pori – pori kulit wajah. Seka keringat di wajah lebih dahulu baru cuci wajah Anda untuk cara mengatasi wajah berminyak juga.
  • Menggunakan bedak – Bedak tabur akan menyerap keringat dan minyak berlebihan dari wajah secara efektif. Jika wajah Anda berkeringat, seka dan bubuhkan kembali bedak tabur untuk mencegah keringat kembali. Pilih merk bedak tahan air dan keringat yang bagus.
  • Gunakan es batu – Mengompres wajah dengan es batu sebelum beraktivitas atau membubuhkan kosmetik akan dapat mencegah keringat yang berlebihan. Masukkan es batu pada handuk atau kain bersih dan tempelkan ke seluruh bagian wajah selama beberapa saat.
  • Memilih kosmetik – Hindari produk kosmetik yang mengandung minyak seperti krim, make up atau skincare, yang berbahan dasar minyak. Produk – produk tersebut hanya akan membuat masalah keringat di wajah semakin buruk apalagi jika cuaca panas. Kosmetik berbahan dasar minyak akan menutup pori terutama jika Anda memiliki jenis kulit yang berminyak pula, dan kotoran akan menumpuk pada wajah.
  • Minimalkan make up – Membubuhkan make up yang terlalu tebal dan berlapis ketika cuaca panas akan membuat Anda semakin berkeringat, tetapi keringat sulit keluar karena pori tertutup make up tersebut. Cobalah produk perawatan wajah berminyak dan apa saja makanan untuk kulit berminyak yang harus dihindari atau tidak.

Biasanya perbedaan wajah berminyak dan berkeringat tidak ditentukan dari jenis kulit Anda. Semakin banyak Anda berkeringat, maka kulit juga akan semakin terpancing untuk memproduksi minyak, termasuk di wajah. Faktor – faktor seperti suhu luar, kecenderungan berkeringat, dan seberapa tinggi kelembaban adalah faktor yang menentukan seberapa banyak seseorang akan berkeringat. Apabila Anda ingin tahu perbedaan wajah berminyak dan berkeringat, coba seka wajah dengan tisu. Jika tisu tersebut basah, tentu saja itu adalah keringat. Dan jika tisu tampak berminyak serta  berwarna kuning tipis, maka itu adalah minyak dari kulit wajah Anda.