6 Scrub Wajah Alami Untuk Kulit Sensitif yang Aman

Pengelupasan kulit adalah bagian sangat penting dari rutinitas perawatan kulit manapun. Tidak hanya dapat menghilangkan sel kulit mati, tetapi juga akan menghilangkan sumbatan dari pori – pori dari kotoran dan  minyak yang bisa menyebabkan jerawat. Scrub wajah itu apa juga banyak yang belum memahaminya.  Scrub wajah adalah salah satu dari banyak jenis perawatan yang bisa Anda lakukan di rumah menggunakan bahan yang melembutkan serta menghidrasi akan membantu melindungi kulit dari iritasi. Akan tetapi bagi Anda yang memiliki ciri – ciri kulit sensitif, manfaat eksfoliasi wajah tidak bisa dilakukan sesering itu.

Memang akan sangat menggoda untuk menggosok kulit sekuat mungkin untuk menghilangkan kotoran, tetapi dalam eksfoliasi wajah kelembutan menjadi kunci yang penting. Menggosok terlalu keras atau terlalu sering akan membuat kulit menjadi iritasi. Butiran scrub yang terlalu kasar bisa menjadi merugikan bagi pemilik kulit sensitif. Namun jangan khawatir, masih banyak bahan scrub alami untuk cara merawat kulit sensitif sehingga Anda juga akan mendapatkan wajah yang lembut, bercahaya, tanpa kemerahan atau kekeringan. Untuk membantu Anda melakukan pengelupasan pada kulit wajah, berikut ini adalah beberapa scrub wajah alami untuk kulit sensitif yang bisa dicoba.

1. Jeruk dan Madu

Siapkan dua sendok makan kulit jeruk yang sudah dikeringkan dan dibuat menjadi bubuk, dua sendok makan oatmeal, satu sendok teh madu murni dan satu sendok teh air. Aduk semua bahan dalam wadah sampai tercampur rata. Bersihkan kulit Anda secara menyeluruh dengan sabun pembersih wajah ringan dan pijat perlahan scrub pada wajah selama 1- 2 menit. Bilas sampai bersih dengan air hangat, keringkan dan gunakan pelembap seperti biasa.

2. Pisang dan Oatmeal

Hancurkan satu buah pisang dan campur dengan satu sendok teh oatmeal, lalu tambahkan satu sendok teh madu untuk menghidrasi dan menenangkan kulit. Pijat scrub secara perlahan ke kulit selama beberapa menit dan bilas dengan air dingin. Ini juga dapat menjadi scrub wajah alami untuk kulit kusam dan Anda bisa melakukan cara membuat scrub wajah dengan mudah di rumah.

3. Tomat

Ambil satu tomat, cuci dan potong menjadi dua untuk cara membuat scrub alami dari tomat. Ambil satu potong dan celupkan ke dalam gula lalu gosokkan dengan lembut pada wajah dan leher Anda. Biarkan selama 5 menit lalu gosokkan potongan kedua di wajah Anda agar wajah semakin lembap dengan sari tomat. Biarkan selama beberapa menit atau sampai mengering sebelum dibersihkan dengan air hangat. Beri toner dan pelembap seperti biasanya setelah menggunakan scrub wajah alami untuk kulit sensitif ini.

4. Madu dan Gula

Siapkan satu sendok makan madu murni, satu sendok makan yogurt dan satu sendok makan air perasan lemon, satu pisang matang dan satu sendok makan oatmeal. Campur semua bahan dalam mangkok, pijatkan facial scrub buatan rumah ini pada kulit wajah Anda. Gunakan gerakan melingkar dan gosok perlahan selama beberapa menit. Anda juga bisa membiarkan ramuan pada wajah selama 5 – 10 menit sebagai masker wajah.

5. Oatmeal

Untuk scrub wajah alami untuk kulit sensitif  ini Anda dapat menggunakan oatmeal. Campur satu sendok makan oatmeal dengan seperempat sendok teh garam yang akan meningkatkan kemampuan ramuan untuk eksfoliasi,dan satu sendok teh air atau minyak zaitun sehingga menjadi pasta. Gosokkan dengan lembut pada kulit Anda dalam gerakan melingkar, biarkan selama lima atau sepuluh menit dan bilas.

6. Tepung Beras

Peras air dari setengah buah lemon, tambahkan dua sendok makan air mawar dan satu sendok teh tepung beras pada ramuan ini. Aduk dengan baik agar membentuk pasta yang kental, oleskan pada wajah dan biarkan selama 5 menit. Setelah itu basahi ujung jari Anda yang sudah dibersihkan dan mulai menggosok dengan lembut dalam gerakan melingkar. Gosok selama lima menit dan biarkan campuran selama dua menit lagi, lalu bilas dengan air dingin. Tepung beras berguna sebagai scrub penghilang sel kulit mati dan kulit terbakar matahari, sementara air lemon akan memutihkan kulit secara alami.

Mengapa Eksfoliasi Penting

Eksfoliasi sangat penting untuk kulit yang sehat dan tampak muda karena tubuh kita selalu memproduksi sel kulit baru. Sel kulit lama biasanya akan meluruh dalam waktu beberapa hari atau minggu. Terkadang sejumlah kecil sel kulit mati akan tertinggal yang bisa menyumbat pori – pori bersih dan membuat kulit Anda tampak lebih tua daripada yang sebenarnya. Menggunakan eksfoliant atau eksfoliator sebagai scrub wajah alami untuk kulit sensitif  dalam rutinitas perawatan kulit rutin akan membantu menghilangkan sel kulit lama dan ciri – ciri sel kulit mati, juga mempercepat pembaruan sel. Ini akan membuat semakin mudah bagi sel kulit baru yang sehat untuk tumbuh.

Seperti telah disebutkan, eksfoliasi menghilangkan lapisan atas kulit mati dan membuka lapisan kulit baru yang masih lembut dan sensitif di bawahnya. Hal itu bisa jadi membuat wajah Anda tampak bagus, tetapi juga membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan dari faktor lingkungan seperti polusi dan sinar UV. Karena itulah eksfoliasi wajah termasuk leher dan dada hanya dianjurkan untuk dilakukan satu kali dalam seminggu. Batasi perawatan ini setiap lima atau tujuh hari sekali untuk memberi waktu pada kulit Anda agar dapat membangun pertahanan terhadap faktor lingkungan yang dapat merusaknya. Tetapi terkadang eksfoliasi hanya sekali seminggu juga dapat mendatangkan kerugian daripada keuntungan jika menggunakan bahan yang salah. Maka Anda perlu memilih scrub wajah alami untuk kulit sensitif dengan lebih teliti lagi.