7 Cara Memakai Toner Yang Baik Dan Benar Pada Wajah

Toner merupakan langkah penting dalam perawatan kulit yang bagus. Toner akan membersihkan, melembapkan, mengecilkan pori, menyeimbangkan PH kulit, menambahkan lapisan perlindungan pada kulit melawan kotoran sekaligus. Ketika menambahkan toner pada perawatan kulit harian Anda pastikan untuk mengaplikasikannya diantara langkah membersihkan dan melembapkan. Banyak orang yang tidak menggunakan toner dengan benar, juga banyak yang tidak memahami apa sebenarnya toner itu, termasuk apa perbedaan serum dan toner atau perbedaan micellar water dan toner.

Toner adalah produk yang memiliki fungsi utama untuk menyediakan manfaat pembersihan menyeluruh untuk kulit wajah, membantu menghilangkan debu, polusi dan kotoran yang bisa merugikan penampilan serta kesehatan kulit. Kebanyakan toner adalah cairan berbahan dasar air yang diformulasikan dari bahan aktif seperti ekstrak tanaman dan minyak esensial, disesuaikan dengan berbagai jenis kulit. Ada beberapa jenis toner seperti hydrating toner, calming toner, soothing toner, dan astringent toner. Toner yang bagus kualitasnya biasanya mengandung air mawar yang bisa membantu menghidrasi dan memberi energi pada kulit atau chamomile yang menyediakan efek menenangkan dan melembutkan.

Menggunakan Toner Dengan Benar

Toner wajah mempersiapkan kulit untuk pelembap dan serum selain menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran atau sisa mak up yang tertinggal di wajah setelah dibersihkan. Toner adalah cara yang paling lembut untuk mengeksfoliasi kulit wajah, bisa digunakan untuk berbagai jenis kulit bahkan Anda yang memiliki kulit berminyak serta rentan berjerawat akan mendapatkan banyak keuntungan dari cara memakai toner yang baik dan benar . Selain itu Anda juga bisa melawan peradangan pada kulit wajah dengan menggunakan toner berbahan vitamin B5 dan mentimun. Berikut ini adalah cara memakai toner yang baik dan benar.

1. Bersihkan wajah lebih dulu

Gunakan pembersih dengan air hangat dan waslap yang berbahan lembut untuk membersihkan wajah Anda sebelum melakukan cara memakai toner yang baik dan benar. Pijat dengan perlahan pembersih pada kulit wajah untuk menghilangkan make up, kotoran dan lainnya dari wajah. Bersihkan dengan air hangat lalu cipratkan air dingin secukupnya pada wajah ketika Anda sudah selesai, lalu keringkan wajah dengan handuk bersih. Gunakan manfaat viva face tonic lemon , manfaat milk cleanser atau merk pembersih wajah yang bisa menghilangkan flek.

2. Menuangkan toner

Tuangkan toner secukupnya untuk cara memakai toner yang baik dan benar pada bantalan make up atau cotton pad sampai terasa lembap namun tidak terendam terlalu banyak. Anda juga bisa menggunakan kapas jika hanya itu yang ada. Akan tetapi, kapas akan menyerap lebih banyak toner sehingga Anda membutuhkan lebih banyak ketika mengaplikasikan toner pada wajah.

3. Mengaplikasikan toner

Gunakan cotton pad untuk mengaplikasikan toner pada wajah, leher dan area sekitarnya. Hindari area mata dan hati – hati agar tidak mengaplikasikan produk pada bibir Anda. Perhatikan pada area yang sulit dicapai termasuk alis, sisi hidung, dekat telinga dan garis rambut. Toner akan membantu menghilangkan kotoran yang tidak dapat dicapai oleh pembersih wajah, antara lain residu pembersih seperti garam, klorin atau kimia dari air ledeng.

4. Semprotkan toner

Pemakaian toner dengan cara disemprot hanya akan dapat mencairkan kotoran di kulit wajah dan tidak menghilangkannya, untuk cara memakai toner yang baik dan benar maka Anda harus menggunakan toner dengan cara diseka lebih dulu. Namun jika Anda menyukai perasaan segar dari toner di wajah, Anda bisa menggunakan langkah menyemprotkan toner ini sebagai langkah tambahan.

5. Tunggu toner mengering

Karena kebanyakan toner berbahan dasar air, mereka menyerap ke kulit dengan cukup cepat. Pastikan untuk membiarkan toner menyerap sepenuhnya sebelum mengaplikasikan produk lain, ini akan membantu kulit untuk mempertahankan kelembapan dan melindungi dari kotoran. Ada beberapa toner alami untuk pilihan lain seperti menggunakan bahan cuka apel tetapi juga ada efek samping toner cuka apel yang bisa terjadi dan perlu diwaspadai jika Anda tidak melakukan penggunaan toner cuka apel yang benar.

6. Gunakan produk lainnya

Jika Anda menggunakan perawatan untuk jerawat seperti benzoyl peroksida atau pelembap tambahan, pastikan untuk mengaplikasikannya di kulit wajah setelah cara memakai toner yang baik dan benar. Menggunakan toner sebelumnya akan membersihkan kulit secara penuh dan memungkinkan jerawat serta produk pelembab menyerap lebih dalam ke kulit wajah Anda.

7. Gunakan dua kali sehari

Umumnya Anda perlu mengaplikasikan toner sekali pada pagi hari dan sekali di malam hari. Pada pagi hari cara memakai toner yang baik dan benar akan membantu menghilangkan sebum yang diproduksi kulit pada malam hari dan menyeimbangkan tingkat keasaman kulit. Pada malam hari, toner akan membantu melengkapi pembersihan rutin dengan menghilangkan debu, make up atau kotoran yang dilewatkan pembersih, juga sisa minyak dari pembersih wajah Anda. Jika kulit Anda sangat kering, pastikan untuk mulai menggunakan toner hanya sekali sehari pada malam hari. Penggunaan toner berlebihan bisa mengeringkan kulit lebih banyak dan gunakan toner khusus untuk kulit kering.

Cara memakai toner yang baik dan benar biasanya direkomendasikan oleh dermatologis sebagai bagian dari perawatan kecantikan dan kulit yang rutin. Sebagai bagian dari rutinitas pembersihan wajah Anda, toner bisa menghilangkan kotoran berlebihan apapun. Akan tetapi memang hanya sedikit orang yang menggunakan toner, dan bahkan lebih sedikit lagi yang mengetahui bagaimana cara memakai toner yang baik dan benar. Urutan pemakaian yang harus diperhatikan adalah untuk menggunakan toner lebih dulu, lalu pelembap dan kemudian tabir surya pada siang hari. Sedangkan pada malam hari, toner akan membantu membersihkan wajah Anda dan diikuti oleh produk yang menghidrasi.