5 Tips Memilih Foundation Untuk Kulit Sawo Matang yang Sesuai

Kulit sawo matang adalah warna kulit yang dimiliki oleh sebagian besar wanita Indonesia dan menjadi ciri khasnya, berbeda dengan warna kulit wanita Jepang, Cina atau Korea. Karena itu warna foundation yang diperlukan tentunya juga tidak sama dengan wanita – wanita yang berkulit putih. Jika wanita berkulit putih lebih mudah memilih warna foundation, tidak demikian dengan wanita berkulit lebih gelap. Jika dipaksakan, wajah wanita sawo matang dan kulit gelap akan tampak berwarna abu – abu atau justru menjadi belang. Salah memilih shade foundation juga akan membuat wajah tampak seperti topeng. Kulit sawo matang wanita Indonesia yang rata – rata memiliki undertone kuning harus mendapatkan foundation yang benar – benar dibuat khusus untuknya. Untuk menghindari kekacauan pada make up Anda, ketahui bagaimana tips memilih foundation untuk kulit sawo matang.

1.Mengenali Jenis Kulit

Ketika mempraktekkan tips memilih foundation untuk kulit sawo matang, Anda perlu mengetahui lebih dulu mengenai jenis kulit Anda sendiri. Apakah kulit Anda termasuk pada jenis berminyak, normal atau kering. Jenis kulit akan mempengaruhi pemilihan foundation Anda, karena jenis – jenis foundation juga disesuaikan dengan jenis kulit wajah. Jangan sampai memilih foundation yang dibuat untuk warna kulit terang dengan harapan apakah kulit sawo matang bisa putih, karena hal itu kecil kemungkinannya. Ketahui juga apa perbedaan kulit sawo matang dengan kuning langsat agar tidak salah menetapkan shade foundation.

2. Memilih Tekstur

Tips memilih foundation untuk kulit sawo matang juga dipengaruhi oleh teksturnya. Anda perlu memilih tekstur foundation yang paling tepat untuk jenis kulit, diantaranya:

  • Cream – Jenis foundation ini biasanya digunakan oleh para wanita yang sudah mulai mengalami tanda – tanda penuaan. Tekstur cream sangat cocok untuk menyamarkan garis halus, kerutan dan menutupi flek hitam yang muncul di wajah.
  • Gel – Foundation bertekstur gel lebih cocok untuk digunakan pada kulit yang kering, tetapi ada juga yang khusus dibuat untuk kulit berminyak.
  • Cair – Formula dari jenis foundation cair ini lebih ringan daripada jenis lainnya dan juga memiliki kandungan yang lebih ringan. Sangat cocok untuk melembapkan kulit, karena itu juga cocok untuk kulit wajah kering.
  • Padat dan Bubuk – Kedua jenis foundation ini cocok untuk kulit berminyak.

3. Mengecek Undertone

Cara yang paling mudah dalam tips memilih foundation untuk kulit sawo matang adalah dengan mengecek apa warna kulit undertone Anda. Sawo matang biasanya memiliki warm undertone.

  • Hal ini bisa dilakukan dengan melihat warna pembuluh darah di bawah lengan. Warna kehijauan berarti Anda memiliki kulit bernuansa hangat, sementara warna kebiruan adalah nuansa dingin. Jika sulit menentukan warnanya, kemungkinan nuansa kulit Anda adalah netral.
  • Cara kedua adalah dengan mengetes menggunakan perhiasan emas dan perak. Perhatikan jenis perhiasan mana yang lebih cocok dengan kulit Anda. Jika emas lebih cocok, maka kulit Anda memang bernuansa hangat. Sedangkan perak berarti kulit bernuansa dingin.
  • Perhatikan juga apa warna pakaian yang paling cocok dengan Anda. Jika pakaian Anda memiliki warna coklat, hijau lumut atau jingga, itu berarti undertone Anda hangat.

Untuk undertone hangat tips memilih foundation untuk kulit sawo matang yang tepat adalah menggunakan warna natural beige, beige, walnut dan espresso. Mengetahui undertone akan berguna dalam cara memilih bedak untuk kulit sawo matang , bb cream untuk kulit sawo matang dan apa merk bedak untuk kulit sawo matang yang tepat.

4. Mencoba Foundation

Kebanyakan wanita melakukan tips memilih foundation untuk kulit sawo matang dengan mencobanya pada area dekat pergelangan tangan, tetapi kulit di area tersebut ternyata memiliki warna yang berbeda dengan kulit wajah sehingga hasilnya akan berbeda. Cara yang paling tepat adalah dengan mencobanya pada area rahang bawah atau pipi. Anda bisa mencoba beberapa tone warna secara bersamaan, paling tidak tiga warna. Pastikan agar tidak memilih warna yang lebih gelap atau lebih cerah daripada warna dasar kulit wajah Anda. Lihat hasilnya dalam pencahayaan luar ruangan. Pilih foundation dengan warna dasar kuning  dan hindari warna dasar pink yang bisa membuat wajah menjadi kusam dan keabuan.

5. Mencocokkan Produk Lain

Selain melakukan tips memilih foundation untuk kulit sawo matang, Anda juga perlu mencocokkan warna foundation yang sudah didapatkan dengan produk make up lain milik Anda. Seperti bronzer, concealer, bedak dan blush on yang harus memiliki tone warna serupa agar make up bisa diaplikasikan dengan serasi. Jika memungkinkan, gunakan produk dari satu merk yang sama untuk menjaga kekonsistenan warnanya. Pilih juga merk kosmetik yang memiliki banyak pilihan warna foundation untuk mencari yang warnanya benar – benar cocok dengan kulit Anda karena sawo matang adalah jenis kulit yang susah putih.

Untuk melakukan tips memilih foundation untuk kulit sawo matang, Anda perlu menghindari beberapa bahan tertentu yang biasanya terdapat pada foundation. Misalnya, senyawa zinc oxide yang biasanya terdapat pada foundation yang mengandung tabir surya sekaligus. Hal ini biasanya akan menyebabkan wajah tampak keabuan karena adanya kandungan ini. Jangan lupa juga untuk menggunakan primer sebelum membubuhkan foundation untuk menahannya menempel lebih lama pada kulit wajah. Selalu periksa tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan produk, atau gunakan make up sesuai batas waktunya. Foundation bisa bertahan selama sekitar 6 sampai 12 bulan. Anda juga perlu memastikan pemilihan foundation yang berkualitas baik dan tidak memilih merk abal – abal hanya karena harga murah, semua demi keselamatan kulit wajah Anda sendiri.