6 Cara Membersihkan Gigi Palsu Dengan Tuntas

Tujuan pemakaian gigi palsu adalah untuk memudahkan para pasien yang telah kehilangan sebagian atau semua gigi mereka untuk berbicara, tersenyum dan makan dengan alami. Hal – hal ini hanya dimungkinkan apabila gigi palsu terasa nyaman dan dirawat dengan baik. Gigi palsu tidak diragukan lagi memerlukan perawatan sama atau justru lebih banyak daripada gigi alami karena resiko tinggi penumpukan bakteri dan resiko infeksi mulut. Makanan yang bertumpuk pada gigi terjadi karena terperangkap di barisan gigi bawah, terdorong ke atas dan ke bawah ketika mengunyah, dan terjebak pada permukaan plastik gigi palsu lebih mudah daripada pada jaringan mulut asli sehingga semakin menumpuk seiring waktu. Pemakai gigi palsu akan lebih mudah merasakan sisa – sisa makanan di mulut daripada orang yang masih memiliki gigi aslinya. Sisa makanan yang tidak dibersihkan secara teratur akan mengarah kepada berbagai masalah mulut seperti bau mulut, peradangan jaringan mulut yang bisa mengakibatkan peradangan pada gusi, bahkan diabetes, penyakit jantung dan reumatologi.

Merawat Gigi Palsu Anda

Mengetahui bagaimana cara membersihkan gigi palsu sangat penting untuk mempertahankan kebersihan sehari – hari yang baik. Sebagai tambahan dari sikat gigi yang dilakukan setiap hari, penting untuk melakukan pembersihan mendalam secara periodik untuk mengeluarkan tumpukan makanan dari gigi palsu. Beberapa cara membersihkan gigi palsu yaitu:

1. Menyiapkan Tempat Pembersihan

Pertama – tama, ketahuilah bahwa gigi palsu tidak sekuat gigi asli dan bisa mengalami patah atau terpotong hanya dari benturan kecil saja. Karena itu ketika Anda melakukan cara membersihkan gigi palsu , tempatkan handuk yang dilipat di dasar wastafel dan isi dengan air untuk mencegah kerusakan karena terjatuh saat dicuci. Mencuci dengan benar akan menjadi cara menghilangkan flek hitam di gigi dan cara merapikan gigi dengan menggunakan behel atau kawat gigi.

2. Lepaskan Gigi Palsu

Sebagian ahli menentang penggunaan lem gigi palsu karena pemakaian jangka panjang bisa menyebabkan penumpukan kotoran antara gigi palsu dan gusi sehingga gusi dan tulang bisa menyusut. Namun sebagian besar orang masih menggunakan perekat gigi palsu untuk mencegahnya terlepas. Jika Anda adalah salah satunya dan mengalami kesulitan melepaskan gigi palsu, lakukan tips sederhana ini.

  • Penuhi mulut dengan air hangat dan goyangkan untuk melonggarkannya. Lakukan beberapa kali hingga gigi palsu Anda longgar dan terlepas.
  • Ketika sudah lepas, bersihkan semua perekatnya sampai bersih. Sikat dengan air panas dan pasta gigi.
  • Cara membersihkan gigi palsu dari lem juga bisa dilakukan dengan merendamnya dalam air es sampai mengeras dan sisa lem gigi dapat dirontokkan.

3. Hilangkan Kotoran dari Gigi Palsu

Tidak perlu membeli semua produk perawatan gigi palsu ketika akan melakukan cara membersihkan gigi palsu. Ada beberapa pilihan pembersihan gigi yang tidak mahal, misalnya tidak perlu membeli sikat gigi palsu yang mahal karena sikat jari sudah dapat berfungsi dengan baik. Larutan yang berisi setengah larutan cuka dan setengah larutan air bisa digunakan sebagai pembersih gigi dan akan membuat gigi palsu Anda lebih putih daripada sebagian besar pembersih gigi palsu yang ada di iklan. Anda tetap dapat melakukan cara memutihkan gigi yang hitam dan cara merapikan gigi tanpa behel yang bisa dilakukan di dokter gigi.

  • Rendam gigi palsu dalam larutan cuka lalu sikat secara menyeluruh. Cara ini tidak hanya akan membersihkannya tapi juga akan membantu menghilangkan plak dan noda. Namun jika gigi palsu Anda hanya sebagian, sebaiknya tidak menggunakan cuka.
  • Anda juga bisa menggunakan garam dan baking soda yang dikombinasikan dengan gliserin untuk membuat pasta gigi sendiri. Pastikan garamnya benar – benar halus. Anda bisa menambahkan mint untuk menambahkan aromanya.
  • Anda juga bisa menyikat gigi palsu dengan sabun cuci tangan antibakteri atau sabun pencuci piring dan air hangat.

4. Mendesinfeksi Gigi Palsu

Selain mengetahui cara cara membersihkan gigi palsu yang benar, Anda juga perlu membersihkannya dari kuman. Disinfeksi sangat penting karena gigi palsu akrilik memiliki pori – pori dan karenanya menjadi sumber yang baik untuk pertumbuhan organisme seperti bakteri. Cuka juga dapat digunakan untuk membersihkan kuman dari gigi palsu, tetapi jika gigi palsu Anda memiliki komponen logam, maka jangan gunakan cara ini. Anda bisa memakai microwave. Radiasinya akan mereduksi secara efektif sejumlah organisme yang hidup pada gigi palsu. Anda bisa mencoba cara memutihkan gigi dengan kulit jeruk, cara memutihkan gigi dengan baking soda  dan cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis

6. Membersihkan Mulut Anda

Untuk merawat gigi palsu, Anda juga perlu menjaga kebersihan mulut. Anda akan menemukan jika gusi tidak dibersihkan dengan benar maka gigi palsu tidak akan muat dengan baik. Sikat gigi dan gusi Anda dua kali sehari untuk menstimulasinya. Juga biasakan berkumur dengan air garam hangat di pagi hari sebelum memakai gigi palsu, setelah makan dan pada malam hari ketika melepaskan gigi palsu. Teh peppermint atau spearmint bisa menjadi pencuci mulut yang bagus. Rebusan daun sage juga dapat menjadi ramuan yang menenangkan bagi gusi yang meradang.

Karena hampir dari setengah pemakai gigi palsu mengalami keberadaan tinggi jamur dan bakteri yang bisa mengarah kepada masalah kesehatan yang menyebabkan infeksi, lakukan yang terbaik untuk cara membersihkan gigi palsu dan mengurangi pertumbuhan jamur serta bakteri. Sikat lidah beberapa kali sehari dan selalu berkonsultasi dengan dokter untuk memperbaiki atau menyesuaikan kembali gigi palsu Anda, karena struktur wajah dan tulang juga akan selalu berubah. Juga pastikan untuk berkonsultasi kepada dokter gigi sebelum mencoba berbagai perawatan baru, dan selalu konsumsi suplemen kalsium atau mengonsumsi makanan tinggi kalsium untuk memelihara struktur tulang dan memastikan gigi palsu Anda selalu cocok.