10 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Gigi Secara Medis dan Alami

Keberadaan noda hitam yang menganggu tidak hanya terbatas pada bagian kulit wajah kita saja. Noda hitam pada gigi juga merupakan masalah umum yang diakibatkan kurangnya perawatan pada gigi. Noda tersebut bisa muncul dimana saja pada gigi, namun paling umum terlihat pastilah pada gigi bagian depan. Perbedaan warna ini tidak saja membuat percaya diri menurun, terutama ketika kita sedang tersenyum dan menampakkan gigi yang penuh dengan flek namun juga tidak sehat dan perlu dilakukan perawatan segera.

Noda hitam pada gigi biasanya bukan disebabkan oleh masalah medis yang khusus. Masalah pada gigi adalah penyebab yang utama dan seringkali merupakan satu – satunya penyebab. Noda hitam ini timbul karena bakteri di dalam mulut menghasilkan asam yang menyebabkan kerusakan gigi. Noda hitam juga mungkin saja merupakan tanda perubahan warna pada enamel gigi. Ekspos berlebihan pada fluoride, bahan kimia, dan mineral yang keras, penggunaan antibiotik juga bisa menyebabkan perubahan warna pada lapisan dalam gigi yaitu dentin.

Penyebab Lain Noda Hitam di Gigi

Lapisan luar gigi bisa mengalami perubahan warna menjadi menghitam karena beberapa hal berikut:

  • Kurang menjaga kebersihan gigi sehingga kotoran dan sisa makanan mengerak pada gigi.
  • Pola makan buruk sehingga tubuh kekurangan gizi dan nutrisi termasuk pada gigi.
  • Merokok, nikotin di dalam rokok akan menyebabkan gigi menjadi berwarna hitam.
  • Karies gigi yang juga berupa salah satu masalah serius pada gigi.
  • Makanan mengandung gula, gula tersebut yang melekat pada gigi akan menyebabkan flek.
  • Makanan berminyak, kelebihan minyak akan menodai gigi dan terlihat seperti flek hitam.
  • Makanan mengandung asam yang akan menyebabkan gigi bernoda hitam.
  • Kelebihan Fluoride, artinya terlalu banyak menggunakan pasta gigi berfluoride
  • Penggunaan tembakau, tidak hanya dari rokok namun juga rokok linting, kunyahan tembakau atau cerutu.
  • Minuman berkarbonasi atau minuman bersoda yang juga berkadar gula tinggi.
  • Kafein dari teh atau kopi.
  • Obat – obatan seperti tetracyclin dan lain sebagainya.

Menghilangkan Flek Hitam di Gigi Secara Medis

Untuk perawatan menghilangkan noda hitam di gigi akan tergantung kepada penyebabnya. Jika flek hitam tersebut muncul karena sebab alami, dan sulit dihilangkan, maka Anda perlu menghilangkannya dengan bantuan dokter gigi. Beberapa perawatan untuk cara menghilangkan flek hitam di gigi secara medis yaitu:

1. Dental Prophylaxis

Flek hitam yang terlihat jelas pada umumnya dapat dibersihkan dengan menggunakan perawatan dental prophylaxis. Metode ini mempunyai dua manfaat yaitu untuk cara membersihkan flek hitam di gigi dan juga melindungi gigi dan gusi dari kerusakan atau penyakit lebih lanjut. Prosedur yang biasa dilakukan yaitu:

  • Scaling –  Jika ada sedikit radang, dokter gigi akan memulai dengan menggunakan alat ultrasonic scaler untuk menghilangkan plak yang keras kepala. Setelahnya akan digunakan skala manual untuk menghilangkan sisa – sisa plak dari sela gigi.
  • Polishing – Memoles gigi dengan suatu pasta untuk mengikis noda secara keseluruhan.

Teknik ini berguna untuk menghilangkan flek dan noda yang diakibatkan tembakau, teh, kopi atau makanan berwarna lainnya.

2. Power Bleaching

Menggunakan campuran hidrogen peroksida dan gel pemutih untuk menghilangkan noda dan mencerahkan gigi. Pemutihan dapat menyebabkan berbagai tingkat iritasi, karena itu saat proses pemutihan gigi, gusi akan dipisahkan menggunakan pelindung. Teknik ini menggunakan gel pemutih yang diaplikasikan pada gigi dan sinar laser yang diarahkan ke gigi tersebut. Sinar khusus ini akan mengaktifkan gel pemutih dan menghilangkan flek hitam dengan cepat. Proses ini biasanya berlangsung selama 30-60 menit dan bisa bertahan selama setahun atau lebih tergantung kepada perawatan lanjutan dan rutin yang dilakukan.

3. Veneer Porselen dan Bonding Komposit 

Untuk noda yang lebih gelap dan sulit dihilangkan, cara menghilangkan flek hitam di gigi adalah alternatif yang dapat menyamarkan flek sebagai salah satu perawatan kosmetik gigi dan cara merapikan gigi. Metode komposit ini menggunakan komposit resin untuk melapisi gigi dan menutupi flek dan memerlukan pembersihan secara teratur setidaknya empat kali setahun agar tetap bersih. Sedangkan veneer porselen dapat menutupi flek di gigi, juga memperbaiki gigi yang renggang. Ini merupakan solusi jangka panjang dan bisa memerlukan biaya tinggi. Veneer dibuat secara pribadi dan disesuaikan dengan bentuk gigi masing – masing orang, lebih tahan lama dan tidak mudah ternoda.

Menghilangkan Flek pada Gigi Secara Alami

Dengan memanfaatkan bahan – bahan alami yang ada di sekitar kita, cara menghilangkan flek hitam di gigi bisa juga dilakukan. Namun, cara ini khusus untuk menghilangkan noda yang melekat pada gigi karena faktor ekstrinsik atau faktor luar saja. Bahan alami yang bisa digunakan antara lain:

1. Arang

Zaman dulu arang kayu digunakan untuk membersihkan gigi dengan menggosokkannya pada gigi, seperti cara kita menggunakan sikat gigi. Akan tetapi, penggunaakn arang ini juga mempunyai resiko tersendiri. Apabila digunakan secara berlebihan, arang justru bisa merusak email gigi yang berperan penting untuk melindungi gigi. Jika ingin mencoba menggunakan arang, gunakan secukupnya saja, jangan menggosok terlalu kasar dan tidak digunakan terlalu sering. Arang juga dapat digunakan untuk menjadi cara dalam perawatan kulit wajah, manfaat masker arang yaitu sebagai cara mencegah penuaan dini.

2. Baking Soda

Pasta dari baking soda atau sodium bikarbonat bisa digunakan untuk mengatasi flek hitam yang membandel pada gigi. Caranya cukup dengan mencampurkan baking soda dengan air lalu aduk hingga mengental. Oleskan ke gigi yang ternoda hitam dengan gerakan melingkar. Lalu kumur sampai bersih. Manfaat baking soda untuk kulit ada cara menghilangkan komedo dengan baking soda, cara memutihkan ketiak dengan baking soda, dengan cara membuat masker baking soda.

3. Kulit buah jeruk dan pisang

Siapa sangka kulit buah jeruk dan pisang yang biasanya kita buang setelah memakan buahnya bisa bermanfaat untuk cara menghilangkan flek di gigi? Selain manfaat pisang untuk kulit yang biasanya digunakan sebagai bahan dalam cara membuat masker kulit pisang, Anda bisa menggunakan bagian dalam kulit jeruk dan pisang untuk menggosok flek hitam pada gigi secara teratur. Ada cara memanfaatkan kulit jeruk untuk wajah dan cara menggunakan kulit jeruk untuk  menghilangkan komedo yang berasal dari manfaat kulit jeruk untuk wajah berminyak.

4. Garam

 Cara lain untuk membersihkan flek pada gigi dengan efektif adalah dengan menggunakan garam. Selain dapat membersihkan noda pada gigi, garam juga dapat membantu mengembalikan kandungan mineral yang hilang pada gigi. Untuk perawatan kulit, manfaat garam pun tidak kalah bagusnya. Ada cara memutihkan wajah dengan air garam, manfaat cuci muka dengan air garam, dan cara menghilangkan wajah berminyak dengan air garam.

5. Strawberry

Buah ini mengandung asam malat yang fungsinya dapat membuat gigi menjadi bersih. Untuk membebaskan gigi dari flek hitam, Anda bisa melakukannya dengan rajin mengunyah buah ini. Bisa juga dilakukan dengan menghancurkan buah strawberry sampai halus dan celupkan pasta gigi ke dalam buah, gunakan untuk menyikat gigi seperti biasa. Tidak hanya strawberry, buah lain yang bersifat asam pun dapat digunakan untuk membersihkan gigi. Manfaat strawberry untuk kulit juga ada antara lain sebagai cara memutihkan wajah secara alami dalam 1 minggu, cara memutihkan kuku secara alami, dan cara mengatasi kulit kusam.

6. Siwak

Siwak juga merupakan salah satu bahan alami yang digunakan untuk membersihkan gigi sejak zaman dulu. Orang – orang telah menggunakan siwak sebagai cara tradisional untuk membersihkan gigi sebelum ada pasta gigi yang diprodusi. Karena itulah Anda juga bisa menggunakan siwak sebagai cara menghilangkan flek hitam di gigi secara alami.

7. Daun Sirih

Orang tua zaman dulu senang mengunyah daun sirih yang ternyata memang mempunyai manfaat untuk gigi. Daun sirih bisa menjadi cara menghilangkan flek hitam di gigi, karena itu Anda juga bisa mencobanya. Cuci bersih selembar daun sirih, tambahkan setangkai daun cengkeh jika suka, lalu kunyah. Anda juga bia menambahkan gambir, buah pinang dan kapur secukupnya, jadikan satu lalu dikunyah. Untuk perawatan kecantikan, selain manfaat sirih untuk alis, ada cara memanjangkan bulu mata secara alami dan cara menebalkan bulu mata menggunakan daun sirih.

Tips Perawatan Gigi

Flek hitam pada gigi  bisa dicegah dengan kebiasaan sehari – hari yang benar dalam rangka perawatan gigi rutin. Untuk mencegah timbulnya flek hitam pada gigi, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Sikat gigi dan bersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi dua kali sehari jika memungkinkan. Usahakan untuk membersihkan gigi tiap setelah makan untuk menghilangkan sisa makanan di mulut. Jika telah menyantap makanan yang mengandung asam, cobalah untuk membersihkan gigi beberapa saat setelahnya untuk menghindari kerusakan enamel gigi.
  • Pilih teh atau kopi yang mengandung senyawa polifenol paling tinggi. Tambahkan susu ke dalam teh untuk mengurangi kandungan asamnya, mencegah noda dan kerusakan pada gigi .
  • Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengunyah buah dan sayuran yang renyah akan membuat produksi air liur bertambah yang dapat melindungi enamel gigi dari perubahan warna dan kerusakan.
  • Minumlah paling tidak satu liter air sehari. Air putih juga akan merangsang pembentukan air ludah yang lebih banyak, dengan demikian membantu menjaga gigi tetap kuat dan mencegah flek pada gigi.
  • Konsumsi minuman dan makanan yang mengandung asam dan berpotensi menimbulkan kerusakan gigi juga ada aturannya. Makanan asam tersebut bisa dimakan dengan perhitungan yang cukup dan diikuti dengan menyikat gigi setelah lima menit kemudian.
  • Gunakan sedotan ketika minum jus atau minuman yang mengandung asam yang dapat merusak dan menodai gigi. Untuk perawatan bibir, ada manfaat pasta gigi untuk bibir sebagai cara alami mengecilkan bibir dan juga ada cara mengecilkan bibir secara alami.
  • Menghindari makanan atau minuman asam bisa dilakukan dengan menggunakan sedotan apabila hendak minum, tujuannya agar asam tidak langsung masuk ke mulut dan gigi dalam jumlah besar.
  • Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride karena bahan ini dapat memperbaiki kerusakan pada enamel gigi. Menggunakan fluoride secara teratur akan melindungi gigi dari kerusakan akibat asam dan memungkinkan area yang kekurangan mineral untuk bergenerasi. Pasta gigi juga dapat digunakan untuk keperluan perawatan kecantikan lain, misalnya cara menghilangkan flek hitam di bibir dengan pasta gigi, cara memerahkan bibir dengan odol, cara membersihkan komedo dengan pasta gigi pepsodent.

Perawatan gigi sendiri yang benar adalah kunci dan merupakan bagian penting dari cara menghilangkan flek htam di gigi. Lebih penting lagi adalah untuk ikut mendatangi dokter gigi secara teratur untuk pemeriksaan dan perawatan rutin. Dengan perawatan dan kunjungan rutin ke dokter gigi, kerusakan bisa ditangani sejak awal. Untuk biaya perawatan menggunakan tenaga medis memang memerlukan biaya yang lumayan, sementara bahan alami lebih terjangkau. Anda bisa memilih yang mana saja sesuai dengan kenyamanan Anda sendiri.