5 Cara Memakai Bra Yang Sehat dan Aman

Memakai bra dikatakan dapat mencegah payudara mengendur, memperbaiki postur tubuh, mengurangi sakit punggung, dan mempertahankan kesehatan jaringan payudara. Bayangkan menggunakan bra yang benar – benar sangat nyaman, yang tidak terlalu ketat dan tidak longgar. Sebuah bra yang cup nya tidak membuat sesak dan juga tidak membuat payudara meluap, tali yang bertahan pada tempatnya, tidak membuat Anda harus membetulkannya seharian. Bayangkan untuk menggunakan bra yang tidak akan ingin Anda lepaskan buru – buru ketika sampai dirumah, lebih jauh lagi bra yang tetap dapat membantu mempertahankan kesehatan payudara ketika digunakan. Tidak semua wanita dapat merasakan memakai bra yang tepat karena cara pemakaian yang salah. Selain melakukan pemeriksaan kesehatan rutin ke dokter, pemakaian bra yang tepat juga sangat penting untuk menjaga kesehatan payudara. Untungnya, ada cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan kesehatan ketika memakai bra. Berikut ini adalah cara memakai bra yang sehat dan aman bagi payudara Anda.

1. Melakukan pengukuran

Bra jenis apa yang paling baik untuk digunakan? Yaitu bra yang cocok dengan sempurna pada tubuh Anda. Karena diperkirakan sekitar 80 persen wanita menggunakan ukuran bra yang salah, tidak heran jika di malam hari terasa sangat lega ketika bisa melepasnya. Padahal, menggunakan bra yang tidak cocok beresiko kesehatan yang serius termasuk kerusakan jaringan payudara. Tubuh akan berubah secara alami seiring dengan usia, maka ukuran bra Anda juga akan bervariasi. Untuk itu sangat penting agar mengukurnya setiap tahun atau kapan saja bra terasa seperti gangguan dan tidak nyaman dipakai. Anda juga bisa mencoba cara mengencangkan payudara dengan minyak zaitun dan cara mengencangkan payudara dengan putih telur, juga lakukan cara memerahkan puting dengan bahan alami.

2. Memilih model yang tepat

Antara soft cup, sports bra, bra wireless, bandeaus, full cups, dan push up bra, memilihnya bisa menjadi hal yang sulit. Akan tetapi ukuran bra yang cocok untuk Anda akan tergantung kepada ukuran cup Anda juga. Para ahli menyarankan bra dengan support minimal untuk dada yang lebih kecil seperti jenis bandeaus atau wireless, karena tambahan kawat dan lapisan bisa membuat tidak nyaman, menusuk kulit dan terlihat menonjol dibalik pakaian. Ukuran dada yang lebih besar bisa mendapatkan manfaat dari bra full cup, yang akan menjaga payudara tetap di tempatnya dan mencegah kesalahan berpakaian. Cara memakai bra yang sehat terbaik adalah dengan mengetahui model bra mana yang cocok bagi payudara Anda dengan berkonsultasi dengan ahlinya di toko pakaian dalam.

3. Hindari memakai bra saat tidur

Ketika sebagian wanita percaya memakai bra saat tidur akan membantu menjaga bentuknya, hal itu mungkin juga akan meningkatkan resiko bengkak, menyebabkan penumpukan cairan dan mencegah detoksifikasi alami dengan membatasi aliran darah dan pembuangan sistem limfatik, juga meningkatkan resiko iritasi kulit. Cara memakai bra yang sehat adalah dengan tidak menggunakannya saat tidur malam. Hindari juga efek samping cream pembesar payudara untuk cara mengencangkan payudara yang turun. Cobalah cara mengencangkan payudara dengan bahan alami seperti cara mengencangkan payudara dengan pepaya.

4. Pilih kenyamanan daripada model

Renda, hiasan, mutiara, dan lain sebagainya mungkin menggoda dalam memilih bra, namun walaupun tidak ada salahnya memilih model yang cantik sesekali tetapi sangat penting untuk memastikan bahwa Anda memprioritaskan sensibilitas daripada gaya berkaitan dengan bra yang dipakai sehari – hari. Bahkan walaupun bukan menjadi bra bermodel paling seksi, bra yang cocok dengan baik dan nyaman bisa membawa perasaan nyaman dan rileks sepanjang hari sebagai cara memakai bra yang sehat.

5. Mengetahui cara pakai yang benar

Cara memakai bra yang sehat bisa dilakukan pertama – tama dengan mengaitkan di kaitan paling luar atau yang paling longgar. Hal ini berguna untuk mencegah bra menjadi cepat rusak. Posisi bra tidak boleh sampai naik ke atas atau menekan lemak tubuh. Tarik dada untuk memenuhi cup setelah itu, perhatikan agar cup tidak dipenuhi payudara atau terlalu kendor. Sesuaikan tali setelah bra dipakai agar tidak terlalu ketat dan meninggalkan jejak merah di bahu, juga tidak boleh sampai melorot atau copot.

Menurut sejarah, bra diciptakan untuk keperluan fashion dan bukan untuk fungsi. Para wanita kaya di abad ke 14 umumnya memakai korset untuk membantu meningkatkan, mengungkap dan menonjolkan penampilan payudara mereka. Dan ketika fashion berkembang, muncullah bra. Jika bra masih digunakan untuk keperluan penampilan yang estetis, bra juga dikatakan perlu untuk menjaga dan mendukung kesehatan payudara. Walaupun sekarang ini banyak yang menyatakan keburukan bra bagi payudara dan menyarankan agar tidak menggunakannya sama sekali, tidak dapat dihindari masih banyak wanita yang merasa lebih nyaman untuk menggunakannya karena alasan yang sudah jelas. Kalapun bra terbukti tidak bermanfaat untuk kesehatan, bra tetap diperlukan untuk menjaga penampilan wanita agar lebih sopan. Beberapa wanita masih merasakan bahwa memakai bra lebih nyaman daripada tidak. Juga walaupun bra dinyatakan merusak oleh beberapa penelitian atau paling tidak, tidak bermanfaat, masih ada kekurangan bukti yang menyatakan bahwa memakai bra memang pasti akan mengancam payudara Anda. Selama bra digunakan dengan tepat sesuai ukuran, bra masih dapat mencegah ketidak nyamanan. Jadi apabila memakai bra membantu Anda merasa terdukung dan memberi penampilan yang sesuai, pilihan ada di tangan Anda dengan memperhatikan cara memakai bra yang sehat.