4 Cara Memilih Foundation Sesuai Undertone Dengan Tepat

Foundation adalah dasar tata rias yang digunakan untuk menutupi kekurangan pada wajah dan menyeimbangkan warna kulit wajah. Warna kulit yang merata di wajah sangat penting untuk mendapatkan make up yang selaras dan tidak tampak belang. Menggunakan shade foundation yang benar juga sangat penting, karena kesalahan memilih warna foundation bisa tampak sangat jelas dan tidak natural. Hal itu membuat dasar make up Anda tidak akan layak untuk urutan tata rias berikutnya. Make up Anda harus membaur dengan mudah bersama kulit wajah di area garis rahang untuk menghindari agar wajah tidak tampak ‘caked’. Selain jenis, warna dan corak kulit, hal yang lebih penting utuk dipertimbangkan ketika hendak memilih foundation adalah undertone kulit Anda. Itulah sebabnya cara memilih foundation sesuai undertone haruslah dipahami benar agar Anda bisa mendapatkan warna foundation yang tepat untuk tata rias sempurna, dan mencegah bencana pada make up Anda.

1. Menentukan Undertone

Jika permukaan kulit bisa berubah warna karena banyak faktor penyebab seperti jerawat atau sinar matahari, warna undertone Anda tidak akan berubah. Karena itulah menentukan undertone akan membantu Anda memilih warna foundation yang tepat. Memilih foundation untuk kulit sawo matang, foundation untuk kulit kering atau foundation untuk kulit gelap bisa didasarkan pada warna undertone Anda.  Secara umum ada tiga macam undertone yaitu:

  • Cool / Dingin

Undertone cool berarti kulit Anda memiliki pembuluh darah berwarna biru di pergelangan tangan bagian dalam. Orang dengan cool undertone juga akan terbakar matahari dengan mudah atau kulitnya tampak berwarna pink. Perhiasan perak akan lebih cocok pada orang dengan cool undertone.

  • Warm / Hangat

Cara memilih foundation sesuai undertone bisa dilihat dari pembuluh darah berwarna hijau di pergelangan tangan bagian dalam yang menandakan warm undertone. Jika terkena sinar matahari maka kulit orang yang memiliki warm undertone akan berubah menjadi lebih gelap atau seperti perunggu. Perhiasan emas biasanya lebih cocok dikenakan orang yang memiliki undertone warm.

  • Netral

Jika Anda tidak dapat menentukan warna pembuluh darah apakah hijau atau biru karena terlihat merupakan perpaduan keduanya, maka undertone Anda netral. Undertone netral akan cocok mengenakan perhiasan perak atau emas.

2. Mencocokkan Dengan Jenis Kulit

Setelah Anda mencoba cara memilih foundation sesuai undertone, perlu juga menyesuaikan pilihan foundation dengan memilih yang sesuai dengan jenis kulit. Kulit bisa saja berminyak, kering atau kombinasi keduanya dan Anda juga bisa memiliki kulit normal atau sensitif. Carilah merk foundation yang tidak oxidize dan foundation yang bagus untuk sehari – hari.

  • Untuk kulit berminyak, pilihlah foundation matte atau bebas minyak dalam bentuk powder.
  • Pilih krim yang melembapkan, menghidrasi atau stick foundation jika Anda memiliki kulit kering.
  • Pilih foundation yang hipoalergenik dan bebas wangi jika Anda memiliki ciri – ciri kulit sensitif.
  • Untuk kulit kombinasi, pilih foundation yang berformula powder.
  • Jika Anda hendak menutupi warna kulit yang tidak merata dan ingin menutupi sebagian besar wajah, pilihlah foundation dengan coverage medium. Jika warna kulit tidak merata hanya sedikit, carilah foundation yang menawarkan coverage sebagian atau tipis dan ingin tampak lebih alami.
  • Anda juga bisa memilih foundation yang mengandung SPF karena hal ini akan menyediakan sedikit perlindungan terhadap sinar UV A dan UV B.

3. Memilih Shade Foundation

Setelah Anda mengetahui bagaimana memilih foundation berdasarkan jenis kulit, maka sekarang adalah waktunya melanjutkan dengan cara memilih foundation sesuai undertone. Anda perlu memilih shade yang tepat sesuai undertone, namun juga sekaligus cocok dengan jenis kulit wajah. Ketahui juga perbedaan foundation dan alas bedak sehingga Anda tidak salah membeli.

  • Untuk cool undertone pilih foundaton dengan dasar pink, merah atau biru dan shade seperti cocoa, rose, sand / sable dan porcelain.
  • Merk foundation untuk warm undertone bisa dipilih yang memiliki dasar emas atau kuning dan pertimbangkan shade caramel, golden, tan, chestnut serta beige.
  • Bagi yang memiliki undertone netral, pertimbangkan memilih shade seperti buff, nude, ivory atau praline.

4. Mencoba Warna Foundation

Gunakan informasi yang Anda dapatkan dalam cara memilih foundation sesuai undertone untuk memilih beberapa shade atau warna yang tampak paling dekat dengan undertone wajah Anda. lalu lakukan tes dengan membubuhkan sedikit foundation di garis rahang Anda. Kulit di garis rahang memiliki warna yang paling dekat dengan undertone alami Anda dan akan memberi ide mengenai bagaimana penampilan kulit dengan foundation dan perbandingan warnanya dengan leher. Jika tidak ada tester, pegang botol kemasan dekat leher dan garis rahang dan bawa ke cahaya matahari di luar ruangan untuk melihat shade aslinya.

Foundation yang terbaik adalah yang menghilang ke dalam kulit Anda dengan mudah. Setelah melakukan cara memilih foundation sesuai undertone, foundation Anda tidak seharusnya terlihat. Pertimbangkan untuk membeli beberapa shade sekaligus agar Anda bisa mencobanya dirumah dan membandingkannya khususnya jika di toko tidak tersedia tester. Ketika akan membeli foundation, carilah toko yang menawarkan dukungan dari para ahli kecantikan yang bisa membantu Anda untuk memilih shade yang benar. Anda juga bisa mencari toko yang memiliki kebijakan untuk mengembalikan jika kosmetik yang dibeli salah. Anda akan tahu telah membeli produk yang tepat ketika semua kekurangan di wajah dan kemerahan dapat ditutupi dengan pemakaiannya dan masih tampak alami.