4 Cara Mengukur Bra Dengan Tepat

Wanita yang memakai bra tidak pas atau ukuran yang salah mengetahui bahwa hal itu bisa merusak atau mengacaukan busana yang cantik sekalipun, atau lebih buruk lagi membuat Anda mengalami hari yang buruk. Sakit pada payudara dan sakit punggung yang bisa dialami wanita berpayudara besar adalah hal yang serius untuk dialami jika melakukan kesalahan dalam memilih bra. Solusinya tentu saja dengan tips memilih bra yang sesuai untuk menemukan dan berinvestasi pada satu set pakaian dalam yang berupa potongan yang tepat, ukuran dan pas dengan Anda, misalnya ketika membutuhkan berbagai jenis push up bra yang cocok.

Memilih bra bisa saja tidak menjadi solusi yang sederhana, karena ukuran bra bisa bervariasi diantara merk pakaian dalam yang berbeda. Misalnya, cup C pada satu merk bisa saja merupakan cup D pada merk yang lain dan beberapa ukuran bra bisa berubah naik atau turun khususnya pada ukuran lingkar tubuh dalam waktu beberapa hari atau karena pencucian. Pilihan yang paling baik adalah untuk mengetahui ukuran bra Anda dengan menggunakan instruksi cara mengukur bra yang simpel dan mudah. Mengikuti instruksi dengan baik akan memastikan Anda mengenakan bra yang sesuai dalam ukuran yang pas pada lingkar badan dan cup bra tersebut dan mendapatkan sokongan yang tepat bagi payudara dan menjadi cara memakai bra yang sehat.

1.Mengukur Lingkar Bawah Payudara

Gunakan bra tanpa lapisan dan kawat,  siapkan alat pengukur untuk mengukur di sekeliling tubuh tepat di bawah payudara di tempat dimana bagian band dari bra Anda biasanya berada. Posisikan pita pengukur sejajar dengan bagian bawah lingkar bra, jangan terlalu ketat dan pastikan juga tidak longgar. Tabel ukuran lingkar bra sesuai dengan pengukuran pada lingkar bawah payudara (underbust) yaitu:

  • Underbust 63 – 67 cm, ukuran bra : 30 atau 65
  • Underbust 68 – 72 cm, ukuran bra : 32 atau 70
  • Underbust 73 – 77 cm, ukuran bra : 34 atau 75
  • Underbust 78 – 82 cm, ukuran bra : 36 atau 80
  • Underbust 83 – 87 cm, ukuran bra : 38 atau 85.
  • Underbust 88 – 92 cm, ukuran bra : 40 atau 90.

Perlu diingat bahwa ukuran lingkar bawah payudara atau underbust juga bisa berubah tergantung pada perubahan yang dialami tubuh Anda. Jangan sampai berkecil jati jika ukuran underbust Anda dirasa tidak ideal, karena memang begitulah bentuk tubuh Anda yang dimiliki secara alami. Hindari efek samping cream pembesar payudara yang mungkin saja Anda gunakan ketika merasa payudara kurang besar. Lakukan perawatan payudara secara teratur akan lebih baik dengan cara mengencangkan payudara dengan bahan alami  seperti cara mengencangkan payudara dengan minyak zaitun.

2. Mengukur Cup Bra

Ukur bagian top bust/cup payudara dengan menempatkan pita pengukur pada bagian dada yang paling penuh atau tinggi, pastikan tetap sejajar dengan bagian underbust/lingkar bra bawah. Kurangi ukuran top bust dengan lingkar bawah bra atau underbust dan tambahkan 2 cm ukuran. Ukuran cup yang dihasilkan yaitu:

  • Selisih 10 cm – 12 cm : Cup A
  • Selisih 12,5 cm – 14 cm: Cup B
  • Selisih 15 cm – 17 cm : Cup C
  • Selisih 17,5 cm – 19 cm : Cup D
  • Selisih 20 cm – 22 cm : Cup E
  • Selisih 22,5 cm – : Cup F

3. Mengetahui Tanda Bra Tidak Pas

Perhatikan beberapa tanda yang menyatakan bahwa Anda mungkin tidak mengenakan bra yang ukurannya pas. Bra Anda mungkin mengalami kerutan pada bagian cup, kawat menonjol keluar dari sisi payudara, bagian belakang bra yang naik dan tidak sejajar dengan bust, payudara keluar dari cup, strap yang selalu melorot atau bra yang ikut berubah posisi ketika Anda mengangkat tangan. Beberapa faktor tertentu memang dapat membuat ukuran bra berubah seperti pertambahan atau penurunan berat badan, rutinitas olahraga baru, kehamilan, perubahan menu makanan dan lain sebagainya. Apabila Anda merasa warna puting berubah menghitam, lakukan cara memerahkan puting secara alami yang lebih aman daripada obat – obatan kimia.

4. Memastikan Ukuran Bra

Ketika Anda sudah melakukan cara mengukur bra yang benar dan menemukan ukuran Anda yang tepat, pastikan bahwa ukuran tersebut sudah benar dengan beberapa tes berikut.

  • Bungkukkan badan ke depan dari pinggang, lalu kaitkan bra. Cara ini akan memastikan payudara Anda masuk seluruhnya kedalam cup bra.
  • Sesuaikan tali bra. Bagian belakang bra harus berada sejajar dengan bagian depannya.
  • Pastikan bra tidak terlalu longgar. Anda harus dapat menyelipkan satu jari dibawah lingkar bra dan tidak lebih.
  • Kenakan kaus yang hampir pas di badan diatas bra. Jika cup nya mengerut atau payudara tampak menonjol keluar, berarti Anda tidak melakukan cara mengukur bra yang benar.
  • Gunakan cermin dan lihat diri Anda secara menyamping. Payudara Anda seharusnya berada di tengah antara bahu dan siku. Jika tidak, Anda memerlukan bra yang lebih suportif dan lebih pas ukurannya.
  • Jika Anda perlu menurunkan ukuran cup agar bra muat, naikkan ukuran underbust Anda. Misalnya jika ukuran 34C terlalu besar, Anda bisa menggunakan 36B.
  • Pilih bra yang pas dengan baik ketika dikaitkan pada bagian kaitan paling luar. Ketika bra menjadi longgar, kaitkan pada bagian yang paling kencang.

Mempelajari bagaimana cara mengukur bra yang benar bisa terasa tidak nyaman tetapi mengetahui ukuran Anda dan mencatatnya dengan cermat agar dapat dibawa ketika sedang akan berbelanja bra akan membuat acara belanja menjadi lebih mudah. Khususnya jika Anda berbelanja bra melalui online. Selain itu, mengetahui cara mengukur bra akan memudahkan penyesuaian pada perubahan ukuran payudara Anda. Mengetahui ukuran bra memang seharusnya tidak menjadi permainan tebak – tebakan. Dengan cara mengukur yang tepat akan menghindarkan Anda dari resiko pemakaian bra yang tidak pas seperti rasa sakit pada punggung atau pada payudara.