9 Jenis Push Up Bra yang Perlu Diketahui Wanita

Push up bra adalah satu jenis bra yang berisi lapisan didalam cupnya. Lapisan ini bisa terbuat dari busa, air, udara, minyak atau bahan lain, terletak dibawah atau di sisi jaringan dada pada bra, dan mendorong (push up) payudara untuk mendapatkan volume lebih dan penampilan yang lebih penuh. Jika cup berbentuk plunge atau potongan yang rendah bisa juga menampakkan belahan dada lebih banyak. Umumnya lapisan bra ditempatkan di bagian luar bawah cup bra, mendorong dada keatas dan sedikit kearah tengah. Push up bra menjadi favorit diantara para wanita dengan ukuran payudara yang berbeda – beda. Wanita berpayudara kecil memilih push up bra untuk menambahkan ukuran cup ekstra dan menaikkan belahan dada. Sementara wanita dengan payudara sedang dan besar memilih memakai push up bra untuk mendorong citra payudaranya lebih lagi. Push up bra tersedia dalam berbagai lapisan untuk berbagai kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa jenis push up bra yang bisa menjadi pilihan.

1. Push up bra dengan removable pads

Jenis push up bra ini biasanya dibuat dengan kantung kecil yang menyimpan lapisan removablenya. Tipe ini bagus karena memiliki banyak kegunaan, contohnya jika ada perubahan ukuran payudara karena sedang menstruasi, Anda bisa menyesuaikan dengan ukuran yang berubah dengan memasang atau mencopot lapisannya. Removable pads cocok untuk wanita yang memiliki ukuran payudara tidak seimbang, yang sangat umum, juga untuk wanita yang mengalami perubahan ukuran bra karena penurunan berat badan.

2. Strapless push up bra

Untuk busana apapun yang tidak memerlukan tali bra, jenis push up bra ini sangat ideal. Tidak hanya tali yang menopang bra, tetapi juga lingkar dasarnya yang berada di sekeliling tulang rusuk wanita yang menyediakan lebih banyak topangan. Karena itu memakai strapless bra bisa menjadi lebih suportif dan juga menarik.

3. Wireless push up bra

Bra yang bebas kawat adalah pilihan pertama untuk para wanita yang merasa kawat tidak nyaman atau memiliki alasan kesehatan untuk tidak memakai bra berkawat. Jenis push up bra tanpa kawat ini kerap dikira tidak berbentuk, tetapi berkat teknologi sekarang bra sudah tampak berbentuk dan bahkan bisa menopang payudara dengan baik.

4. Molded push up bra

Ini adalah jenis push up bra yang paling umum. Push up bra yang membentuk atau mencetak ini menggabungkan fitur dari cup yang membentuk payudara menjadi bentuk bulat dengan push up yang membuat payudara semakin bervolume. Banyak merk menjual jenis push up bra semacam ini. Ketika mencoba  cara mengencangkan payudara yang turun sebaiknya Anda menghindari efek samping cream pembesar payudara dan mencoba cara mengencangkan payudara dengan pepaya.

5. Non molded push up bra

Sebenarnya jarang ditemukan bra push up yang tidak membentuk atau mencetak, karena lapisan push up dapat menonjol dan tampak melalui bra tersebut. Karena bra yang membentuk kencang sedangkan jaringan payudara tidak, maka keduanya tidak dapat tampak sama tanpa bantuan cup yang berfungsi untuk membentuknya.

6. Push up sports bra

Jika memakai push up bra menjadi bagian dari penampilan sehari – hari Anda, maka begitu juga dengan ketika Anda sedang berolahraga. Menjadi pilihan yang sangat bagus bagi payudara kecil untuk menggunakan push up sports bra. Anda bisa melakukan cara mengencangkan payudara dengan bahan alami seperti dengan cara mengencangkan payudara dengan minyak zaitun atau cara mengencangkan payudara dengan putih telur untuk memperbaiki bentuknya agar lebih pas ketika mengenakan bra.

7. Racerback push up bra (push up bra silang)

Jenis push up bra ini memiliki tali yang menyilang di bagian punggung dan menjadi bra yang bagus untuk wanita dengan payudara kecil hingga besar. Juga, bra yang semacam ini ideal untuk para wanita yang memiliki bahu menurun, bahu sempit dan harus menyembunyikan tali bh jika menggunakan tanktop.

8. Full cup push up bra

Push up bra tidak hanya ditujukan untuk para pemilik payudara kecil. Jadi walaupun Anda memiliki ukuran cup D atau lebih masih bisa menggunakannya. Kebanyakan merk menawarkan seluruh koleksi bra yang lembut, strapless, berenda, berbahan katun, dan banyak yang tersedia hingga ukuran besar dengan lapisan push up. Cara memerahkan puting juga bisa Anda lakukan secara alami apabila tidak ingin puting tampak menghitam.

9. Push up petite

Karena fungsi push up bra adalah untuk mendorong jaringan payudara, wanita dengan payudara sangat kecil atau berjauhan akan sulit menemukan jenis push up bra yang cocok bagi bentuk payudara mereka. Banyak merk memiliki pilihan luas untuk payudara kecil dan lingkaran bra kecil.

Ada banyak salah kaprah mengenai jenis push up bra yang beredar di kalangan wanita. Banyak wanita berpikir bahwa push up bra tidak berguna untuk wanita berpayudara besar dan hanya cocok bagi wanita dengan ukuran cup A atau B. Yang lain berpikir bahwa push up bra tidak bagus apapun ukurannya karena merasa terpengaruh iklan yang salah dan menyesatkan mengenai penampilan wanita. Akan tetapi, sangat penting untuk mengetahui keuntungan dari pemakaian push up bra sebelum menentangnya, bagaimana push up bra dapat memberi keuntungan tidak penting siapa Anda, ukuran, atau model yang disukai. Ukuran memang memberi pengaruh, namun Anda tetap dapat merasakan keuntungan atau manfaat dari push up bra dengan menyediakan topangan lebih, keamanan dan kenyamanan daripada bra biasa. Tambahan lapisan dan jahitannya bisa membantu payudara dari berbagai ukuran untuk lebih nyaman sepanjang hari.