Masa Pakai Softlens yang Perlu Diperhatikan

Menggunakan lensa kontak terasa nyaman dan mudah untuk banyak orang, tetapi tidak semua lensa kontak dibuat sama. Ketahanan dari berbagai tipe lensa kontak akan tergantung pada perawatan yang Anda lakukan. Merawat lensa kontak dengan benar akan meningkatkan masa pakainya dan tidak merusak mata Anda dalam prosesnya. Lensa kontak telah menjadi alternatif yang mudah dan lebih murah daripada menggunakan kacamata. Lensa kontak khususnya ideal untuk individual yang lebih menyukai penampilan tanpa sepasang bingkai di wajahnya, dan juga bisa menjadi lebih nyaman daripada kacamata khususnya untuk yang sangat aktif.

Penelitian dan pengembangan yang dilakukan telah membuat pemakaian lensa kontak menjadi semakin mudah dan dapat digunakan oleh hampir siapa saja dalam tahap manapun di kehidupannya. Sekarang ini kesehatan mata adalah titik awal yang sangat penting dalam pemakaian lensa kontak. Jika permukaan mata seseorang berada dalam kondisi yang sehat, kesempatan untuk menggunakan lensa kontak yang nyaman akan meningkat. Memulai penggunaan lensa kontak dalam kondisi mata yang terbaik sangat disarankan. Untuk mengoptimalkan pemakaian lensa kontak Anda, perlu diperhatikan juga masa pakai softlens yang terbatas.

Bahan Pembuat Lensa Kontak

Lensa kecil yang fleksibel dan berpori ini menempel langsung pada kornea mata Anda. Tidak saja mereka dapat memperbaiki masalah penglihatan Anda, tetapi juga memungkinkan aliran oksigen ke mata. Plastik yang digunakan untuk membuat lensa kontak tidak sama dengan yang digunakan pada produk kontainer makanan, mainan ataupun mesin industri. Lensa kontak mengandung plastik hidrofilik yang tetap lembut dan cocok untuk lingkungan yang lembap. Sebagai tambahan dari plastik, beberapa lensa kontak juga dibuat dari bahan silikon hidrogel. Ini adalah material yang memiliki transmisi oksigen ke mata dan memungkinkan mata tetap lembap. Inilah sebabnya para pemakai lensa kontak menyimpan lensanya di dalam larutan khusus ketika tidak digunakan. Jika tidak, lensa kontak akan menjadi kering, menjadi kaku dan tidak dapat digunakan.

Masa Berlaku Softlens

Softlens adalah peralatan medis yang harus disterilkan dan dikemas dalam wadah bersegel sebelum dijual kepada para pelanggan dan dokter mata. Karena lensa kontak menyentuh mata, maka memiliki resiko untuk melukai mata jika terkontaminasi. Seperti juga makanan kemasan memiliki tanggal kadaluarsa, begitu juga masa pakai softlens yang berjangka waktu tertentu sebagai peralatan medis yang dikemas untuk perlindungan konsumen. Walaupun softlens dikemas dalam wadah kedap udara, masih ada kemungkinan bahwa seiring waktu segel dari wadah tersebut bisa menjadi tercemar dan kemungkinan mengarah pada kontaminasi dari larutan saline dan lensa didalamnya.

Masa pakai softlens atau tanggal kadaluarsa di paket softlens mengindikasikan bulan dan tahun terakhir wadah tersebut harus dipertimbangkan bebas kontaminasi dan lensa didalamnya aman untuk digunakan. Bukanlah suatu hal yang aneh bahwa tanggal kadaluarsa atau masa pakai softlens berjarak empat tahun dari tanggal lensa kontak dibuat dan dikemas. Pada umumnya, tips memilih softlens harus dilihat dari masa pakai softlens di kemasannya ditulis dalam format tahun dan bulan pada merk softlens yang bagus. Contohnya, tanggal kadaluarsa 2018/08 berarti lensa kontak harus dianggap aman untuk digunakan sampai akhir bulan Agustus 2018 dalam cara memakai softlens yang benar.

Kemasan Lensa Kontak

Kebanyakan softlens yang dijual sekarang ini dikemas secara individual dalam wadah kecil, datar dan terbuat dari plastik dengan tutup segel alumunium. Wadah biasanya diisi dengan larutan saline atau air garam tanpa pengawet dan cairan yang akan menjaga lensa tetap terhidrasi penuh. Untuk alasan biaya dan berat, wadah plastik ini lebih umum digunakan daripada wadah beling yang pernah menjadi kemasan utama untuk softlens. Lapisan alumunium dari softlens biasanya menunjukkan informasi seperti merk softlens, bahan – bahan pembuat lensa, nama pabrik pembuatnya, base curve softlens, diameter, kekuatan, nomor lot, dan tanggal kadaluarsa yang menunjukkan masa pakai softlens. Informasi lain bisa berupa tanda khusus dan lokasi dimana softlens tersebut dibuat. Perhatikan cara membuka softlens baru yang benar dalam tips membeli softlens agar tidak mengontaminasi isi di dalamnya.

Lensa Kontak Sekali Pakai

Lensa kontak yang dapat digunakan dengan sekali pakai sama seperti produk medis atau produk higienis sekali pakai. Anda dapat menggunakannya dalam waktu singkat dan membuangnya setelah rekomendasi masa pakai softlens berakhir. Masa pakai lensa sekali pakai akan bervariasi tergantung kepada merknya atau macam – macam softlens, tetapi pada umumnya bisa bertahan selama satu bulan. Ada tiga macam lensa kontak sekali pakai yaitu:

  • Lensa sekali pakai jangka panjang adalah lensa yang digunakan secara berkelanjutan bahkan ketika tidur. Lensa ini dibuang setelah masa pakai softlens habis dan digantikan dengan yang baru. Jadwal pemakaian ini tidak membutuhkan pembersihan sehingga lebih nyaman dan mudah.
  • Lensa kontak sehari – hari yang mirip dengan lensa kontak RGP atau PMMA yang dikeluarkan dari mata pada malam hari dan dibersihkan untuk digunakan lagi keesokan harinya. Perbedaannya adalah bahwa lensa – lensa ini hanya dapat bertahan dalam waktu singkat saja, misalnya seminggu, dua minggu atau hingga satu bulan lalu diganti. Softlens ini lebih nyaman daripada lensa RGP atau PMMA karena menggunakan bahan hidrogel yang lembut.
  • Lensa sekali pakai harian mungkin adalah lensa kontak yang paling mudah ditangani, tidak perlu dibersihkan dan disimpan. Setiap setelah pemakaian sehari, lensa ini akan dibuang untuk diganti yang baru keesokan harinya. Ini akan membatasi masa pakai softlens, tetapi juga membatasi resiko kesalahan perawatan yang menyebabkan infeksi. Jangan lupa cara membedakan softlens kanan dan kiri yang benar ketika memakainya.

Masa pakai softlens juga bisa tergantung pada resep lensa kontak yang diberikan oleh dokter, yaitu tanggal terakhir yang diizinkan dokter Anda untuk membeli lensa kontak menggunakan resep. Pada umumnya resep untuk lensa kontak akan berlaku selama satu tahun karena Anda harus melakukan pemeriksaan mata tahunan jika Anda menggunakan lensa kontak, untuk memastikan mata tetap dalam kondisi sehat dan refractive error atau bias mata Anda tidak berubah.