7 Macam – Macam Softlens yang Perlu Diketahui

Lensa kontak adalah pilihan yang tepat untuk hampir semua orang yang membutuhkan perbaikan masalah penglihatan dan tidak ingin memakai kacamata sepanjang waktu atau melakukan operasi LASIK. Softlens adalah lensa kontak yang dibuat dari plastik lembut dan fleksibel yang memungkinkan oksigen untuk melewati kornea. Softlens lebih mudah disesuaikan dan lebih nyaman daripada hard lens. Teknologi untuk lensa kontak semakin canggih dan sebagai hasilnya ada banyak pilihan lensa kontak yang dapat menggantikan kacamata Anda.

1. Softlens Hydrogel

Lensa hidrogel atau dikenal dengan nama softlens adalah plastik yang berbentuk seperti gel berbahan dasar air. Karena materialnya, salah satu dari macam – macam softlens ini sangat populer di kalangan para pemakai lensa kontak karena nyaman digunakan. Selain itu juga memerlukan waktu penyesuaian yang sedikit. Ada banyak merk softlens yang bagus yang bisa Anda pilih dengan memperhatikan tips membeli softlens dan tips memilih softlens yang benar.

2. Softlens Silicone Hydrogel

Macam – macam softlens terbaru ini mirip dengan versi terdahulunya, namun lebih sehat untuk mata. Hal ini disebabkan karena lebih banyak oksigen yang bisa masuk ke kornea mata selama pemakaian. Kotoran juga tidak mudah menumpuk dengan pemakaian lensa kontak jenis ini sehingga resiko iritasi dari mata yang kering semakin berkurang. Beberapa macam softlens silikon bahkan sudah ada yang dapat digunakan selama 30 hari,tetapi kebanyakan dokter mata tetap menyarankan agar Anda melepas lensa pada malam hari. Sebabnya karena kornea mata kekurangan oksigen ketika tidur, sehingga jika menggunakan lensa kontak akan menyebabkan resiko komplikasi serius meningkat. Lensa dari silikon biasanya tidak dapat digunakan oleh semua orang dan harus melalui konsultasi dengan dokter ahli jika Anda membutuhkannya.

3. Day To Day Softlens

Lensa yang dapat digunakan sehari – hari adalah yang paling murah diantara semua macam – macam softlens untuk cara mempercantik mata. Tetapi Anda perlu mensterilkannya seriap malam  dan ada banyak cara perawatan yang terlibat dengan jenis lensa ini. Anda perlu selalu menyediakan larutan lensa kontak khusus dan wadah untuk membawanya kemana – mana.

4. Extended Wear Softlens

Anda dapat menggunakan satu dari macam – macam softlens ini semalaman.  Cara memakai softlens jenis ini adalah tetap harus dilepaskan satu kali seminggu untuk membersihkan dan mensterilkannya. Lensa kontak jenis ini dapat dipakai terus menerus sejak 7 hari hingga 30 hari, dan setelah itu Anda harus melakukan cara membuka softlens baru. Perhatikan cara membedakan softlens kanan dan kiri ketika menggunakannya.

5. Disposable Softlens

Macam – macam softlens ini bisa digunakan setiap hari. Lensa kontak harian bisa dilepaskan pada penghujung hari. Ini dinamakan bentuk yang memerlukan perawatan minimal. Tetapi tetap bisa beresiko membutuhkan biaya banyak karena Anda membutuhkan sepasang softlens yang baru setiap hari. Anda akan perlu mempertimbangkan kenyamanan dan harganya. Lensa sekali pakai perlu dibuang setiap beberapa minggu, namun merupakan solusi terbaik bagi orang dengan alergi berat.

6. Softlens Berwarna

Lensa kontak berwarna juga merupakan peralatan medis seperti softlens bening, dan harus diperlakukan sama dengan jenis lensa kontak lainnya dalam hal perawatan dan pemakaian rutin. Softlens ini juga bisa digunakan dalam cara memakai softlens untuk mata sipit.

  • Visibility Tint – Lensa kontak jenis ini memiliki sedikit warna sehingga Anda bisa menemukannya jika jatuh. Warnanya tidak cukup untuk mempengaruhi warna mata Anda.
  • Enhancement Tint – Softlens jenis ini dapat merubah warna mata alami Anda menjadi lebih terang, dan warnanya sedikit lebih gelap daripada softlens yang berjenis visibility tint.
  • Color Tint – Softlens ini warnanya lebih gelap, buram dan bisa merubah warna mata pemakainya dengan warna khusus termasuk ungu, hijau dan warna kecubung.

7. Softlens Berdasarkan Kadar Air

The U.S. Food and Drug Administration (FDA) mengklasifikasikan softlens menjadi empat golongan di pasar Amerika Serikat. Softlens tersebut juga dikategorikan menjadi generasi pertama, generasi kedua dan generasi ketiga berdasarkan materialnya. Softlens yang memiliki material ramah air ini dikategorikan sebagai “Conventional Hydrophilic Material Groups” yaitu:

  • Group I : Kandungan air rendah dengan kandungan persentase kurang dari 50 %, non ionic.
  • Group II : Kandungan air tinggi lebih dari 50%, non ionic.
  • Group III: Kandungan air rendah kurang dari 50%, ionic.
  • Group IV: Kandungan air tinggi lebih dari 50%, ionic.

Ionic adalah kondisi dimana PH lensa berada di tingkat 6.0 – 8.0.

Tips Membeli Lensa Kontak

Ketika akan membeli macam – macam softlens, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelumnya:

  • Jangan membeli softlens jika kemasannya rusak. Pastikan kemasan masih tersegel rapi.
  • Berhati – hatilah ketika membeli softlens di internet, pastikan Anda membeli di toko online yang bereputasi baik yang bisa mengkonfirmasi resep dari dokter mata Anda dan yang menjual produk dengan merk bagus. Ketika Anda menerima pesanan, pastikan informasi yang tertera di kemasan sama dengan resep Anda.
  • Pastikan untuk menggunakan resep dari dokter mata yang kompeten. Resep biasanya hanya berlaku sampai satu tahun dari tanggal tertulisnya.
  • Jangan tergiur harga murah dan merk softlens yang tidak jelas hanya demi alasan penghematan yang bisa membawa resiko pada mata Anda.

Bahkan jika Anda tidak mengalami masalah dengan penglihatan, jangan membeli macam – macam softlens untuk keperluan kosmetik tanpa berkonsultasi dengan ahli mata profesional. Ada berbagai macam lensa kontak yang dijual untuk keperluan pertunjukan di internet, salon dan bahkan swalayan. Tetapi bahkan untuk lensa kosmetik seperti juga lensa yang diperlukan untuk koreksi penglihatan tetap memerlukan pemasangan oleh profesional dan harus diawasi dengan kunjungan berkala untuk mencegah infeksi mata dan masalah lainnya.