9 Merk Softlens Yang Bagus dan Berkualitas

Teknologi lensa kontak terus meningkat secara berkelanjutan dan sebagai hasilnya terdapat banyak jenis lensa kontak di pasaran saat ini. Memilih lensa kontak yang paling baik untuk kebutuhan Anda akan tergantung kepada berbagai faktor. Saat ini banyak merk softlens yang bagus menawarkan berbagai pilihan menarik. Anda bisa saja bermata biru hari ini, lalu memiliki mata coklat besok dengan bantuan softlens yang bagus. Anda bahkan bisa mengenakan lensa kontak sekali pakai. Untuk sebagian orang – orang yang mengalami masalah penglihatan, lensa kontak bisa lebih disukai daripada kacamata. Berikut ini adalah beberapa merk softlens yang bagus yang bisa menjadi pilihan Anda.

1. Newlook Charm 3 Tone

Softlens ini dikatakan cocok untuk pemula yang baru ingin mencoba memakainya. Ukuran kurva dasarnya sebesar 8,6 mm, diameter 14,2 mm dan kadar air sebesar 43%. Variasi warnanya ada coklat, abu – abu, biru dan hijau dengan kombinasi warna hitam di outer ring serta coklat di bagian inner ring. Dari semua varian warna yang ada, paling natural adalah warna coklat dan abu – abu. Sayangnya kadar air yang dimilikinya bisa membuat mata terasa kering dan perih dalam pemakaian selama beberapa jam saja. Menurut beberapa ulasan, jangka waktu pakainya selama enam bulan tetapi jika sudah dibuka kemasannya hanya dapat bertahan selama tiga bulan saja. Cara membedakan softlens kanan dan kiri dan cara memakai softlens yang benar juga perlu Anda ketahui agar tidak salah pemakaian.

2. FreshKon

Ini adalah salah satu merk softlens yang bagus untuk lensa kontak berwarna. Tipe yang paling laris adalah Alluring Eyes yang menyediakan empat shade berbeda. Ada juga jenis FreshKon Mosaic softlens bermotif dengan empat warna alami yang cocok untuk para pemula berukuran diameter 14,2 mm dan kadar air 55%, terbuat dari bahan hidrophilic, juga FreshKon Colors Fusion yang akan membuat mata tampak lebih cantik. Tips memilih softlens untuk pemula adalah dengan mencari yang kadar airnya cukup tinggi sehingga tidak membuat mata yang belum terbiasa menjadi iritasi.

3. Exoticon X2 Ice no. 8 The Nude Lens Hazel

Setiap softlens bisa menimbulkan efek yang berbeda – beda dengan coraknya masing – masing. X2 memiliki softlens dengan corak hazel alami dan tone lingkaran hitam yang dapat memberikan efek seperti mata bulat bayi. Tetapi diameter lensanya cukup lebar jika dibandingkan dengan softlens yang lain dan juga ukuran lensa 16mm sehingga bisa tampak kurang alami. Karena beberapa karakteristiknya tersebut maka softlens ini kurang cocok untuk penggunaan sehari – hari.

4. Freshlook Colorblends

Ini adalah merk softlens yang bagus dan aman dengan warna  – warna yang bagus untuk mata sipit dan bisa digunakan dalam cara memakai softlens untuk mata sipit. Ukuran kurva dasarnya sebeasar 8,6 mm dan diameter 14,5 mm, memiliki kadar air 55%. Pilihan warnanya pun cukup bervariasi sehingga bisa Anda gunakan bergantian dengan warna yang lainnya. Kadar airnya juga cukup tinggi sehingga mata tidak cepat kering, dan tersedia hingga mata minus 8. Tetapi masa pemakaiannya cukup pendek yaitu hanya satu bulan saja. Perhatikan cara membuka softlens baru yang benar agar tidak terkontaminasi sebelum digunakan.

5. Acuvue 2 Johnson & Johnson

Merk softlens yang bagus ini diklaim sebagai merk yang paling banyak digunakan di berbagai negara, tidak memiliki warna alias bening.  Diameternya hanya sebesar 14 mm untuk mata minus dan kurva dasarnya 8,3 mm – 8,7 mm. Kadar airnya tinggi yaitu 58% sehingga Anda tidak akan direpotkan dengan mata kering. Softlens ini juga mengandung UV protection yang dapat menjaga kelembapan pada mata dan melindungi mata dari radiasi sinar matahari yang berbahaya. Ada tiga pasang lensa kontak dalam satu kemasan, tetapi penggunaan tiap pasang lensa cukup singkat yaitu hanya dua minggu.

6. Biomedics

Softlens pada umumnya bahkan yang direkomendasikan oleh dokter memiliki spherical aberration, yaitu tidak mampu membuat lensa mata fokus pada cahaya di titik yang sama. Merk softlens yang bagus ini ditujukan untuk mempertajam fokus penglihatan pada mata minus tanpa spherical aberration tersebut sehingga sangat cocok untuk masalah mata minus yang tidak suka menggunakan kacamata. Harganya juga lebih terjangkau daripada Acuvue.

7. Bausch & Lomb for Astigmatism

Merk softlens yang bagus ini terbaik untuk digunakan pada mata yang silinder atau astigmatisme, dengan ukuran kurva dasarnya sebesar 8,5 mm dan berdiameter 14,5 mm. Kadar airnya cukup tinggi sebesar 66%, softlens ini memudahkan para pemilik mata silinder untuk menggunakan lensa kontak. Softlens ini mengandung alphafilcon dan Lo-Turque yang dapat memberikan kestabilan dan ketajaman penglihatan yang dibutuhkan mata silinder.

8. Bausch & Lomb BioTrue One Day

Merk softlens yang bagus ini memiliki kadar air sangat tinggi yaitu 78% yang cocok untuk mata kering, cocok sebagai rekomendasi tips membeli softlens untuk mata yang kering. Didesain dengan bio teknologi dan high definition optic yang akan memberikan kenyamanan super ketika digunakan oleh pemakainya dengan warna yang bening sehingga cocok untuk pemakaian sehari – hari. Ini adalah softlens sekali pakai yang terdiri dari 30 softlens sekali pakai dalam satu kemasan.

9. Gel Berry Black Choco

Kadar air dalam merk softlens yang bagus ini juga terhitung tinggi yaitu sekitar 55% sehingga membuat pemakainya sangat nyaman ketika menggunakannya. Merk ini cocok bagi para pemula karena kandungan air tinggi tersebut. Diameter lensa sebesar 14,5 mm dengan warna hitam dan coklat yang lembut dapat mempercantik mata secara alami dengan masa pemakaian enam bulan untuk cara mempercantik mata.

Lensa kontak adalah pilihan yang sempurna untuk hampir semua orang yang mengalami masalah pada penglihatan dan tidak suka menggunakan kacamata terus menerus atau tidak ingin melakukan operasi mata seperti LASIK. Namun walaupun sangat banyak merk softlens di pasaran, Anda tidak bisa sembarangan memilih berdasarkan harga murah saja. Memilih merk softlens yang bagus berarti memilih yang berharga lumayan karena harga biasanya juga menentukan kualitasnya. Karena itulah jangan sampai tergiur kepada harga murah dengan kualitas yang juga kurang baik, yang bisa menyebabkan resiko masalah pada mata Anda.