4 Tips Memilih Concealer Untuk Kantung Mata yang Hitam

Salah satu masalah terbesar yang kerap dihadapi oleh wanita ketika berdandan adalah bagaimana menyembunyikan lingkaran hitam atau kantung matanya. Lingkaran hitam bisa disebabkan karena banyak hal seperti alergi, faktor keturunan dan kurang tidur. Kebanyakan wanita akan mengaplikasikan concealer berwarna di bawah mata atau membubuhkan foundation ekstra. Namun mengikuti cara tersebut akan membuat mata tampak ‘cakey’ dan membuat garis halus serta keriput lebih terlihat. Concealer adalah salah satu produk paling penting dalam rutinitas make up Anda.

Tidak ada produk selain concealer yang dapat mengubah kulit secara dramatis, menutupi kantung mata dan pembuluh darah yang terlihat di bawah mata yang lelah. Menggunakan jenis produk yang tepat, mengetahui bagaimana cara bekerjanya dan bagaimana produk seharusnya diaplikasikan akan sangat membantu menutupi kantung mata Anda. Ketika Anda mengetahui bagaimana cara mengaplikasikannya dengan benar maka perubahan yang nyata akan terlihat, tetapi kesalahan pemakaian akan membuat make up juga tampak kacau.

Memilih Concealer yang Cocok

Seperti juga memilih foundation, pemilihan concealer juga membutuhkan sedikit pengetahuan daripada hanya sekedar feeling untuk memilih variasi yang Anda pikir bisa paling mendekati warna kulit Anda. Kenyataannya, memilih concealer yang paling cocok dikatakan lebih sulit daripada menemukan foundation yang cocok, karena ada berbagai tipe dari mulai color – correcting, brightening, cover – up dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa tips memilih concealer untuk kantung mata yang bisa Anda praktekkan ketika hendak membelinya.

1. Mencocokkan shade

Tips memilih concealer untuk kantung mata adalah dengan memilih dua warna lebih terang dari warna kulit asli Anda. Untuk pemula perlu diketahui tips perbedaan bb cream dan concealer agar tidak salah memilih. Kebanyakan wanita memerlukan warna dasar kuning dan bukan warna dasar pink karena warna dasar tersebut paling cocok dengan warna kulit apapun. Kecuali kulit hitam atau gelap yang akan tampak lebih baik dengan concealer berwarna dasar orange. Juga untuk menutupi jerawat, Anda perlu mengaplikasikannya setelah foundation dan tidak ingin titik jerawat menjadi terlihat. Anda juga bisa menggunakan fungsi concealer maybelline untuk kantung mata dan jerawat atau dalam cara membuat bibir tipis.

2. Memilih berbagai jenis concealer

Kebanyakan wanita menggunakan concealer untuk mencerahkan area di bawah mata dan sebagai tips memilih concealer untuk kantung mata. Concealer bukanlah formula  yang bisa cocok dalam sekali pakai saja dan Anda perlu memilih merk concealer yang bagus. Concealer yang berbeda akan berguna untuk masalah lain pula. Cocokkan concealer dengan jenis kulit Anda, misalnya merk concealer untuk kulit berminyak.

  • Under eye concealer – Jenis concealer ini sangat bagus untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata, karena itu Anda bisa memilih concealer yang reflektif terhadap cahaya, yang tidak dapat digunakan untuk menutupi kemerahan atau noda lainnya.
  • Correctors – Bekerja untuk menutupi kantung mata yang sangat ekstrem. Warna peach, orange dan pink bekerja dengan baik untuk menutupi warna gelap di bawah mata.

3. Mencobanya lebih dulu

Mencoba adalah salah satu tips memilih concealer untuk kantung mata. Concealer merupakan produk yang harus dicoba sebelum membeli, dan tidak direkomendasikan untuk membeli produk yang tidak dapat dikembalikan. Coba warnanya di area leher Anda dekat telinga. Warna concealer harus sedikit lebih terang daripada foundation. Jika terlalu terang, Anda bisa tampak belang. Untuk menutupi kantung mata, cara mengetes konsistensi dari concealer adalah dengan menepukkannya pada pembuluh darah yang terlihat di pergelangan tangan dalam. Jika warnanya dapat menutupi, maka warna itulah pilihan Anda. Concealer juga merupakan salah satu kosmetik yang membuat wajah tampak mengkilap namun tidak berminyak.

4. Memilih formula concealer

Tips memilih concealer utamanya tergantung pada macam apa yang cocok untuk kulit Anda dan kondisinya. Beberapa jenis concealer dilihat dari konsistensinya yaitu:

  • Liquid Concealer – Jenis ini adalah yang paling banyak kegunaannya, cocok untuk kulit normal, berminyak atau kombinasi. Mudah diaplikasikan dan dapat menutup secara ringan hingga penuh. Hasil akhirnya pun bervariasi mulai dari matte, dewy dan satin, juga tidak menyumbat pori, dan baik untuk kulit sensitif atau mudah berjerawat.
  • Cream Concealer – Bagi Anda yang memiliki tipe kulit kombinasi maka jenis ini akan bekerja dengan baik pada wajah Anda. Concealer krim akan menutupi secara medium hingga panuh dengan hasil creamy atau satin. Formula dan konsistensinya bagus untuk menghilangkan perubahan warna. Terkadang concealer cream bisa menjadi ‘pecah’ setelah berjam – jam, namun bisa dicegah dengan mengaplikasikannya menggunakan bedak padat.
  • Stick Concealer – Produk ini cocok untuk kulit yang sensitif dan kering, dapat memberikan hasil akhir seperti satin atau powdery matte finish. Manfaatnya bisa menutupi dari medium hingga penuh, antara lain untuk cara merapikan alis tanpa mencukur.

Concealer adalah alat yang paling efektif untuk menyembunyikan lingkaran hitam di bawah mata. Tips memilih concealer untuk kantung mata yang efektif adalah untuk memilih warna kuning pada kantung mata yang berwarna kebiruan. Jika Anda memiliki kantung mata yang berwarna kecoklatan, gunakan peach atau orange. Gunakan concealer berbahan gel untuk menghindari penggumpalan warna di sekitar mata. Pada jari manis Anda, tepuk – tepuk lapisan tipis concealer, perhatikan bagian ujung dalam mata. Tepuk dan sapukan dengan lembut sampai tercipta lapisan lembut yang seimbang di atas kantung mata Anda. Selalu gunakan concealer setelah menggunakan foundation dengan spons make up. Gunakan concealer sejumlah kecil saja dan hanya ketika dibutuhkan.