20 Cara Merawat Rambut Panjang Agar Sehat yang Paling Mudah

Sponsored Links

Sejak jaman dulu ada pendapat yang menyatakan kalau rambut panjang lebih disukai pada wanita, membuat seorang wanita menjadi lebih tampak feminin. Sepertinya telah melekat kesan dalam pandangan umum bahwa seorang wanita harus berambut panjang, sehingga banyak wanita yang mempertahankan rambut panjangnya atau berusaha untuk memiliki rambut panjang yang indah seperti dalam iklan shampo yang sering kita lihat di televisi dan media massa lainnya. Untuk memanjangkan rambut tentunya diperlukan waktu yang cukup lama dan kesabaran menunggu hingga panjangnya mencapai batas yang diinginkan.

Masalah Pada Rambut Panjang

Rambut panjang memerlukan perawatan ekstra agar terhindar dari masalah yang dapat mempengaruhi penampilan atau pertumbuhannya. Beberapa masalah yang bisa terjadi pada rambut panjang adalah:

  • Rontok

Masalah ini paling sering terjadi pada rambut yang panjang, apalagi jika rambut kurang dirawat dan mendapatkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhannya. Kurangnya nutrisi pada akar rambut membuat akar rambut tidak kuat menanggung bobot rambut yang panjang sehingga rambut sangat mudah rontok atau patah. Seringnya memakai ikat rambut juga akan berdampak buruk bagi rambut sehingga menjadi rontok, karena rambut terlalu sering ditekan dengan kuat.

  • Bercabang

Rambut bercabang bisa terjadi karena seringnya rambut patah sehingga ujung rambut menjadi kemerahan dan terbelah. Ini menandakan nutrisi dari kulit kepala juga tidak mencapai ujung rambut yang bercabang tersebut. Penyebab rambut bercabang juga bisa jadi karena kurangnya perawatan pada rambut.

  • Kusut

Ya, masalah rambut panjang adalah lebih mudah kusut daripada yang mempunyai rambut pendek, karena helai – helainya lebih panjang dan sangat mungkin terbelit satu sama lain sampai menjadi kusut. Terlebih jika rambut panjang ini jarang tersentuh sisir.

  • Sulit Dikeringkan

Setelah keramas, mengeringkan rambut panjang akan lebih sulit dari rambut pendek, karena waktu pengeringan akan lebih lama. Menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut panjang memang lebih cepat dan mudah, tetapi memicu masalah rambut karena rambut terlalu sering terkena panas tinggi.

  • Ketombe

Rambut panjang lebih rawan mengalami kelembaban atau minyak berlebih pada kulit kepala yang dapat memicu terbentuknya ketombe, apalagi jika sampo yang digunakan tidak cocok dengan kondisi rambut.

  • Kusam

Seperti halnya masalah rambut bercabang, rambut kusam juga disebabkan karena kurangnya nutrisi yang diterima rambut. Kurangnya perawatan pada rambut panjang akan menyebabkan rambut tidak terlihat hitam alami.

  • Beruban

Rambut putih yang tumbuh diantara helaian rambut panjang akan lebih sulit ditemukan, bahkan mungkin tidak terlihat sama sekali sehingga terlewat dari perawatan rutin Anda.

Sponsors Link

  • Tersangkut

Rambut panjang memang mempunyai resiko lebih besar untuk mengalami hal ini. Rambut bisa tersangkut dimana saja, dan membuat rambut beresiko mengalami kerusakan akibat tersangkut.

Bagi wanita yang berambut panjang,  sangat penting untuk melakukan perawatan yang rutin dan telaten supaya terhindar dari masalah – masalah rambut tersebut. Cara merawat rambut agar cepat panjang dan tumbuh dengan indah yang bisa dilakukan ada beberapa macam, seperti berikut ini:

1. Cuci Rambut

Manfaat cuci rambut setiap hari bagi Anda yang memiliki aktivitas tinggi untuk menjaga kebersihan rambut sangat penting agar dapat menghindari kotoran yang menumpuk di kulit kepala dan menyebabkan masalah ketombe. Tentu saja gunakan sampo dan conditioner yang cocok sehingga tidak akan makin merusak rambut. Manfaat conditioner rambut dapat membantu menjaga kondisi rambut agar tetap lembut.

2. Gunakan Pelembab Rambut

Cara merawat rambut panjang memerlukan tambahan pelembab khusus agar kondisinya selalu terjaga dan tidak menjadi kering. Salah satu cara mengatasi rambut kering adalah dengan menggunakan manfaat susu untuk rambut yang bisa melembabkan. Rambut kering juga akan terasa kasar jika diraba. Minyak zaitun dapat menjadi cara melembutkan rambut agar rambut panjang Anda tergerai indah dan tidak kasar serta kering.

3. Keringkan Tanpa Hair Dryer

Jika memungkinkan, keringkan rambut setelah keramas tanpa memakai hair dryer. Gunanya untuk meminimalkan frekuensi rambut yang dapat rusak jika terlalu sering terkena panas tinggi. Hindari juga menggosok rambut terlalu keras ketika mengeringkan, karena dapat membuat rontok. Tepuk tepuk saja rambut yang basah, gunakan handuk yang agak tebal untuk membungkusnya setelah keramas.

4. Kurangi Pemakaian Alat Styling Rambut

Sama dengan pemakaian hair dryer, alat styling rambut juga mengandalkan suhu tinggi untuk membantu menata rambut. Jika memungkinkan pula, hindari pemakaian alat ini terlalu sering.

5. Potong Rambut Berkala

Tujuan dari pemotongan rambut ini adalah untuk menghindari masalah rambut bercabang yang biasa timbul pada rambut panjang. Potong ujung rambut Anda sebanyak beberapa centimeter setiap 2 atau 3 bulan sekali. Sebaiknya memotong rambut kepada ahlinya agar hasil potongan tetap rapi dan enak dilihat.

Perawatan Rambut Panjang Dengan Masker

Manfaat hair mask untuk rambut sangat sarana perawatan rambut untuk Anda yang ingin merawat rambut sendiri di rumah. Ada berbagai macam bahan alami yang dapat digunakan sebagai campuran masker rambut, yaitu:

1. Masker Pepaya dan Masker Pisang

Buah tropis yang berwarna oranye ini mempunyai banyak manfaat untuk rambut seiring kandungan vitaminnya yang banyak. Untuk pembuatan masker rambut, pepaya dapat dicampur dengan buah pisang yang juga mempunyai kandungan gizi serta vitamin yang tinggi. Manfaat pepaya untuk rambut serta manfaat pisang untuk rambut dapat mengatasi kerontokan, ketombe, menghitamkan rambut, memperkuat akar dan banyak lagi. Caranya dengan mencampurkan pepaya dan pisang dalam blender, lalu haluskan dan gunakan pada rambut. Setelah kurang lebih 15-20 menit, bilaslah menggunakan sampo sampai bersih.

2. Masker Telur

Manfaat telur untuk rambut adalah sebagai masker rambut yang dapat memelihara keindahan rambut dan pertumbuhannya. Karena bau telur yang amis, gunakan seperlunya saja sesuai panjang rambut. Kocok telur, campurkan dengan air, lalu pakaikan ke seluruh rambut dan kepala. Setelah kurang lebih 10 menit atau yang dirasa cukup, bilas dengan sampo hingga bau amisnya hilang.

3. Masker Almond

Manfaat almond untuk rambut antara lain menjaga kesehatan kulit kepala, mengatasi rontok, dan memberi kilau pada rambut. Untuk cara merawat rambut panjang, yang digunakan adalah perawatan dengan minyak almond yang sudah terbukti khasiatnya sangat baik bagi rambut. Oleskan saja minyak almond pada rambut mulai dari akar hingga ujung, biarkan beberapa menit sambil dipijat perlahan lalu bilas sampai bersih sambil di keramas. Bisa dilakukan 1-2 kali seminggu.

4. Masker Alpukat

Alpukat atau avokad mempunyai manfaat yang sangat baik bagi rambut karena kandungan nutrisinya yang kaya akan vitamin. Manfaat avokad untuk rambut akan membuat rambut terjaga kesehatan, kelembaban, melindungi dari sinar matahari, mengatasi rambut bercabang dengan memberi nutrisi ke akar rambut bila digunakan sebagai masker. Caranya dengan menghaluskan daging buah alpukat yang sudah matang dengan diblender, lalu aplikasikan ke seluruh rambut mulai akar hingga ujung. Jangan lupa pijat perlahan. Biarkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan sampo hingga bersih.

5. Masker Lidah Buaya

Ingin mempunyai rambut panjang yang hitam legam, halus dan bebas rontok serta ketombe, gunakan saja lidah buaya atau aloe vera sebagai masker. Semua hal tersebut adalah sebagian dari manfaat aloe vera untuk rambut. Tidak susah pula cara memakainya. Ambil saja sebatang tanaman lidah buaya segar, kupas dan potong hingga terlihat gelnya. Pakai gel tersebut di kulit kepala sampai ujung rambut secara merata.

6. Masker Urang Aring

Manfaat urang aring untuk rambut dikenal sejak jaman dulu untuk menghitamkan rambut dan mengatasi rambut beruban. Jika ingin rambut panjang Anda hitam dan berkilau, masker urang aring adalah pilihan yang tepat. Minyak urang aring dapat dipakai sebagai masker untuk merawat rambut.

7. Masker Daun Waru

Ada produsen kosmetik yang menggunakan daun waru sebagai bahan utama pada salah satu produk samponya. Hal ini karena khasiat daun waru yang mengandung banyak protein berguna bagi rambut. Cara membuat masker daun waru untuk rambut ada pada artikel manfaat daun waru untuk rambut.

8. Masker Ampas Kopi

Jika anda terbiasa meminum kopi, sehabis diminum jangan buang ampas kopinya. Ampas ini berguna untuk membersihkan kulit kepala dari kotoran yang sulit hilang. Manfaat ampas kopi untuk rambut didapat dengan menggosokkan ampas kopi ke kulit kepala sambil dipijat perlahan. Setelah dirasa cukup, lalu bilas rambut hingga bersih.

Perawatan Rambut di Salon

Sebagian wanita lebih suka melakukan perawatan rambut di salon karena tidak ingin repot membuat sendiri ramuan untuk masker rambut. Jenis perawatan rambut di salon yang cocok untuk memelihara rambut panjang juga ada beberapa macam, misalnya:

1. Hair Mask

Prosesnya mirip dengan proses memakai masker rambut di rumah, hanya saja bahan yang digunakan di salon telah diproduksi dengan ramuan tertentu agar tahan lama.

2. Creambath

Setiap wanita pasti sedikitnya telah mencoba sekali proses creambath di salon. Perawatan rambut ini menggunakan cream khusus yang biasanya disertai sedikit pijatan pada kulit kepala.

3. Hair Spa

Proses hair spa hampir sama dengan creambath, tetapi menggunakan steamer untuk menguapi kulit kepala. Hasil perawatannya lebih lembut daripada creambath.

4. Hair Smoothing

Hair smoothing bertujuan untuk melembutkan rambut dengan menggunakan bahan kimia. Bagi yang memiliki rambut panjang dan ingin rambut lembut seperti para model iklan sampo, bisa melakukan perawatan ini di salon pilihan Anda. Cara merawat rambut smoothing agar tahan lama juga harus diperhatikan agar terhindar dari bahaya smoothing rambut.

5. Hair Rebonding

Rebonding adalah cara untuk meluruskan rambut melalui pemakaian bahan kimia. Rambut yang disebut sebagai mahkota wanita ini berbeda – beda bentuk, tekstur, dan panjangnya pada setiap orang. Rambut panjang pun ada yang lurus alami, bergelombang atau keriting. Wanita yang ingin rambut panjangnya lurus dapat mencoba teknik perawatan ini. Yang perlu diperhatikan sebelumnya adalah harus mengetahui cara merawat rambut rebonding agar awet dan tidak mengalami bahaya rebonding rambut yang bisa merusak kondisi rambut.

6. Hair Extension

Bagi wanita yang enggan menunggu lama untuk memanjangkan rambut, sekarang telah tersedia teknik Hair Extension atau cara menyambung rambut agar menjadi lebih panjang dalam waktu singkat. Caranya dengan menyambungkan rambut sintetis ke rambut asli sesuai panjang yang diinginkan. Menggunakan metode ini juga harus mengetahui cara merawat rambut extension yang benar, agar tidak sampai mengalami bahaya hair extension yang bisa ditimbulkan oleh perawatan yang salah.

Setiap orang pasti mempunyai selera dan kebutuhan yang berbeda, karena itu sesuaikan jenis perawatan rambut panjang Anda dengan kondisi rambut dan kebutuhan Anda pribadi. Sebagian orang ada yang merasa kurang nyaman dengan jenis perawatan di salon, maka bisa memilih perawatan alami di rumah dan juga sebaliknya. Sedikit saran untuk Anda, sebaiknya hindari terlalu sering merawat rambut dengan bahan kimia, karena justru dapat memancing timbulnya kerusakan pada rambut akibat penggunaan bahan kimia tersebut.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Thursday 21st, July 2016 / 06:12 Oleh :
Kategori : Rambut