Categories
Kulit

8 Alasan Kenapa Kulit Kuku Mengelupas dan Kering

Perawatan kulit yang layak tidak hanya sekedar mengecat dan mengikir kuku saja, namun juga termasuk bagaimana merawat kutikula Anda. Pengelupasan kutikula tidak hanya merusak penampilan kuku yang sudah dimanikur. Walaupun Anda sudah melakukan perawatan kuku yang benar dan teratur, kutikula yang mengelupas sepertinya akan tetap muncul kapan saja. Tidak seorangpun menyukai penampilan kulit yang retak – retak dan mengelupas, terutama terjadi pada bagian kutikula kuku.

Penampilan kuku yang kurang rapi akan mempengaruhi juga kepada kesan yang akan ditampilkan kepada orang lain. Oleh sebab itu kondisi kulit kuku mengelupas akan menjadi masalah yang cukup tidak menyenangkan dalam keseharian seseorang. Kulit kuku yang mengelupas juga bisa menjadi menyakitkan khususnya ketika Anda menggunakan tangan untuk makan atau ketika terkena air. Jika tidak diobati, kondisi pengelupasan tersebut dapat berkembang menjadi masalah lain.

Penyebab Pengelupasan Kulit Kuku

Kulit di sekeliling kuku atau kutikula berperan sebagai penutup yang rapat antara kulit dan lempengan kuku untuk mencegah masuknya bakteri, virus dan jamur. Jika kutikula kering, maka akan terangkat dan kuku bisa terkena infeksi. Kenapa kulit kuku mengelupas bisa terjadi karena banyak alasan, yang berasal dari kebiasaan sehari – hari Anda atau bagaimana cara Anda merawat kuku. Berikut ini adalah sejumlah alasan kenapa kulit kuku mengelupas:

1.Faktor lingkungan

Kulit kita kerap terekspos terhadap berbagai elemen eksternal dalam kesehariannya yang dapat mempengaruhi hidrasi pada kulit. Kulit kutikula mengalami lebih banyak masalah dengan banyak faktor lingkungan yang menjadi salah satu faktor pemicu paling umum untuk masalah kulit kering dan mengelupas. Faktor lingkungan adalah faktor eksternal yang mungkin saja atau tidak dapat Anda kontrol.

2. Kulit kering

Seringkali kulit kering merupakan penyebab dari kenapa kulit kuku mengelupas. Kulit yang kering biasanya lebih jelas terjadi selama musim – musim dingin. Begitu juga dengan kulit kering yang didapatkan karena keturunan, sering mandi air panas atau menggunakan sabun yang berbahan kimia keras. Kulit yang kering juga menunjukkan gejala gatal, pecah – pecah, memerah, terasa kencang atau meregang. Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan sabun yang lembut dan juga pelembab untuk tangan, serta hindari mencuci tangan dengan air panas. Untuk mencegah kulit kuku kering, lakukan cara merawat kuku agar tidak mudah rapuh, cara merawat kuku agar tidak kuning, dan cara merawat kuku agar cepat panjang dengan produk perawatan kuku yang bagus dan aman.

3. Terlalu sering mencuci tangan

Mencuci tangan secara berlebihan bisa menjadi alasan kenapa kulit kuku mengelupas. Mencuci tangan dengan sabun berulang – ulang dapat menghilangkan lapisan pelindung di permukaan kulit. Hal ini dapat menyebabkan sabun menyerap ke lapisan – lapisan sensitif pada kulit sehingga teriritasi dan mengelupas. Untuk mencegah ujung jari Anda mengelupas, pastikan untuk mencuci tangan hanya ketika diperlukan dan gunakan produk yang lembut bagi kulit.

4. Produk kimia

Beberapa produk menambahkan bahan kimia ke dalamnya, seperti pada pelembab, sabun, sampo, dan produk kecantikan lainnya yang dapat menyebabkan iritasi di ujung jari tangan. Bahan – bahan kimia tersebut antara lain pewangi buatan, zat antibakteri, pengawet, dan lain sebagainya. Anda mungkin hanya akan bereaksi terhadap sebagian zat saja, karena itu perlu dilakukan tes untuk memastikan reaksi tubuh terhadap bahan tertentu.

5. Sinar matahari

Kulit yang lama terpapar sinar matahari akan terbakar dan menyebabkan kulit terasa hangat dan lunak ketika disentuh, serta tampak berwarna merah atau pink. Gejala yang akan timbul beberapa hari kemudian adalah kulit yang mengelupas, antara lain di kuku tangan. Cara satu – satunya untuk menghindari kulit tangan terbakar matahari adalah menggunakan lotion tabir surya pada tangan Anda.

6. Alergi

Kenapa kulit kuku mengelupas bisa juga disebabkan oleh alergi. Kulit di ujung kuku Anda bisa saja mengelupas jika Anda memiliki alergi terhadap sesuatu yang berkontak atau disentuh dengan tangan, misalnya perhiasan murah yang mengandung nikel, alergi lateks, dan lain sebagainya. Anda dapat mencoba cara memutihkan kuku dengan jeruk nipis, cara mengkilapkan kuku dengan pasta gigi sebagai cara merawat kuku panjang.

7. Kekurangan atau kelebihan vitamin

Kulit juga dapat mengelupas ketika Anda kekurangan atau kelebihan asupan vitamin tertentu, misalnya vitamin A atau vitamin B3. Kondisi ini juga disertai dengan gejala lain seperti mual, pusing, sakit kepala, kelelahan. Jika kulit kuku Anda mengelupas diikuti dengan berbagai gejala tersebut, segeralah berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui penyebabnya.

8. Penyakit kulit

Peradangan pada kulit seperti atopic dermatitis juga dapat menyebabkan timbulnya eksim di tangan. Eksim ini tampak sebagai kulit yang teriritasi, mengelupas, tampak memerah, pecah – pecah, gatal, dan lunak ketika disentuh. Walaupun kemungkinan penyebab eksim tangan adalah ekspos terhadap bahan kimia atau zat tertentu, susunan genetika seseorang juga bisa berperan. Selain itu, penyakit seperti psoriasis juga dapat menyebabkan kulit kuku mengelupas.

Secara umum, kenapa kulit kuku mengelupas adalah disebabkan karena faktor lingkungan sehingga pengobatan dari rumah untuk menjaga kulit tetap lembab, dan mengikuti berbagai tindakan pencegahan sudah dapat membantu. Misalnya, menggunakan lotion tangan atau sarung tangan setiap kali Anda beraktivitas atau bersentuhan dengan bahan yang membuat kulit iritasi. Pastikan juga asupan air minum yang cukup untuk tetap membuat tubuh terhidrasi, menjaga menu makanan dengan buah – buahan dan sayuran bergizi. Walau bagaimanapun, jika kondisi kulit kuku memburuk dan menunjukkan berbagai gejala yang lebih dari sekedar kulit mengelupas, sebaiknya Anda segera menemui dokter untuk pengobatan.