11 Penyebab Kulit Bintik Merah – Gatal – Mengelupas

Kulit merupakan bagian tubuh yang paling sering terkena zat asing dan juga sebagai pembuangan kotoran lewat keringat dari dalam tubuh. Dari sekian banyak gangguan kulit, timbulnya bintik merah menjadi salah satu gangguan kulit yang sering terjadi baik pada anak anak dan juga orang dewasa dengan rasa gatal dan juga tentunya sangat mengganggu. Lalu, apa saja sebenarnya penyebab kulit bintik merah tersebut?, silahkan simak ulasan kami kali ini untuk menemukan jawaban selengkapnya.

  1. Biang Keringat

Biang keringat yang dalam istilah kedokteran dinamakan dengan miliria ini tidak hanya bisa terjadi pada bayi namun juga bisa terjadi pada orang dewasa khususnya saat cuaca sedang sangat panas. Biang keringat ini bisa terjadi karena keringat yang menumpuk di bawah kulit dan tidak bisa dikeluarkan. Sedangkan untuk tanda dan gejalanya cukup bervariasi seperti timbul ruam di lapisan atas kulit yang terkadang berisi cairan dan menimbulkan lesi dan penyebab wajah gatal. Gangguan kulit penyebab bintik merah ini umumnya bisa sembuh dengan sendirinya namun juga berpotensi menyebar dan bertambah parah tergantung dari bagaimana cara perawatan yang digunakan.

  1. Infeksi Jamur

Infeksi jamur atau candidiasis juga menjadi salah satu penyebab kulit berbintik merah dan juga penyebab muka kasar dan berbintik. Sebenarnya, bakteri dan juga jamur yang ada di permukaan kulit tidaklah berbahaya dan dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan kulit. Akan tetapi jika pertumbuhan jamur dan juga bakteri tidak terkendali, maka bisa menyebabkan infeksi jamur yang bisa menyebabkan bintik merah pada permukaan kulit, terasa gatal dan juga perih saat digaruk.

  1. Scabies

Scabies atau kudis bisa terjadi karena kutu sarcoptes scabiei var. hominis yang hidup dan bertelur pada permukaan kulit. Gejala umum yang ditimbulkan dari gangguan kulit ini diantaranya adalah rasa gatal, penyebab kulit mengelupas di sekitar hidung, timbul bintik merah pada kulit seperti jerawat yang bisa menyebar dan menular dari satu orang ke orang lain. Beberapa area tubuh yang sering terkena scabies diantaranya adalah area ketiak, di bagian bawah payudara, selangkangan, sudut mulut dan juga sela jari karena tidak menjaga kebersihan.

  1. Sipilis

Sipilis merupakan jenis penyakit menular yang terjadi karena treponema pallidum dari aktivitas seksual baik oral maupun anal dan juga terkena cairan seseorang yang sudah terinfeksi di area kulit terbuka. Beberapa gejala yang ditimbulkan dari sipilis ini selain timbul bintik merah adalah bisa berkembang menjadi luka berukuran kecil dan menimbulkan rasa nyeri dan penyebab kulit tangan mengelupas. Sipilis ini biasanya terjadi di area alat kelamin dan juga sekitar mulut yang bisa sembuh sendiri selama 6 minggu tanpa membutuhkan perawatan namun akan meninggalkan bekas luka.

  1. Dermatitis Atopik

Dermatitis atopik yang juga menjadi penyebab bintik merah pada kulit ini menjadi masalah kulit yang umum terjadi di beberapa bagian seperti tungkai, leher, pergelangan kaki, penyebab wajah kusam, tangan, tubuh bagian atas dan juga kaki. Penyebab utama dari dermatitis atopik ini masih belum diketahui pasti, namun ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan dermatitis atopik ini terjadi seperti kelainan imun tubuh, kulit kering dan mudah teriritasi.

  1. Alergi

Pada umumnya bintik merah pada kulit akan terjadi sesudah menggunakan beberapa bahan tertentu dari kosmetik, obat obatan, pakaian dan juga makanan sebagai penyebab alergi kulit wajah. Semua bahan yang berinteraksi dengan kulit tersebut nantinya akan menimbulkan alergi yang kemudian menyebabkan bintik merah terjadi di seluruh badan.

  1. Iritasi

Hampir sama seperti alergi, iritasi juga bisa menyebabkan timbulnya bintik merah pada kulit. Proses terjadinya iritasi ini membutuhkan beberapa kali kontak dan juga konsentrasi zat dengan kadar tertentu yang akhirnya membuat kulit tidak tahan terhadap iritasi tersebut. Iritasi kulit akan diawali dengan timbulnya bintik merah di permukaan kulit yang kemudian menyebabkan rasa perih dan menjadi penyebab kulit tangan kering.

  1. Iklim

Cuaca yang terlalu kering atau terlalu dingin juga bisa mengakibatkan terjadinya bintik merah pada permukaan kulit. Kulit nantinya akan kehilangan kelembaban dan bahkan dalam beberapa studi kasus membuktikan jika bintik merah pada wajah bisa terjadi sesudah mandi dengan air hangat saat musim dingin.

  1. Tidak Menjaga Kebersihan

Beberapa kebiasaan buruk yang tidak memperhatikan kebersihan seperti memakai baju kotor atau tidak pernah dicuci juga bisa menyebabkan timbulnya bintik merah pada permukaan kulit. Selain menimbulkan bintik kemerahan, kebiasaan buruk ini juga bisa menyebabkan iritasi dan peradangan sebab pakaian kotor akan menjadi lahan subur kuman untuk berkembang biak. Apabila tidak segera diatasi, maka nantinya bisa menyebabkan infeksi yakni impetigo dan juga bisul penyebab kulit kaki mengelupas.

  1. Terpapar Sinar Matahari Langsung

Bintik merah kulit juga bisa terjadi karena aktivitas terlalu lama dibawah terik matahari sehingga kulit nantinya akan terpapar sinar ultraviolet terlalu lama. Hal tersebut nantinya bisa menyebabkan kulit menjadi merah, penyebab wajah terasa panas, nyeri dan juga timbul rasa sakit.

  1. Rosacea

Rosacea adalah salah satu gangguan kulit penyebab timbul bintik merah yang biasanya terjadi di beberapa area tubuh seperti hidung, dahi dan juga bibir. Rosacea menyebabkan timbulnya benjolan berisi nanah yang juga terkadang terjadi di kaki dan terisi dengan nanah penyebab alergi kulit wajah. Meski penyebab dari rosacea sendiri belum diketahui, namun beberapa ahli menduga jika mengkonsumsi obat obatan, minum minuman beralkohol, mandi dengan suhu air yang tinggi, paparan sinar matahari, stress tinggi dan mengkonsumsi makanan pedas bisa menyebabkan rosacea terjadi.

Demikian ulasan dari kami kali ini tentang beberapa penyebab kulit bintik merah yang penting untuk diketahui. Agar bisa terhindar dari masalah kulit ini, anda bisa mengkonsumsi berbagai makanan sehat, menjaga kebersihan tubuh dengan baik sekaligus menjauhi beberapa aktivitas buruk yang bisa memicu terjadinya bintik merah di permukaan kulit.