5 Cara Membersihkan Bulu Mata Palsu Agar Bisa Dipakai Lagi

Selain efek tanam bulu mata, penggunaan bulu mata palsu juga sudah sering dilakukan untuk memberi penampilan yang jauh berbeda pada mata. Sepasang bulu mata palsu yang tepat bisa meningkatkan dan menonjolkan penampilan mata Anda. Bulu mata Anda bisa terlihat sangat penuh dan dramatis tergantung pada model bulu mata palsu yang dipilih. Bulu mata palsu terkadang bisa menjadi barang yang berharga tinggi, jadi Anda mungkin akan ingin dapat menggunakannya lebih dari sekali. Sebenarnya cara membersihkan bulu mata palsu bisa cukup mudah untuk menyingkirkan gumpalan maskara dan lem yang lengket, hingga membuatnya tampak baru seperti ketika Anda membelinya dulu.

Menurut para ahli kecantikan, sepasang bulu mata palsu dapat digunakan untuk beberapa kali pemakaian, maksimal dua atau tiga kali. Mengetahui bagaimana cara membersihkan bulu mata palsu Anda tanpa merusaknya bisa memperpanjang usia bulu mata palsu Anda dan menghemat pengeluaran. Mungkin Anda telah mengalami bagaimana sulitnya membersihkan bulu mata palsu tanpa bimbingan yang benar. Jika Anda ingin menggunakan ulang bulu mata Anda, ada beberapa macam cara praktis yang bisa dilakukan.

Bagaimana Membersihkan Bulu Mata Palsu Untuk Digunakan Ulang

Bahkan bulu mata palsu termahal milik Anda membutuhkan cara perawatan yang baik agar tampak dan terasa segar. Cara pertama untuk mencabutnya adalah dengan mengugnakan bantuan pembersih make up bebas minyak daripada mencabutnya langsung begitu saja dari mata Anda. Berikut ini adalah beberapa cara membersihkan bulu mata palsu yang sudah teruji dan digunakan:

1.Sabun Cair Pencuci Piring

Anda akan membutuhkan sabun cair untuk cuci piring, mangkuk, air panas, handuk kertas dan tongkat maskara bersih dan pinset. Tuangkan air panas secukupnya kedalam mangkuk dan tambahkan satu sendok teh sabun cair pencuci piring dan campur merata. Tempatkan bulu mata dalam larutan ini selama 15 detik.Keluarkan dan gunakan pinset untuk menarik sisa kotoran apapun dengan lembut. Bilas dengan air hangat, dan keringkan dengan handuk kertas. Jika bulu mata lengket, gunakan tongkat maskara bersih untuk menyikatnya. Ketika sudah kering, gunakan pinset untuk menempatkannya kembali di box.

2. Alkohol

Anda membutuhkan sejumlah alkohol gosok, wadah kaca, kapas, pinset, handuk kertas dan tongkat maskara bersih. Tuangkan sedikit alkohol dalam wadah kaca cukup untuk menenggelamkan bulu mata sepenuhnya. Tempatkan bulu mata dalam alkohol selama dua menit lalu gunakan kapas untuk mengusap kotoran dengan lembut. Taruh bulu mata ke atas handuk kertas agar mengering, gunakan tongkat maskara jika masih tampak ada gumpalan. Gunakan pinset untuk menaruhnya kembali di dalam boks. Ada cara memanjangkan bulu mata dengan kapas dan cara memanjangkan bulu mata dengan vaseline yang bisa Anda coba selain menggunakan bulu mata palsu.

3. Pembersih Makeup Mata

Siapkan pembersih mata bebas minyak, mangkuk kaca, kapas, handuk kertas dan pinset. Tuangkan sejumlah kecil pembersih mata ke dalam mangkuk dan tempatkan bulu mata di dalamnya selama 2-3 menit.Ketika Anda memindahkannya, tempatkan ke atas handuk kertas agar mengering. Gunakan kapas untuk menghilangkan sisa kotoran, gunakan pinset untuk menarik sisa lem dan tempatkan ke dalam box dengan pinset ketika sudah kering. Ketahui perbedaan tanam bulu mata dan sambung bulu mata , juga efek samping keriting bulu mata jika Anda ingin mencari alternatif untuk mempercantik penampilan mata.

4. Minyak Kelapa

Manfaat tambahan minyak kelapa untuk cara membersihkan bulu mata palsu Anda adalah bahwa mereka bisa dibersihkan bahkan ketika sedang dipakai. Siapkan extra virgin coconut oil, handuk kertas dan kapas serta pinset. Tempatkan bulu mata bekas di handuk kertas, lalu celupkan kapas ke dalam minyak kelapa dan gosokkan pelan ke bulu mata. Hilangkan sisa kotoran apapun dengan pinset dan keringkan dengan handuk kertas dengan ditekan – tekan perlahan. Simpan ketika sudah bersih. Anda juga dapat menggunakan serum penumbuh bulu mata dan lem bulu mata yang bagus untuk melekatkan bulu mata palsu.

5. Sampo Bayi

Siapkan sampo bayi ringan, air hangat , kapas, handuk kertas dan pinset untuk cara membersihkan bulu mata palsu. Cairkan sampo sebanyak satu sendok teh ke dalam seperempat cup air hangat. Tempatkan bulu mata dalam larutan ini dan biarkan terendam selama 2 menit. Serap sisa air dengan handuk kertas, dan gunakan pinset untuk menghilangkan sisa kotoran. Simpan kembali agar bentuknya tidak berubah.

Tips Membersihkan Bulu Mata Palsu

Sangat penting untuk mencuci tangan Anda dengan sabun antibakteri sebelum menyentuh bulu mata palsu untuk mencegah kuman atau kotoran dari tangan masuk ke mata Anda.

  • Ketika sedang memindahkan bulu mata palsu, jangan gunakan terlalu banyak kekuatan untuk menariknya. Cara ini akan merusak bulu mata dan juga mencabut bulu mata asli Anda. Rendam sedikit pembersih mata pada kapas dan bubuhkan pada lem, agar bulu mata lepas dengan mudah.
  • Paling baik menyimpan bulu mata Anda dalam kotaknya diantara pemakaian. Bentuk cekungnya akan menjaga bentuk bulu mata dengan mudah agar tetap melengkung alami.
  • Jangan menggunakan bahan kimia keras langsung pada bulu mata ketika sedang dipakai. Mata dan area sekitarnya akan terkena dan sangat sensitif.
  • Menggunakan bulu mata palsu selama waktu panjang bisa merusak folikel rambut bulu mata asli dan menyebabkan kerontokan permanen. Penting untuk memberi bulu mata penampilan alami dan istirahat dari segala jenis make up atau lem sesekali.
  • Selalu copot bulu mata palsu sebelum tidur malam. Anda bisa terkena infeksi jika tidur dengan menggunakannya karena mengalami iritasi mata yang diakibatkan lem bulu mata.

Bulu mata palsu adalah investasi yang bagus untuk kecantikan Anda khususnya jika bisa digunakan untuk beberapa kali waktu ekstra. Dengan perawatan yang benar dan sedikit usaha untuk cara membersihkan bulu mata palsu, tidak akan terlalu susah untuk dilakukan. Tentu saja Anda bebas untuk memilih menggunakan bulu mata palsu semaksimal mungkin hingga perlu diganti atau justru memilih untuk menggunakan yang baru setiap kali diperlukan. Perlu diperhatikan adalah agar keperluan untuk penampilan kecantikan Anda tidak mengganggu kondisi keuangan Anda juga, atau memaksakan menggunakan bulu mata palsu yang sudah rusak atau tidak dibersihkan dengan benar karena beresiko merusak kesehatan mata.