9 Cara Menghilangkan Cat Rambut Di Kulit Wajah Dengan Cepat

Mendapatkan warna cat rambut baru selalu merupakan kegiatan yang menarik, namun proses pengecatan rambut di rumah seringkali menjadi suatu proses yang tidak rapi. Terkadang kita tidak melakukan cara mengecat rambut serapi dan sebaik yang seharusnya. Cat rambut memang biasanya akan menodai kulit di sepanjang garis rambut Anda atau bagian wajah yang lainnya dan hal tersebut tidak dapat dihindari walaupun Anda sudah mengecat rambut dengan sangat berhati – hati.

Akibatnya kita dapat berakhir dengan noda – noda cat rambut jelek dan memalukan di kulit wajah. Kondisi seperti ini tentunya bisa menyulitkan karena siapa yang ingin tampak di depan umum dengan coreng moreng cat rambut di wajahnya? Belum lagi bahaya cat rambut berupa resiko alergi yang mungkin dihadapi jika cat rambut menempel di kulit wajah. Walaupun demikian, kebanyakan cat rambut komersial  yang bisa digunakan di rumah bisa dihilangkan dari kulit dengan beberapa produk yang ada di rumah, jadi masalah ini tidak seberat dugaan Anda.

Membersihkan Cat Rambut Di Wajah Anda

Untungnya, ada banyak cara untuk menghilangkan noda cat tersebut dari wajah. Berikut ini adalah cara menghilangkan cat rambut di kulit wajah dengan beberapa tips yang mudah dan cepat yang akan menghapus tanda – tanda cat rambut rumahan Anda, juga menghindarkan bahaya cat rambut pada kuku yang bisa meresap ke kulit atau tertelan ketika makan.

1. Petroleum Jelly

Pertimbangkan Vaseline sebagai tips untuk menghindari cat rambut yang menempel di kulit. Usapkan sedikit di sekitar garis rambut sebelum mewarnai rambut Anda. Petroleum Jelly akan bertindak sebagai pelindung untuk kulit, memastikan bahwa cat tidak mudah menetes tanpa diharapkan. Hindari pengaplikasian di area dimana Anda ingin cat tersebut menempel. Ada pula manfaat vaseline untuk alis dan cara memanjangkan bulu mata dengan vaseline.

2. Pasta Gigi

Tips berikutnya untuk cara menghilangkan cat rambut di kulit wajah adalah dengan menggunakan odol. Anda dapat menggunakan odol yang tidak berbahan gel. Kemampuan odol membersihkan cat rambut dari kulit berasal dari bahan yang ada didalamnya yaitu baking soda. Gosokkan sedikit pasta gigi pada area kulit wajah yang terkena cat dengan jari tangan. Anda juga dapat menggunakan waslap untuk mempercepat penghapusan cat, atau sikat gigi dengan bulu lembut. Cara mengkilapkan kuku dengan pasta gigi juga dapat Anda lakukan dengan cara ini sekaligus.

3. Sampo

Bubuhkan sampo secukupnya pada selembar kapas, Anda dapat menggunakan sampo apa saja untuk keperluan ini walaupun sampo clarifying bisa bekerja paling efektif. Cara ini akan bekerja paling baik pada noda cat yang masih segar jadi sebaiknya gunakan segera setelah selesai mengecat rambut. Gosokkan kapas bersampo pada noda, lalu lap dengan waslap yang telah dibasahi air. Pastikan wajah telah bersih dari sampo dengan waslap setelahnya.

4. Baby Oil

Gosokkan baby oil dalam jumlah agak banyak pada area wajah yang bernoda, namun jangan menggosok sampai menetes. Biarkan baby oil di kulit wajah selama paling tidak 8 jam. Tutupi area noda agar tidak mengenai bantal atau pakaian Anda. Bilas dengan air hangat dan pembersih wajah ringan setelah 8 jam menggunakan tangan atau waslap lembut.

5. Baking Soda dan Sabun Cuci Piring

Campur baking soda dalam jumlah yang sama dengan sabun cuci piring dalam satu mangkok lalu aduk sampai merata, menjadi pasta yang cukup tidak terlalu kental atau encer. Untuk menjadi patokan, campurkan sekitar dua sendok teh untuk setiap bahan. Pilih sabun cuci piring yang berbahan ringan untuk menghindari iritasi kulit, yang tidak mengandung banyak pewarna atau pewangi buatan.

6. Deterjen

Oleskan sedikit deterjen pada noda cat rambut di kulit wajah. Gunakan jari Anda untuk menggosok sekitar 5 ml atau satu sendok makan dari deterjen pada area kulit wajah yang bernoda. Gunakan deterjen yang bebas pewarna dan pewangi untuk menghindari iritasi kulit. Jangan lupa juga jauhkan deterjen dari mata Anda. Cara ini mungkin bekerja cepat pada tangan namun lebih lama pada wajah, karena kulit wajah lebih sensitif dan mungkin akan bereaksi pada deterjen tersebut. Jika noda menghilang namun tidak sepenuhnya, Anda mungkin dapat menambahkan jumlah deterjen yang digunakan.

7. Alkohol dan Sabun

Cara menghilangkan cat rambut di kulit wajah juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan alkohol usap dan sabun. Basahi kapas dengan sejumlah alkohol usap dan sabun, gosok perlahan pada area yang bernoda cat rambut lalu bilas. Cara ini juga dapat digunakan untuk cara membersihkan kuku jempol kaki.

8. Cuka Putih

Celupkan kapas ke dalam semangkuk cuka dan gosokkan pada noda cat rambut di kulit wajah. Produk ini akan bekerja baik dalam menghilangkan ciri – ciri sel kulit mati pada wajah, maka kulit yang bernoda cat rambut akan mengelupas dan menghilangkan noda cat tersebut dengan cara menghilangkan sel kulit mati dengan cepat.

9. Hairspray

Cara menghilangkan cat rambut di kulit wajah juga bisa dilakukan dengan menggunakan hairspray yang merupakan bahan sangat baik untuk menghilangkan cat rambut dari garis rambut dan bagian wajah lainnya. Semprotkan sedikit produk pada tangan atau kulit dan pijat perlahan pada area yang bernoda. Seka dengan waslap basah. Cara ini akan menghilangkan noda cat dengan cepat dan sangat mudah.

Anda mungkin tidak perlu melakukan cara menghilangkan cat rambut di kulit wajah jika melakukan berbagai tindakan pencegahan dan persiapan sebelum mengecat rambut. Usahakan untuk menutup sebagian besar atau sebanyak mungkin kulit dengan handuk atau kaus tua yang tidak akan sayang jika terkena noda. Pastikan Anda menggunakan sepasang sarung tangan plastik untuk melindungi jari – jari tangan. Waktu paling baik untuk mengecat rambut pada hari ketika Anda belum keramas atau mandi. Minyak alami yang diproduksi kulit dan rambut akan menjaga permukaan kulit tetap lembab, melindungi kulit dari noda apapun yang mungkin akan menempel.