5 Cara Pakai Eye Cream Untuk Mata Indah

Mata adalah bagian yang paling menonjol di wajah seseorang sehingga sangat alami jika Anda ingin area sekitar mata selalu tampak dalam kondisi terbaiknya. Kulit di sekitar mata lebih tipis dan halus jika dibandingkan dengan beberapa bagian wajah lainnya, karena itu ada beberapa masalah yang bisa muncul di sekitar area mata seperti lingkaran hitam, mata panda, kantung mata yang kendur atau kerutan di sudut mata. Area mata seringkali adalah lokasi yang paling mudah menunjukkan tanda – tanda penuaan. Itu berarti Anda perlu menaruh perhatian dan perawatan lebih pada area di sekitar mata. Eye cream akan membantu melembapkan dan menyeimbangkan warna kulit sehingga mata tampak lebih segar. Mengaplikasikan eye cream dapat membantu mengurangi bengkak pada mata, kantung mata, garis halus dan keriput. Namun manfaat eye cream itu hanya akan didapatkan jika diaplikasikan dengan benar. Ada kemungkinan ketika menggunakan eye cream, Anda membubuhkannya terlalu banyak atau pada area yang salah. Ketahuilah bagaimana cara pakai eye cream yang benar berikut ini.

1. Aturan dasar eye cream

Cara pakai eye cream perlu Anda lakukan pada akhir rutinitas skincare Anda, baik itu pada pagi ataupun malam hari. Area mata adalah tempat yang paling sensitif dari seluruh wajah, dan mudah kehilangan kelembapan dengan cepat. Tapi hal ini tidak berarti Anda harus mengaplikasikan krim mata di seluruh area mata. Menggunakan eye cream memang harus dekat dengan mata, namun tidak boleh berada di bagian atas kelopak mata atau langsung diaplikasikan di dekat area bulu mata bagian bawah.

2. Bersihkan wajah

Cara pakai eye cream yang benar akan menyerap lebih baik jika diaplikasikan pada wajah yang bersih. Langkah pertama dari rutinitas skincare adalah melalui kualitas pembersihan wajah. Bersihkan wajah Anda sebelum mengaplikasikan eye cream. Gunakan air hangat untuk mencuci wajah dan jangan terlalu panas. Aplikasikan serum atau toner setelahnya. Pastikan untuk membersihkan tangan sebelum mengambil cream dari wadah. Gunakan jari manis Anda untuk mengambil eye cream seukuran kacang polong. Sedikit saja sudah cukup karena eye cream biasanya lebih kental daripada pelembap biasa. Tambahkan jika perlu.

3. Aplikasikan eye cream

Menggunakan jari manis ketika melakukan cara pakai eye cream sangat penting karena jari tersebut secara alami memiliki tekanan lebih lembut daripada jari lainnya untuk menghindari tekanan berlebihan pada kulit di sekitar mata. Tepuk – tepuk pada area di sekitar mata mulai dari ujung dalam bawah mata dan jangan menggosoknya. Lanjutkan ke arah atas tulang yang mengelilingi mata Anda dalam pola setengah lingkaran untuk menstimulasi sirkulasi darah hingga eye cream terserap seluruhnya.

4. Pilih waktu yang tepat

Sebagian eye cream dibuat khusus untuk digunakan pada malam hari. Konsistensinya lebih kental dan mungkin mengandung bahan anti penuaan. Aplikasikan eye cream setidaknya 15 menit sebelum tidur, karena sangat penting memberi kulit waktu untuk menyerap produk tersebut. Jika tidak, krim mata akan masuk ke mata ketika Anda berbaring atau menempel pada bantal. Tanda bahwa Anda mengaplikasikan terlalu mendekati waktu tidur adalah jika mata terasa sedikit perih dan menyengat. Anda bisa mencoba manfaat tender care untuk mata panda, krim mata dari macam – macam produk Laneige dan fungsinya, atau masker kantung mata untuk cara menghilangkan eyebag.

5. Gunakan concealer

Setelah melakukan cara pakai eye cream, tunggu sekitar 90 detik sebelum mengaplikasikan concealer atau produk perawatan kulit lainnya agar meresap lebih dulu. Sebagian wanita memilih mengaplikasikannya siang hari untuk membuat concealernya tampak lebih baik, yang lain lebih memilih menggunakannya pada malam hari. Untuk jelasnya, lakukan pemakaian ini setelah membersihkan wajah, memakai toner dan sebelum pelembap atau krim malam.

Kandungan Eye Cream Yang Diperlukan

Sebagian eye cream mengandung formula yang diperuntukkan khusus untuk satu masalah pada mata, sementara yang lainnya merupakan produk yang dibuat sekaligus untuk semua masalah. Beberapa bahan yang perlu dicari ketika sedang memilih eye cream yaitu:

  • Antioksidan – Antioksidan seperti vitamin C atau niacinamide akan melindungi mata dari kerusakan jangka panjang seperti matahari, polusi, stress dan kekurangan tidur.
  • Retinoid – Bahan ini akan membantu menstimulasi  pergantian sel pada kulit di sekitar mata.
  • Peptide – Membantu meningkatkan produksi elastin dan kolagen.
  • Arnica, kafein dan vitamin K – Memperbaiki kondisi pembuluh darah untuk meningkatkan sirkulasi dan mengurangi pembengkakan.
  • Asam hyaluronat dan shea butter – Menghidrasi dan menyegel kelembapan di sekitar area mata untuk mencegah garis halus.

Jika Anda akan mencoba cara pakai eye cream, Anda juga perlu mengambil langkah untuk memastikan kulit tetap sehat secara keseluruhan. Salah satu bagian penting dari perawatan kulit adalah hidrasi, pastikan bahwa kulit Anda menerima sejumlah kelembapan yang tepat. Selain itu, menghidrasi tidak hanya dengan cara minum air tetapi bisa juga berkaitan dengan kelembapan dari lingkungan. Untuk memilih eye cream yang cocok, Anda perlu menentukan apa yang dibutuhkan oleh mata Anda. Apakah untuk mengatasi masalah spesifik atau akan membutuhkan eye cream yang berguna bagi semua masalah pada kulit di sekitar mata. Misalnya memilih eye cream yang bagus untuk dark circle, krim penghilang kantung mata atau cream untuk menghilangkan kantung mata.  Mintalah sampel jika memungkinkan, karena eye cream yang bagus bisa berharga agak mahal. Jika masih tidak yakin, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli kulit.