10 Cara Merawat Rambut Ala Korea Agar Sehat

cara merawat rambut korea

Trend kecantikan ala Korea sekarang sedang menjadi sesuatu yang mendunia dan banyak dilakukan oleh para pemerhati kecantikan. Mulai dari rutinitas perawatan kulit yang terkenal hingga produk kecantikan inovasi baru seperti BB Cushions, jumlah trend kecantikan yang datang dari Korea sangat luar biasa dan mungkin akan terus bertumbuh seiring waktu. Mungkin Anda telah terbiasa mendengar tentang rutinitas kecantikan dari Korea dan produk – produknya, namun belum pernah mendengar bahwa ada rutinitas perawatan rambut ala Korea pula.

Ini merupakan trend yang baru mulai berkembang dan sudah waktunya diketahui juga. Bedanya dengan perawatan rambut selama ini yang memfokuskan pada helaian rambut, rutinitas perawatan rambut Korea difokuskan pada kesehatan kulit kepala. Mirip dengan rutinitas perawatan kulit wajah, cara merawat rambut ala Korea juga memiliki 10 langkah yang perlu dilakukan hingga tuntas seperti berikut ini.

1.Perawatan Kulit Kepala

Ini adalah langkah pertama dalam cara merawat rambut ala Korea. Agar rambut yang tumbuh sehat, folikel di kulit kepala perlu tetap dijaga dalam keadaan bersih dan di eksfoliasi. Dengan cara demikian rambut akan tumbuh dengan berkilau. Untuk mendapatkan kulit kepala yang sehat digunakan scalp scalers, yaitu perawatan berbahan dasar asam salisilat untuk membantu mengeksfoliasi kulit kepala, menghilangkan ciri – ciri sel kulit mati dan minyak berlebihan. Gunakan scalp scaler hanya sekali seminggu atau dua kali dalam sebulan. Anda tidak perlu melakukan lebih dari itu. Aplikasikan pada kulit kepala yang kering sebelum keramas dengan sampo. Pastikan seluruh kulit kepala telah dioleskan dan biarkan sekitar 20 menit sebelum dibilas dan melanjutkan ke tahap berikut.

2. Sampo dan Pijat Kulit Kepala

Proses keramas dengan sampo merupakan kegiatan yang sudah sangat biasa kita lakukan untuk mencuci rambut. Cara merawat rambut ala Korea terjadi ketika Anda menambahkan sikat untuk kulit kepala pada kegiatan keramas tersebut. Untuk memaksimalkan busa, meningkatkan sirkulasi darah dan membersihkan kulit kepala lebih mendalam, Anda perlu menggunakan sikat khusus untuk membantu membuang semua sisa kotoran, produk rambut atau sel kulit mati. Bilas kulit kepala sampai bersih setelahnya. Anda bisa menggunakan merk shampo Korea untuk rambut ketombe.

3. Kondisioner

Tidak ada gunanya untuk menggunakan kondisioner tanpa membiarkan produk menyerap di rambut Anda selama beberapa saat. Sangat penting untuk membiarkan kondisioner Anda melakukan pekerjaannya, oleh karena itu Anda harus bersabar dan membiarkannya menyerap. Pastikan membuang kelebihan air pada rambut sebelum mengaplikasikan kondisioner sehingga rambut Anda lembap namun tidak basah. Aplikasikan kondisioner pada bagian tengah rambut kebawah khususnya jika Anda memiliki rambut berminyak. Biarkan menyerap setidaknya selama lima menit sebelum dibilas. Pilihlah kondisioner non alkohol dan kondisioner alami untuk rambut kering.

4. Masker Rambut

Manfaat hair mask untuk rambut merupakan perawatan rambut mendalam yang ditujukan untuk merawat rambut dengan cara yang penuh kekuatan berkat formulanya yang mengandung berbagai macam bahan berkhasiat. Cara merawat rambut ala Korea ini akan membantu rambut menjadi lebih kuat dan memulihkan diri dari matahari, cuaca atau kerusakan lingkungan. Ganti kondisioner Anda dengan masker rambut sekali dalam seminggu dan gunakan setelah keramas. Anda juga bisa mencoba cara membuat masker rambut alami di rumah dngan bahan yang sesuai untuk masker rambut untuk .masker rambut untuk rambut  kering.

5. Bilasan Cuka

Mempertahankan keseimbangan tingkat keasaman kulit pada kepala juga sama diperlukannya sebagaimana pada kulit wajah. Tingkat keasaman kulit kepala yang terlalu rendah atau terlalu tinggi bisa memunculkan berbagai masalah seperti ketombe, minyak atau kekeringan dan gatal. Bilasan cuka bisa mengembalikan kondisi kulit kepala tersebut. Gunakan bilasan cuka sekali seminggu pada kulit kepala dan rambut setelah membilas kondisioner, lalu bilas lagi dengan air hangat sampai bersih. Untuk meminimalkan baunya yang kuat, Anda bisa mencampur cuka dengan air.

6. Masker Kulit Kepala

Seperti masker rambut, kulit kepala juga perlu diberikan masker karena struktur kulit kepala bekerja dalam cara yang berbeda daripada rambut sehingga perawatannya perlu dipisahkan. Anda bisa melakukan keduanya dalam sekali waktu. Gunakan sekali seminggu setelah keramas di seluruh kulit kepala, biarkan selama 10 – 15 menit sebelum dibilas. Jenis perawatan rambut di salon ini bisa memberikan manfaat besar bagi Anda.

7. Tonik Kulit Kepala

Cara merawat rambut ala Korea tahap ini akan sama dengan tahap perawatan kulit Korea. Anda menggunakan tonik kulit kepala sebagai toner rambut untuk menyeimbangkan keasamannya dan menyiapkan kulit kepala untuk tahap berikutnya. Pijat sedikit setelah Anda keramas dan membuang air dari rambut dan mengaplikasikannya pada kulit kepala.

8. Serum Kulit Kepala

Langkah berikutnya masih serupa dengan tahapan perawatan skincare Korea. Anda dapat menggunakan serum atau essens kulit kepala untuk membantu menghidrasi, menyembuhkan dan menenangkan kulit kepala khususnya jika mengalami kekeringan atau kelebihan minyak. Tuangkan serum di tangan Anda dan sebarkan di seluruh kulit kepala, pastikan untuk meratakannya dengan benar.

9. Serum / Essens Rambut

Formula serum atau esens yang berbeda dibutuhkan untuk rambut Anda karena dengan cara yang sama serum akan memberikan bahan aktif dalam jumlah besar bagi kulit Anda, maka rambut juga akan mendapatkan manfaat yang sama. Sementara essens akan menjaga hidrasi tetap berada pada helaian rambut. Oleskan seluruh serum pada rambut mulai dari ujungnya. Anda bisa memijatnya selama beberapa detik untuk memastikan penyerapannya yang lebih baik dan lebih cepat.

10. Perawatan Malam

Dalam 1 – 2 kali seminggu, keringkan rambut Anda dengan handuk lembut setelah mandi dan keramas. Setelah mengaplikasikan tahapan cara merawat rambut ala Korea lainnya, aplikasikan produk perawatan malam pada rambut secukupnya dan jangan berlebihan. Biarkan sampai kering dan bilas keesokan paginya.

Untuk mendapatkan rambut berkilau ala artis – artis cantik Korea, Anda bisa mencoba cara merawat rambut ala Korea ini. Produk perawatan rambut Korea yang digunakan dalam perawatan ini memang banyak yang masih asing, namun dapat ditemukan pada toko – toko online yang menjual produk Korea dan sejenisnya. Pastikan dulu produk  yang akan Anda beli tidak akan menimbulkan reaksi alergi, atau lakukan tes kulit sebelum menggunakannya pada seluruh bagian kulit kepala. Jaga agar kadar penggunaan tetap dalam batas sewajarnya dan tidak berlebihan.