9 Cara Merawat Rambut Agar Tidak Kusam dan Kering

Rambut yang subur dan sehat jauh dari kekusaman menjadi impian hampir semua wanita. Akan tetapi gaya hidup dan lingkungan tempat tinggal terkadang menyulitkan Anda untuk mendapatkan rambut sehat tersebut. Polusi, penggunaan alat penata rambut yang sering, dan bahan kimia membawa kerusakan pada rambut, membuatnya lemah, tipis, kering dan kusam bahkan jika Anda dilahirkan dengan rambut yang tebal dan indah secara alami. Rambut yang kehilangan kilau alaminya akan tampak kusam dan tidak sehat, juga tidak menarik dan tidak mendukung penampilan yang maksimal. Melakukan perawatan untuk masalah rambut yang sudah terlanjur dialami tentunya akan lebih merepotkan ketimbang menjaganya agar tetap sehat dan berkilau alami. Cara merawat rambut agar tidak kusam bisa Anda lakukan seperti berikut ini.

1. Melindungi rambut

Selalu lindungi rambut Anda dari sinar matahari, angin dan hujan sebab ekspos terhadap ketiganya termasuk kotoran dan polusi menambah masalah pada rambut. Masalah seperti penumpukan kotoran, rambut dan kulit kepala kering, dan resiko infeksi bisa saja dialami dan menghalangi cara merawat rambut agar sehat dan cepat panjang . Tutup rambut Anda dengan topi, scarf atau payung untuk melindunginya.

2. Perhatikan rambut basah

Hati – hati dengan rambut basah karena sangat rapuh dan mudah patah. Ketika basah, helaian dan akar rambut lebih rentan pada kerusakan. Jangan keramas dengan gosokan yang terlalu kasar karena bisa mengakibatkan rambut patah. Hindari juga menyikat rambut segera setelah keramas ketika rambut masih basah.

3. Pemakaian kondisioner

Gunakan kondisioner setiap setelah keramas dan jangan lewatkan langkah ini karena dapat membuat rambut Anda tampak kusut. Kondisioner diformulasi untuk mempertahankan kelembapan pada helaian rambut dan bisa menjadi cara melembutkan rambut kering serta cara membuat rambut halus alami . Tidak diperuntukkan bagi kulit kepala. Anda perlu memulai pengaplikasian kondisioner sekitar beberapa centimeter dari kulit kepala. Jangan menggunakannya terlalu banyak terlebih pada kulit kepala karena dapat menyebabkan kelebihan minyak di rambut. Gunakan merk sampo dan kondisioner yang sama karena biasanya mengandung formula yang mirip. Cari kondisioner dan sampo yang dibuat untuk jenis rambut khusus dan tujuan khusus sehingga akan memberikan manfaat lebih pada cara merawat rambut agar tidak kusam. Anda juga bisa menggunakan kondisioner alami untuk rambut kering.

4. Hindari panas berlebihan

Jika memungkinkan, hindari menggunakan suhu panas tinggi pada rambut karena akan menghilangkan kandungan kelembapan dari rambut, membuatnya kering dan kusut. Jika menggunakan suhu panas berlebihan pada rambut juga bisa mengakibatkannya terbakar. Gunakan alat penata rambut jika diperlukan saja dan gunakan pelindung rambut sebelumnya. Hindari juga keramas menggunakan air panas yang bisa membuat rambut semakin kering atau justru semakin berminyak hingga tampak kusam.

5. Perhatikan tata rambut Anda

Hindari menggunakan cara mengikat rambut yang super ketat dan kencang karena dapat menarik rambut ke belakang dengan kuat, sehingga mengakibatkan gesekan dan rambut patah. Begitu juga ketika waktu tidur tiba. Jangan mengepang atau mengikat rambut dengan ketat ketika tidur.

6. Gunakan masker rambut

Masker rambut dengan bahan – bahan yang tepat bisa menghindarkan masalah rambut yang berminyak dan kurang berkilau . Ada banyak bahan masker rambut yang bisa Anda temukan di rumah untuk perawatan rambut rusak secara tradisional. Jika tidak ada waktu untuk meramu bahan – bahan alami sendiri, Anda juga bisa menggunakan berbagai merk masker rambut yang tersedia di pasaran. Aplikasikan masker dan biarkan selama 30 menit untuk meresap. Sesuaikan bahan masker rambut dengan kondisi dan kebutuhan rambut Anda dan pastikan Anda menggunakan masker yang tepat.

7. Atur waktu keramas

Untuk cara merawat rambut agar tidak kusam, Anda perlu mengatur frekuensi keramas dengan baik, sebab penyebab rambut berminyak setelah keramas yang terlalu sering bisa terjadi. Seberapa sering Anda keramas harus didasarkan pada seberapa banyak minyak di kulit kepala Anda. jika kulit kepala berminyak, Anda mungkin harus mencuci rambut lebih sering. Sementara jika rambut mengalami perawatan berbahan kimia mungkin akan lebih kering sehingga tidak perlu terlalu sering dicuci. Seiring usia, kulit kepala akan memproduksi minyak lebih sedikit sehingga tidak perlu terlalu sering keramas.

8. Minimalkan produk rambut

Anda juga perlu menghindari menggunakan terlalu banyak jenis produk pada rambut untuk cara merawat rambut agar tidak kusam. Memang ada beberapa produk yang perlu digunakan seperti sampo, kondisioner, serum, namun hindari produk berbahan kimia untuk rambut lainnya yang tidak terlalu diperlukan untuk sehari – hari. Kelebihan bahan kimia pada rambut bisa membuat rambut menjadi kusam dan kering. Jika memungkinkan, gunakan produk yang berbahan dasar alami atau herbal.

9. Pilih peralatan yang tepat

Sangat penting dalam cara merawat rambut agar tidak kusam untuk mengetahui jenis apa dari sisir dan sikat rambut yang digunakan. Sisir dan sikat berkualitas tinggi lebih disarankan karena dapat membantu memijat dan merilekskan kulit kepala. Jika Anda memiliki rambut yang keriting, sikat berbahan nilon akan membantu mengatur rambut. Pastikan sikat dan sisir rambut yang digunakan bersih dan rapi. Hindari menggunakan sisir secara bersamaan untuk mengurangi resiko penularan penyakit kulit atau ketombe dan kutu rambut.

Inti dari cara merawat rambut agar tidak kusam adalah perawatan dasar yang biasa dilakukan setiap hari. Anda juga perlu menjaga kondisi tubuh dari dalam selain melakukan perawatan luar untuk memelihara kondisi rambut. Asupan gizi juga mempengaruhi kesehatan rambut. Semakin sehat tubuh Anda, rambut akan semakin baik. Tubuh memerlukan nutrisi tertentu seperti vitamin, zat besi dan protein yang penting untuk pertumbuhan rambut sehat yang didapatkan dari makanan yang membuat rambut lebat.