7 Ciri – Ciri Rambut Normal dan Sehat

Rambut normal adalah kondisi rambut yang menunjukkan keseimbangan sempurna antara kering dan berminyak. Anda bisa saja melewati satu atau dua hari tanpa mencuci rambut, rambut kering dengan cepat dan Anda dapat menata rambut dengan berbagai gaya serta alat berbeda untuk menemukan penampilan baru yang cocok. Rambut normal berarti berkilau dan sehat, ditentukan oleh minyak alami pada kulit kepala yang menghasilkan kilau rambut konsisten serta tampak sehat. Jenis rambut ini cenderung mudah diatur, lembut ketika disentuh dan tidak mengalami berbagai masalah rambut yang kerap terjadi pada jenis rambut lainnya. Orang yang memiliki ciri – ciri rambut normal biasanya lebih mudah merawat rambutnya, walaupun demikian rambut normal tetap membutuhkan perawatan yang layak untuk mempertahankan penampilannya yang sehat. Berikut ini adalah beberapa ciri – ciri rambut normal yang perlu diketahui.

1. Rambut berkilau

Rambut berkilau adalah hasil dari penyebaran minyak alami di kulit kepala ke seluruh rambut. Jadi jika rambut Anda berkilau maka itu bisa berarti minyak alaminya sudah tersebar merata di seluruh bagian rambut Anda, menunjukkan ciri – ciri rambut normal. Jika rambut tampak halus maka aman untuk mengatakan bahwa rambut Anda memiliki ciri – ciri rambut normal. Rambut yang berkilau dan bertekstur halus berasal dari kutikula yang letaknya mendatar. Anda perlu mengetahui bagaimana cara merawat rambut rusak agar kembali sehat  untuk mengatasi penyebab rambut rontok parah.

2. Memiliki elastisitas yang bagus

Ketika Anda memiliki pantulan rambut yang cantik dan bertahan seharian, itu adalah ciri – ciri rambut normal yang baik. Kualitas rambut yang bagus akan mempertahankan gelombang tambut dan membuat semua gaya penataan rambut memungkinkan. Dari blow out bervolume hingga keriting yang rapat akan mungkin dilakukan. Elastisitas digunakan untuk mengukur kekuatan rambut dan memiliki elastisitas yang kurang baik dapat mengarah kepada kerontokan berlebihan, juga rambut yang keriting. Untuk menguji elastisitas rambut dapat dilakukan dengan kondisi rambut basah. Ambil sehelai dan regangkan rambut Anda. Jika helaiannya memantul kembali ke tempat semula, maka Anda memiliki ciri – ciri rambut normal.

3. Sedikit kerontokan

Rambut tumbuh dalam siklus dan setiap folikelnya memiliki tingkat pertumbuhan yang bisa berlangsung dalam dua hingga delapan tahun. Setelah itu, helaian rambut akan rontok dan rambut baru akan tumbuh. Untuk sebagian besar orang yang memiliki rambut sehat, itu berarti sekitar 80 – 90 % rambut mereka akan tumbuh dalam satu waktu dan bisa mengalami kerontokan sekitar 125 helai setiap hari. Kehilangan rambut lebih dari itu secara teratur dapat menjadi suatu tanda masalah dermatologis atau masalah kesehatan lainnya. Gunakan manfaat argan oil untuk rambut yang dapat menjadi cara untuk mengatasi kerontokan.

4. Mudah diurai

Permukaan yang halus dari kutikula rambut yang sehat membuatnya mudah disisir dan tidak gampang kusut. Ketika kutikula tidak sehat, rambut cenderung terbelit satu sama lain dan mulai membentuk jalinan yang kusut. Rambut kusut bisa menyebabkan rasa sakit dan kerusakan jika Anda memaksanya agar terurai. Tekstur rambut yang kasar di lapisan luar membuatnya lebih sulit untuk memisahkan setiap helaian, dan ketika rambut terpisah dengan mudah maka itu adalah ciri – ciri rambut normal. Anda bisa mencegah rambut kusut dengan memotongnya secara teratur setiap bulan untuk menghilangkan ujung bercabang.

5. Kelembapan tidak berpengaruh

Rambut yang mengembang muncul ketika air menembus helaian yang seperti spons di rambut, yang terjadi lebih mudah ketika kutikula rusak. Ketika kutikula terletak mendatar dan menempel pada helaian rambut, akan sulit bagi kelembapan untuk memecahkan penghalang tersebut dan diserap oleh rambut. Rambut rusak akan menjadi reaktif pada kelembapan di udara, dan sebaliknya ciri – ciri rambut normal dan sehat tidak akan terpengaruh pada kelembapan tersebut. Anda juga perlu mengetahui manfaat teh untuk rambut dan manfaat flaxseed untuk rambut.

6. Tidak mudah patah

Rambut yang patah berlebihan adalah tanda dari rambut yang tidak sehat. Ketika helaian rambut terlalu dipaksa berlebihan maka akan menjadi rapuh dan mudah patah, meninggalkan ujung yang kasar di mana – mana. Jika Anda tidak menemukan rambut patah yang terlalu banyak, maka bisa jadi Anda memiliki ciri – ciri rambut normal dan sehat. Anda bisa melakukan cara merawat rambut agar sehat dan cepat panjang Manfaat santan untuk rambut atau manfaat daun waru untuk rambut agar Anda dapat  melakukan perawatan rambut sendiri di rumah.

7. Tumbuh dengan baik

Pertumbuhan rambut menandakan rambut yang sehat. Rambut yang tumbuh dari kulit kepala dalam kecepatan yang lebih pelan daripada seperempat inci per bulan menunjukkan ada sesuatu yang salah. Misalnya kekurangan vitamin, masalah tiroid, atau reaksi terhadap pengobatan tertentu. Sedangkan jika Anda melihat sekitar seperempat hingga setengah inci rambut tumbuh setiap bulan atau lebih, maka itu adalah tanda bahwa rambut Anda cukup normal dan sehat. Walaupun Anda mungkin tidak akan menyadari seberapa cepat rambut tumbuh, jika rambut Anda tampak tidak tumbuh sama sekali selama beberapa bulan maka itu adalah suatu hal yang perlu diperhatikan.

Mengonsumsi menu makanan yang sehat dan seimbang bisa mendorong kondisi rambut yang sehat lebih jauh lagi, jadi jika Anda sudah melakukan hal itu maka Anda sudah memiliki keuntungan tersendiri dalam memiliki ciri – ciri rambut normal dan sehat. Rambut yang sehat juga berasal dari kondisi dalam tubuh yang sehat. Maka jika Anda mengonsumsi vitamin dan mengonsumsi lemak sehat dalam menu yang seimbang, maka Anda sudah berada di jalur yang benar.