7 Penyebab Rambut Pirang dan Kemerahan

Warna rambut orang Asia pada umumnya adalah hitam pekat. Tidak seperti warna rambut orang Barat yang beragam, orang Asia sangat jarang memiliki warna rambut selain hitam. Kendati demikian, ada sebagian yang memiliki warna rambut yang tidak hitam. Rambut kemerahan atau pirang milik orang Asia ini tidak sama pirangnya dengan milik orang Barat yang berwarna kuning terang keemasan. Kalaupun ada, warna rambut orang Asia tersebut akan terlihat kemerahan atau yang biasa disebut rambut pirang bagi orang Asia. Warna rambut ini bisa didapatkan sejak lahir atau juga disebabkan oleh berbagai faktor yang membuatnya berubah warna dari hitam pekat menjadi kemerahan.

Jika pada orang Barat, warna rambut pirang dianggap sebagai warna rambut yang didambakan, tidak demikian halnya pada orang Asia. Kecuali dibuat berwarna pirang dengan sengaja menggunakan cat rambut, kondisi warna rambut yang tidak hitam menjadi sumber kekhawatiran tersendiri, karena warna kemerahan tersebut menandakan adanya masalah pada pertumbuhan rambut. Warna pirang atau kemerahan pada rambut menandakan bahwa pertumbuhan rambut kurang subur sehingga tidak tumbuh berwarna hitam alami.

Mengapa Rambut Menjadi Pirang

Penyebab rambut pirang dan berubah warna adalah karena mengalami kekurangan vitamin dan protein. Sebagai hasilnya rambut tidak dapat tumbuh maksimal dan mengganggu proses pigmentasi rambut, sehingga tumbuh berwarna kemerahan atau pirang. Kondisi ini tentunya tidak terjadi secara tiba – tiba atau mendadak, melainkan merupakan akumulasi dari beberapa faktor tertentu. Penyebab rambut pirang antara lain:

1. Sinar matahari

Rambut yang terpapar sinar matahari dalam waktu lama dan terus menerus lama kelamaan akan berubah warna menjadi pirang. Sinar matahari mengandung ultraviolet yang dampaknya sangat merusak termasuk terhadap rambut, dan membuat rambut berubah warna menjadi kemerahan atau pirang. Karena sinar UV, pigmen melanin bisa berkurang dan membuat rambut berubah menjadi pirang dan kemerahan. Tidak itu saja, tekstur rambut pun bisa berubah menjadi kasar, kering, pecah – pecah dan bercabang, juga sulit diatur. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya gunakan pelindung kepala jika terpaksa berada lama di bawah sinar matahari.

2. Sering menggunakan suhu panas

Manfaat catok rambut atau hair dryer memang dapat membuat rambut tampak rapi dan enak dilihat. Akan tetapi penggunaan yang terlalu sering akan membuat bahaya catok rambut sehingga menjadi semakin rusak karena suhu panasnya dan menjadi penyebab rambut pirang serta kemerahan. Usahakan untuk mengurangi pemakaian alat penata rambut bersuhu tinggi agar kondisi rambut tidak mudah rusak. Berikan rambut waktu istirahat dari penataan yang intensif dan sering agar dapat tumbuh dengan semestinya tanpa terganggu.

3. Pigmen rambut

Pigmen erat kaitannya dengan faktor genetik. Orang tua yang memiliki gen rambut hitam otomatis akan mewariskan warna rambutnya tersebut kepada anaknya terutama pada ras Asia yang dominan warna rambut hitam. Gen warna rambut yang disebut MC1R menginstruksikan tubuh untuk memproduksi protein yang bernama reseptor melanokortin 1, yang akan menghasilkan melanin. Gen tersebut juga berperan dalam mengendalikan kadar eumelanin, yaitu pigmen yang membuat seseorang memiliki rambut hitam atau coklat. Selain itu, gen tadi juga mengendalikan kadar pheomelanin, pigmen yang membuat seseorang memiliki warna rambut terang seperti merah atau pirang.

4. Perawatan rambut yang salah

Banyak orang yang sering melakukan berbagai jenis perawatan rambut di salon, namun tidak semua salon bisa memberikan hasil perawatan yang bagus seperti yang diharapkan. Berbagai perawatan seperti rebonding dan smoothing bahkan bleaching rambut bisa menjadi penyebab rambut pirang jika dilakukan dengan salah atau dilakukan terlalu sering. Pemakaian kosmetik pada rambut secara berlebihan dapat memberikan efek merusak yang signifikan karena kulit kepala kehilangan kesuburannya, rambut kering, rontok, dan juga memudarnya warna rambut.

5. Bahan kimia

Penyebab rambut pirang juga bisa terjadi karena reaksi kimia pada produk perawatan rambut seperti sampo, air atau udara. Pigmen melanin pada rambut bisa berubah karena mengalami reaksi asam dan basa dari lingkungan. Reaksi ini terjadi karena terpapar zat tertentu dari lingkungan. Warna rambut yang pirang bisa terjadi karena melanin berinteraksi dengan zat basa yang ada di lingkungan sekitar seseorang. Untuk itu usahakan agar dapat mengurangi paparan bahan kimia pada rambut seperti cat rambut dan juga bahan – bahan dalam sampo. Carilah produk yang mengandung bahan – bahan alami atau yang tidak terlalu banyak mengandung bahan kimia.

6. Kerusakan kutikula

Rambut yang rusak juga dapat menjadi penyebab rambut pirang. Serat rambut atau yang biasa disebut kutikula yaitu lapisan terluar dari helaian rambut yang sehat akan memiliki tekstur cukup halus dan dapat menghasilkan warna yang bagus pada rambut. Sebaliknya jika kutikula rusak maka rambut akan lebih kasar dan bersisik dan kehilangan pigmen hitamnya. Kerusakan kutikula biasanya disebabkan karena paparan sinar matahari dalam waktu lama atau juga karena paparan bahan kimia seperti bahaya cat rambut, bahaya bleaching rambut, bahaya rebonding rambut atau bahaya smoothing rambut .

7. Keramas berlebihan

Manfaat cuci rambut setiap hari mungkin akan berhasil pada sebagian orang namun bisa saja menjadi penyebab rambut pirang pada sebagian lainnya. Keramas yang berlebihan akan membuat rambut kehilangan minyak alaminya di kutikula dan membuat rambut kering. Rambut yang kering parah bisa kehilangan pigmen warnanya dan perlahan berubah warna menjadi pirang.

Penyebab rambut pirang ini bisa berbeda pada tiap orang karena tidak ada orang yang mengalami paparan yang sama sehari – harinya. Ada orang yang lebih rentan terpengaruh berbagai faktor sedangkan orang lainnya tidak, sehingga rambutnya tidak mudah memerah. Namun satu hal yang dapat mencegah rambut berubah warna menjadi pirang kemerahan adalah apabila perawatan dan pelindungnya diperhatikan dengan baik. Pemeliharaan rambut yang baik termasuk juga mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gizi baik serta bernutrisi untuk pertumbuhan rambut dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.