4 Jawaban Mengenai Bolehkah Memakai Sunblock Di Malam Hari

Cara mencegah penuaan dini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan sunblock. Memakai sunblock setiap hari adalah cara terbaik untuk mencegah keriput yang timbul lebih awal sebagai tanda penuaan dini. Sunblock atau tabir surya dapat melindungi kulit dari radiasi sinar UV yang berasal dari matahari, yang bisa menyebabkan masalah pada kulit mulai dari penuaan dini hingga kanker kulit. Sinar UV dari matahari dapat menyebabkan kerusakan DNA pada sel kulit jika terekspos lebih dari tiga jam, bahkan lama setelah itu.

Belum ditemukan produk perawatan yang dapat melindungi kulit setelah ekspos sinar matahari sehingga cara terbaik untuk melindungi kulit dari sinar UV adalah dengan mengaplikasikan sunblock sebelumnya. Sunblock yang mengandung SPF 30 dengan perlindungan untuk broad spectrum dan tentunya digunakan di siang hari ketika sinar matahari sedang memancar. Anda dapat menggunakan merk sunblock untuk wajah berminyak di siang hari sebagai cara mencegah kulit terbakar. Namun ada sebagian orang yang berpendapat bahwa penggunaan pelembab yang mengandung sunblock pada malam hari adalah hal yang wajar. Sebagian disebabkan karena harga krim malam yang mahal, sebagian lagi disebabkan karena ketidak tahuan.

Pemakaian Sunblock di Malam Hari

Kebiasaan memakai sunblock di malam hari ini kerap dilakukan oleh sebagian wanita untuk menghemat biaya pembelian skincare mereka, dan karena tidak melihat alasan untuk perlu menggunakan dua produk berbeda bagi kulit wajahnya. Sehingga timbul pertanyaan mengenai bolehkah memakai sunblock di malam hari sebagai akibat dari kebiasaan menggunakan pelembab ber SPF yang sama dengan yang digunakan pada siang hari. Bolehkah memakai sunblock pada malam hari sebenarnya tidak diperlukan karena beberapa alasan berikut:

1. Menyalahi kondisi kulit Anda

Salah satu konsep penggunaan produk perawatan wajah adalah bahwa semuanya telah dibuat atau dirancang dengan tujuan khusus dan untuk bagian tubuh tertentu saja, dan tidak ada produk yang dibuat untuk semua bagian tubuh sekaligus. Produk perawatan biasanya difokuskan untuk merawat kulit dan mendukung proses alami tubuh yang muncul pada malam hari. Jadi sebenarnya tidak ada alasan untuk menggunakan sunblock pada malam hari ketika kulit Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dari menggunakan pelembab yang khusus diformulasikan untuk malam hari. Pemakaian pelembab untuk malam hari akan meningkatkan kemampuan kulit untuk memperbaiki diri, karena formulanya lebih terkonsentrasi dan mengandung lebih banyak bahan yang melembabkan kulit.

2. Kekurangan kelembaban

Bolehkah memakai sunblock di malam hari tidak disarankan karena kulit wajah Anda akan kekurangan kelembaban yang seharusnya didapatkan jika masih menggunakan pelembab ber SPF yang sama dengan siang harinya. Banyak pelembab yang mengandung faktor SPF tidak menghidrasi seperti seharusnya  atau seperti pelembab yang tidak mengandung SPF, walaupun pemakaiannya dapat menjadi cara mengatasi muka tua karena penuaan dini. Malam hari adalah waktu dimana kulit beristirahat, memperbaiki diri dan memulihkan kondisinya sehingga krim malam yang diformulasikan khusus akan jauh lebih baik. Biarkan kulit Anda bernapas dan gunakan pelindung kulit untuk malam hari berupa bahan alami dan alternatif lain seperti minyak almond atau krim yang mengandung vitamin E. Walaupun ini berarti pengeluaran lebih bagi Anda yang ingin berhemat, namun ini adalah informasi yang berharga bagi perawatan kulit Anda.

3. Bahan kimia berbahaya

Tabir surya akan melindungi kerusakan kulit akibat sinar matahari, namun sayangnya kebanyakan merk mengandung racun dan bahkan bersifat karsinogenik yang akan mencederai kulit setelah penggunaan dalam jangka waktu lama. Adalah pilihan Anda untuk menggunakan tabir surya di siang hari atau untuk menggunakan payung dan pelindung lainnya, namun Anda harus mengetahui bahwa menggunakan tabir surya di malam hari akan menggandakan ekspos kepada bahan kimia berbahaya. Oleh sebab itu, ada resiko yang ditimbulkan terhadap kulit wajah Anda dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Untuk lebih amannya, Anda dapat menggunakan tabir surya berbahan dasar mineral pada siang hari.

4. Lebih boros

Bagi Anda yang menggunakan pelembab mengandung SPF pada siang dan malam hari untuk menghemat pengeluaran biaya perawatan kecantikan, maka simaklah informasi berikut ini. Bolehkah memakai sunblock di malam hari selain tidak disarankan karena dapat merusak kulit namun juga akan membuat Anda mengeluarkan biaya lebih karena harga pelembab yang mengandung SPF lebih mahal daripada harga pelembab biasa. Bahkan bisa jadi sama saja dengan apabila Anda juga membeli krim malam. Jadi apabila alasan menggunakan sunblock pada malam hari adalah untuk menghemat biaya, tindakan ini pun tidak sepenuhnya efektif. Anda bisa jadi justru mendapatkan masalah kulit dan sekaligus juga pengeluaran yang melebihi anggaran. Perhatikan urutan pemakaian skincare yang benar sehari – hari  dan tahapan perawatan wajah yang benar agar Anda bisa melakukan perawatan wajah dengan tepat. 

Jika Anda masih belum yakin mengenai bolehkah memakai sunblock di malam hari, cobalah untuk melakukan pengujian terhadap teori tersebut. Coba untuk tidur tanpa menggunakan pelembab yang mengandung sunblock milik Anda selama minimal 30 hari dan ganti dengan menggunakan krim malam, minyak alami, atau tidak menggunakan produk apapun sama sekali. Jika kulit Anda tidak terlihat berbeda, atau justru menunjukkan perbaikan, lalu tentunya tidak ada alasan untuk tetap memakai pelembab yang mengandung SPF di malam hari. Simpanlah produk tersebut untuk keperluan Anda di siang hari dan bukan untuk digunakan pada malam hari ketika kulit sedang beristirahat. Anda dapat memilih beberapa merk pelembab wajah yang bagus dan murah dan merk cream malam yang bagus untuk mencerahkan wajah jika ingin menghemat biaya perawatan wajah.