7 Tahapan Perawatan Wajah yang Benar dan Tepat

Perawatan kulit wajah dasar merupakan bagian yang tidak boleh dilewatkan oleh para wanita. Dulu hanya dikenal tiga langkah dasar perawatan kulit wajah, yaitu pembersih, toner dan pelembab. Namun sekarang kita dikelilingi oleh sekian banyak jenis produk perawatan wajah dengan istilah, fungsi, formula dan cara pemakaian yang berbeda. Yang semakin membuat bingung, cara pemakaian produk – produk tersebut tidak boleh salah atau tertukar urutannya antara satu produk dan yang lain.

Mengaplikasikan produk perawatan kulit dalam urutan yang benar akan memastikan bahwa kulit wajah Anda akan menerima manfaat penuh dari setiap produk yang digunakan. Urutan pemakaian sangat penting sebab banyak bahan yang ingin kita gunakan untuk masuk ke dalam kulit wajah. Kendati demikian, hanya ada sedikit zat yang dapat menembus permukaan kulit bahkan dengan formulasi dan cara pemakaian yang sempurna. Jika Anda tidak mengaplikasikan produk dalam urutan yang benar, Anda tidak akan mendapatkan hasil terbaik dari produk perawatan kulit Anda.

Rutinitas Perawatan Wajah yang Benar

Menurut para ahli, yang terbaik adalah untuk menerapkan tahapan perawatan wajah yang benar dan sesuai dengan kebutuhan kita secara pribadi. Jadi, Anda harus mengetahui dengan jelas apa yang dibutuhkan oleh kulit wajah Anda sendiri dan bagaimana cara merawatnya dengan baik. Sebagai acuan untuk perawatan, tahapan perawatan wajah yang benar adalah:

1. Menghilangkan Make Up

Zat yang tertinggal di kulit wajah seperti polusi dan sisa make up bisa menjadi racun untuk kulit Anda yang mempercepat penuaan. Jika Anda menggunakan make up, hal pertama yang perlu dilakukan adalah cara membersihkan wajah yang benar dengan susu pembersih, sabun wajah atau make up remover untuk mata. Pembersih wajah saat ini sudah banyak yang juga dapat digunakan untuk membersihkan sisa make up, ada juga merk pembersih wajah yang bisa menghilangkan flek. Dengan kata lain pembersih wajah kini sudah memiliki fungsi ganda untuk membersihkan kotoran dan juga make up di wajah.

2. Eksfoliasi

Kebanyakan ahli menyarankan untuk melakukan eksfoliasi sebanyak satu hingga dua kali sehari saja untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang menumpuk, mengurangi kekusaman, dan menghilangkan ciri – ciri sel kulit mati pada wajah yang akan mendorong pergantian sel kulit yang sehat. Fokuskan manfaat eksfoliasi wajah pada komedo hitam atau area yang mengelupas, khususnya hidung dan pipi karena disitulah pori – pori yang tersumbat cenderung muncul. Anda bisa menggunakan krim peeling wajah yang bagus atau melakukan cara menghaluskan wajah dengan bahan alami.

3. Toner

Langkah ini sering dilewatkan namun memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit wajah termasuk dapat menyeimbangkan tingkat PH kulit sehingga wajah Anda akan berada dalam kondisi yang paling top untuk menyerap serum dan pelembab. Toner akan membantu memulihkan kulit setelah pembersihan dan menyediakan nutrisi yang diperlukan wajah untuk tampak lebih segar. Ketahuilah juga mengenai perbedaan micellar water dan toner yang merupakan bagian dari rangkaian perawatan wajah dasar.

4. Serum

Serum dipenuhi oleh berbagai bahan kuat seperti antioksidan, ceramides, retinol, dan hyaluronic acid sehingga harus digunakan lebih awal agar kulit benar – benar dapat menyerap bahan – bahan unggulan tersebut. Penting untuk menggunakannya dengan menepuk  – nepuk serum ke wajah dan bukan mengoleskannya ke kulit agar menyerap sempurna ke dalam kulit. Anda dapat memilih serum pemutih wajah di apotik atau serum vitamin C untuk wajah di apotik.

5. Krim Mata

Penampilan kantung mata yang menghitam dan kendur tentu akan membuat wajah tampak tidak sehat dan segar. Area bawah mata adalah bagian yang paling lembut dari kulit wajah kita dan yang pertama menunjukkan tanda – tanda penuaan. Sebab itu area bawah mata perlu menerima langkah khusus dalam perawatan wajah dengan penggunaan cream untuk menghilangkan kantung mata. Tepukkan krim mata dengan lembut dengan jari manis Anda untuk mempertahankan area tersebut tetap lembut dan cerah.

6. Pelembab

Tahapan perawatan wajah yang berikutnya adalah menggunakan pelembab. Pelembab berfungsi untuk memberikan hidrasi pada kulit dalam jumlah besar. Khususnya pelembab penting untuk mencegah kulit menjadi kering yang dapat memancing produksi minyak berlebihan dan menghasilkan jerawat, noda serta komedo pada kulit. Semua jenis kulit perlu menggunakan pelembab, bahkan jenis kulit berminyak sekalipun. Anda dapat menggunakan merk pelembab wajah yang bagus dan murah buatan lokal jika tidak ingin mengeluarkan banyak biaya.

7. Melindungi Kulit

Pemakaian tabir surya juga merupakan tahap perawatan yang tidak boleh dilewatkan. Jika Anda akan bepergian di siang hari, jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya sebagai pelindung kulit.  Pemakaian setiap hari dapat mengurangi penuaan kulit hingga 24 % dan menjadikannya salah satu dari produk perawatan anti aging terbaik yang pernah ada. Gunakan tabir surya minimal dengan jumlah SPF 30 untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari. Sesuaikan dengan jenis kulit Anda, misalnya menggunakan merk sunblock untuk wajah berminyak.

Ketika Anda sudah menemukan tahapan perawatan wajah yang benar dan cocok, Anda harus dapat menggunakannya secara fleksibel. Cara ini mungkin saja bisa berubah karena kondisi kulit wajah juga akan berubah sesuai dengan musim yang datang. Anda perlu menggunakan lebih sedikit atau lebih banyak produk untuk membantu menyeimbangkan kondisi kulit. Begitu juga dengan usia. Pertambahan usia memungkinkan kebiasaan merawat wajah juga mengalami perubahan. Jika Anda merasa ragu akan tahapan perawatan wajah yang benar, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter ahli kulit untuk mendapatkan pengetahuan yang benar tentang perawatan wajah.