6 Cara Perawatan Wajah Sehari – hari Dengan Bahan Alami Agar Cantik

Berkaitan dengan kondisi kulit yang bagus, ada banyak sekali produk perawatan kulit yang diklaim dapat memberi manfaat dalam waktu singkat, namun harus didapatkan dengan harga yang mahal. Memiliki wajah yang terawat baik pastinya merupakan keinginan setiap wanita, namun tidak semua orang mampu untuk mengeluarkan biaya besar demi perawatan kulit wajahnya. Untuk itu, mereka yang tidak memiliki anggaran berlebih perlu mencari alternatif lain yang dapat memberikan manfaat sama pada kulit wajahnya. Bahan – bahan alami dapat Anda gunakan untuk merawat wajah, dan manfaatnya tidak kalah dengan produk perawatan wajah modern yang berharga mahal.

Merawat wajah sehari – hari dengan  menggunakan bahan alami memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan penggunaan produk berbahan dasar kimia melalui produk kecantikan yang dijual bebas ataupun dengan melakukan perawatan di salon. Mungkin bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang, perawatan berbahan alami ini akan menyita banyak waktu untuk meramunya dan terkesan tidak praktis sama sekali. Namun di sisi lain, waktu santai Anda di rumah dapat dipergunakan untuk merawat diri dengan bahan yang aman dan bebas efek samping kimia.

Bahan Alami Untuk Perawatan Wajah Sehari – hari

Menggunakan bahan alami untuk wajah dapat menjadi cara alternatif dan Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk itu. Beberapa dari bahan ini bahkan mungkin sudah Anda dapatkan di rumah sendiri. Cara perawatan wajah sehari – hari dengan bahan alami adalah:

1. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau Melaleuca Alternifolia telah digunakan selama ratusan tahun di Australia, mengandung manfaat anti mikroba yang membunuh bakteri dan bisa digunakan untuk cara menghilangkan komedo membandel di kulit wajah. Sekitar 5 persen tea tree oil efektif untuk mengobati jerawat dalam tingkat ringan hingga sedang. Apabila banyak orang mengalami reaksi yang tergolong keras pada pengobatan jerawat lainnya seperti yang mengandung asam, tea tree oil biasanya mampu ditoleransi dan hanya mengalami sedikit efek samping jika dicampur dengan carrier oil dan dioleskan langsung pada kulit.

2. Minyak Kelapa

Cara perawatan wajah sehari – hari dengan bahan alami berikutnya adalah dengan minyak kelapa. Minyak kelapa adalah bahan pelembab alami untuk kulit yang dapat membuat kulit tetap bersih dan bebas infeksi, juga menjadi cara menghilangkan noda hitam di wajah. Kandungan fitokimia didalamnya dapat berfungsi sebagai antioksidan yang menahan radikal bebas. Panaskan sedikit minyak kelapa dan oleskan pada kulit wajah menggunakan ujung jari. Pijat perlahan selama 1-2 menit lalu biarkan meresap. Bersihkan dengan kapas wajah, ulangi cara ini dua kali sehari.

3. Cuka Apel

Asam yang terkandung dalam cuka apel dapat mengelupas sel kulit mati dan mengungkap lapisan kulit yang sehat dan baru. Cuka apel juga dapat mencegah pori wajah meradang dan membengkak. Cara perawatan wajah sehari – hari dengan bahan alami cuka apel dapat Anda coba di rumah. Siapkan satu bagian cuka apel dan satu bagian air, campur hingga merata. Celupkan kapas ke dalamnya lalu gunakan untuk mengoleskannya ke kulit wajah. Biarkan semalaman dan bilas seperti biasa keesokan paginya. Lakukan perawatan ini setiap malam sebelum  tidur. Cuka apel juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kemerahan di wajah akibat iritasi.

4. Madu

Kandungan vitamin dan mineral pada madu dapat menutrisi kulit, dan juga mengandung antioksidan yang disebut flavonoid yang memberi Anda kulit yang tampak muda dan bersinar. Pori – pori juga akan tetap bersih dengan penggunaan madu. Masker madu untuk flek hitam dan manfaat madu untuk kulit berminyak akan membuat wajah Anda mulus kembali. Siapkan satu sendok teh madu murni. Oleskan madu pada wajah yang bersih dan kering tipis – tipis. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Ulangi perawatan ini setiap hari.

5. Lidah Buaya

Tanaman ini mungkin  tidak dapat digunakan untuk semua jenis kulit, jadi sebaiknya lakukan tes alergi lebih dulu sebelum menggunakannya pada wajah Anda. Lidah buaya diketahui memiliki khasiat antiseptik, dapat melembabkan dan membantu membersihkan wajah dari jerawat serta noda. Cara menggunakan masker lidah buaya tidaklah sulit untuk cara membuat wajah glowing. Kupas tanaman lidah buaya dan ambil gel yang ada di dalamnya. Potong – potong gel tersebut lalu gunakan pada kulit wajah. Anda dapat menggunakan cara ini setiap hari.

6. Air Mawar

Bahan ini merupakan ramuan alami yang bagus untuk kulit bersih dan bersinar. Air mawar dapat meningkatkan sirkulasi darah di bawah kulit dan juga menyeimbangkan tingkat keasaman kulit. Cara membuat wajah glowing dengan air mawar sangat sederhana. Masukkan air mawar ke dalam lemari es selama 30 menit. Oleskan pada wajah bersih dan leher menggunakan kapas wajah. Biarkan mengering dengan sendirinya lalu gunakan pelembab. Anda dapat menggunakannya dua kali sehari.

Sebagai tambahan dari cara perawatan wajah sehari – hari dengan bahan alami, Anda juga perlu melakukan beberapa hal dasar seperti menjaga asupan cairan ke tubuh dengan banyak minum air putih yang dapat mengeluarkan racun dan membantu menjaga kelembaban kulit dari dalam. Menjaga makanan yang sehat agar kulit juga tetap tampak sehat, dan  jangan lupa untuk membersihkan peralatan make up Anda seperti kuas dan lainnya setiap dua minggu sekali, sebab bakteri berkembang pada benda – benda yang kotor dan lembab. Juga tidak lupa untuk melakukan tahapan perawatan wajah yang benar untuk menjaga kondisi wajah tetap sehat.