5 Ciri – Ciri Cocok Memakai Krim Wajah Dengan Aman

Berbicara mengenai perawatan wajah, caranya akan bervariasi dari orang ke orang. Para wanita jarang memiliki rutinitas perawatan kulit yang sama, begitu pula jika menggunakan krim wajah yang tidak selalu cocok untuk semua wanita. Penggunaan krim wajah dapat bervariasi tergantung kepada jenis kulit, lingkungan, usia dan budget yang dimiliki. Gencarnya taktik pemasaran produk juga turut menyumbang kepada tingginya minat para wanita untuk menggunakan krim wajah. Mungkin Anda sering mendengar tentang keajaiban sebuah produk krim wajah yang dapat mengatasi semua masalah kulit pada para wanita dalam waktu yang tidak lama, dan ingin mencobanya juga.

Ketika menggunakan krim wajah baru, tentunya Anda akan merasa antusias dan tidak sabar untuk melihat hasilnya dengan segera. Akan tetapi, pemakaian krim wajah terkadang tidak membuahkan hasil yang diharapkan walaupun produk tersebut kerap disebut – sebut sebagai produk yang ampuh untuk merawat wajah. Maka, sangat mudah untuk merasa bingung apakah krim wajah yang Anda gunakan bekerja dengan baik atau tidak. Bahkan mungkin terkadang Anda berpikir apakah krim tersebut justru membuat masalah kulit wajah menjadi semakin buruk.

Tanda Kecocokan Krim Wajah

Mengetahui ciri – ciri cocok memakai krim wajah sangat penting, terutama jika Anda menggunakan produk high end yang harganya pun tidak bisa dibilang murah. Sebenarnya ketika mulai menggunakan krim wajah tertentu, Anda harus dapat mengetahui apa yang diharapkan dari pemakaian tersebut dan apa yang harus dilakukan ketika tidak mendapatkannya. Memiliki pengharapan yang realistis adalah hal yang penting, karena Anda bisa menghabiskan budget dan merusak kulit wajah dengan ekspektasi yang tidak realistis. Ciri – ciri cocok memakai krim wajah antara lain:

1. Wajah tidak terasa terbakar

Sebagian orang ada yang menyatakan bahwa rasa terbakar ketika menggunakan krim wajah adalah bukti bahwa krim tersebut sedang bekerja. Hal itu benar jika Anda hanya merasakan beberapa detik perasaan tergelitik pada kulit, namun jika rasa tergelitik itu segera menjadi semakin parah dan intens, menunjukkan tanda – tanda meradang seperti kemerahan dan kulit tersengat, maka hentikan pemakaiannya segera. Anda tidak perlu mengalami kulit yang memburuk sebelum mendapatkan hasil yang lebih baik. Jika sudah terlanjur, Anda perlu melakukan cara mengatasi wajah memerah karena kosmetik dan cara menghilangkan kemerahan pada wajah akibat iritasi.

2. Wajah tidak mengalami iritasi

Reaksi iritasi pada wajah biasanya disebabkan oleh retinol, alfa hydroxy acid, dan benzoyl peroksida yang terkandung di dalam produk krim wajah. Jika wajah Anda tidak mengalami iritasi setelah pertama kali atau beberapa pemakaian, maka itu artinya ada ciri – ciri cocok memakai krim wajah tersebut dan Anda bisa meneruskan pemakaian. Anda bisa memulai dengan sampel produk dan melakukan tes alergi sebelumnya. Sampel membuat Anda dapat mengetahui beberapa pilihan berbeda untuk membantu memilih produk mana yang disukai, yang terasa cocok, dan apa yang Anda pikir akan sesuai untuk kulit wajah Anda.  Jika memungkinkan, minta atau belilah sampel dari konter produk tersebut.

3. Wajah tidak mengalami ruam

Penyebab alergi kulit wajah salah satunya adalah karena ciri – ciri skincare tidak cocok atau tanda – tanda kulit wajah tidak cocok dengan kosmetik. Perhatikan jika ada kemerahan atau ruam yang berlanjut selama beberapa hari, itu berarti Anda sedang mengalami reaksi alergi dari produk krim wajah tersebut. Hentikan pemakaian jika Anda mengalami hal ini, namun Anda bisa meneruskan pemakaian jika kulit wajah tampak baik – baik saja.

4. Ada perubahan pada kulit wajah

Bisa jadi Anda sudah menggunakan krim yang sama selama beberapa lama namun tidak tampak ada perubahan pada kulit wajah. Ciri – ciri cocok memakai krim wajah yang paling jelas adalah adanya perubahan yang tampak jelas pada kulit wajah Anda. Misalnya, wajah menjadi semakin mulus, halus dan kerutan yang ada berkurang, atau juga tampak adanya pengurangan frekuensi kemunculan jerawat dan tidak ada lagi minyak berlebihan di wajah setelah memakai krim tersebut selama beberapa waktu adalah tanda skincare cocok. Jika tidak yakin, Anda bisa bertanya kepada orang dekat bagaimana tampaknya kulit wajah Anda setelah pemakaian.

5. Tidak menimbulkan komedo atau jerawat

Mencegah komedo timbul pada kulit wajah memang tidak mudah, sebab banyak faktor yang dapat mempengaruhi hal tersebut walaupun Anda sudah merawat wajah dengan sangat hati – hati. Namun jika menggunakan produk krim wajah Anda menyebabkan penumpukan komedo yang lebih dari biasanya atau bahkan jerawat yang tidak juga reda selama lebih dari beberapa minggu, menjadi penyebab wajah bruntusan, maka itu adalah tanda bahwa krim wajah Anda tidak cocok. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa dengan seksama kondisi kulit wajah selama menggunakan krim, apakah komedo dan jerawat menjadi lebih banyak atau ada perubahan yang positif pada kondisi kulit wajah.

Ciri – ciri cocok memakai krim wajah tidak akan terjadi dalam waktu semalam, namun membutuhkan waktu untuk menunjukkan reaksinya pada kulit wajah Anda sesuai dengan tujuan krim tersebut dibuat. Pengobatan untuk jerawat memang dibuat untuk bereaksi secepat mungkin sebelum jerawat menjadi terlalu meradang, sedangkan perawatan untuk keriput dan noda hitam membutuhkan waktu yang lebih lama. Minimal dua minggu hingga satu bulan pemakaian yang dibutuhkan untuk menunjukkan khasiat dari krim wajah yang ditujukan untuk mengatasi penuaan dan noda hitam tersebut. Lamanya waktu reaksi bervariasi tergantung kepada formulasi produknya. Semakin lama waktu yang dibutuhkan justru akan memperkuat reaksinya pada kulit wajah Anda.