Cara Mempercepat Masa Purging Pada Kulit Wajah

Pernahkah Anda mulai menggunakan produk baru hanya untuk mendapati kulit wajah menjadi sangat berjerawat dan bruntusan beberapa hari setelahnya? Jerawat yang tumbuh acak, kulit yang teriritasi dan masalah kulit wajah lainnya muncul dan terasa seperti tidak akan berakhir. Seringkali kondisi ini disebut sebagai purging. Purging umumnya dikenal sebagai masa penyesuaian ketika kulit memburuk untuk sementara waktu dari penggunaan produk baru sebelum kulit menjadi lebih bersih dan cerah. Intinya, apa yang terjadi adalah bahwa produk mengeluarkan sumbatan pori – pori dan membersihkannya, bukan hanya sekedar mendetoksifikasi.

Kondisi ini belum tentu merupakan sebuah reaksi yang buruk, tetapi kemungkinan bisa terjadi karena produk yang digunakan bekerja dengan sangat baik sehingga benar – benar mendorong semua kotoran keluar dari kulit wajah Anda. Jika demikian, sepertinya terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Purging akan menjadi hal yang bagus jika skincare benar – benar bekerja dengan baik pada kulit Anda. Sisi lainnya, tidak banyak yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya atau menghentikannya ketika sudah dimulai, dan beberapa orang akan lebih rentan mengalaminya daripada orang lain.

Perbedaan Purging dan Breakout

Purging berbeda dengan breakout karena purging terjadi karena komedo yang berada di bawah kulit pada akhirnya bergerak naik ke permukaan sebagai hasil dari pemakaian produk yang meningkatkan pergantian sel kulit seperti asam glikolat, retinoid dan asam salisilat. Misalnya, ketika mengalami proses detok Moreskin anti acne, efek samping masker spirulina atau efek samping wardah white secret. Dengan kata lain, mengalami purging berarti melewati proses pemurnian kulit kembali dengan mengeluarkan semua kotoran yang menyumbat. Beberapa produk yang meningkatkan kecepatan pergantian sel, menyebabkan pembentukan jerawat yang lebih cepat juga. Karena itu pori yang tersumbat bisa cepat menjadi jerawat, dan adanya jerawat kecil akan berubah menjadi jerawat besar. Di lain pihak, bedanya purging dan tidak cocok dapat dilihat  jika Anda tidak menggunakan produk yang mempercepat pergantian sel atau produk yang memberi manfaat eksfoliasi wajah dan mulai mengalami jerawat di tempat – tempat yang belum pernah dialami sebelumnya, mengalami penyumbatan pada pori – pori atau mengalami reaksi alergi kulit dan iritasi, itu kemungkinan adalah proses breakout.

Mempercepat Purging

Bagi Anda yang sedang mengalam purging pastinya ingin agar fase tersebut cepat berlalu dan berusaha melakukan cara mempercepat masa purging di wajah Anda. Tetapi sayangnya jika proses purging sudah dimulai, tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk mempercepatnya kecuali menunggu dengan sabar, dan menjaga agar kondisi purging tidak menjadi semakin parah. Bahkan beberapa orang lebih rentan mengalaminya daripada orang lain. Berikut ini adalah tips dalam cara mempercepat masa purging serta meminimalkan tingkat keparahan purging pada wajah.

  • Selalu ingat untuk melindungi dan menjaga jerawat Anda dengan menghindari menggosok atau menggaruknya dengan tangan, atau membubuhkan krim jerawat berbahan kimia keras atau scrub wajah. Produk skincare yang keras tidak akan mampu menghilangkan jerawat lebih cepat, melainkan akan memperparah masalah wajah sehingga menjadi semakin buruk.
  • Ketika menggunakan produk skincare baru khususnya yang menggunakan bahan aktif yang belum pernah Anda gunakan sebelumnya, perkenalkan secara perlahan pada awalnya untuk meminimalkan efek purging pada kulit wajah. Anda bisa memulai dengan sejumlah kecil produk skincare tersebut dengan frekuensi yang sedikit pula sebelum meningkatkan penggunaannya sedikit demi sedikit.
  • Hindari mengekspos wajah pada sinar matahari selama purging. Selalu gunakan tabir surya dan perlindungan terhadap matahari seperti menggunakan topi atau syal dan pelindung wajah lainnya.
  • Hindari memencet atau menyentuh jerawat pada wajah Anda. Untuk mempercepat pemulihan dari proses purging, bantu kulit Anda untuk tetap berada pada kondisi terbaiknya dengan menjaganya tetap terhidrasi. Sangat disarankan untuk menggunakan pelembap dan pembersih yang ringan.
  • Hindari asap rokok dan usahakan untuk mencukupi kebutuhan tidur Anda, banyak minum air putih dan tetap berolahraga secara teratur untuk menjaga peredaran darah tetap lancar.

Sebenarnya cara mempercepat masa purging yang sulit dilakukan tidak perlu membuat Anda khawatir. Yang harus dilakukan hanya melindungi kulit dan menjaganya selama proses purging berlangsung. Sangat penting apabila Anda mengetahui dengan benar kepada kulit Anda untuk membantunya pulih kembali seperti semula. Pertanda terbesar jika Anda sedang mengalami purging adalah jika Anda baru – baru ini  menggunakan produk yang mempercepat pergantian sel untuk mendapatkan manfaat eksfoliasi wajah. Secara klinis, jerawat yang keluar akan tampak sama tetapi Anda dapat mengetahui bahwa itu adalah purging berdasarkan produk perawatan yang baru digunakan.

Selain itu, jika semua jerawat tampak keluar dalam satu malam, maka itu adalah tanda purging. Pertanda kedua adalah jika jerawat tidak berhenti keluar. Dengan purging Anda bisa mengalami kulit mengelupas, iritasi, mengalami serpihan kulit dan lebih banyak jerawat. Dengan adanya jerawat dan reaksi alergi bisa dikatakan bahwa kondisi tersebut lebih dari sekedar reaksi terhadap produk baru, dan tidak segera sembuh, maka ada hal lain yang sedang terjadi. Terakhir, apabila Anda mengalami efek samping selain yang sudah disebutkan, hal itu bisa juga menunjukkan reaksi buruk non purging yang seringkali mengarah kepada iritasi, gatal, kemerahan atau ruam. Misalnya ciri – ciri tidak cocok menggunakan krim HN atau mengalami efek samping masker beras kencur dan efek samping masker green tea bagi kulit sensitif. Jika Anda tidak yakin apa yang sedang dialami, sebaiknya berkonsultasilah kepada dokter ahli kulit segera untuk mengetahui bagaimana cara mempercepat masa purging atau menjaganya agar tidak semakin parah.