3 Cara Menggunakan Masker Komedo Serbuk yang Benar

Komedo adalah bintik hitam atau putih yang biasanya muncul di kulit wajah terutama di bagian hidung. Pemilik kulit wajah berminyak kerap mengalami kemunculan komedo ini yang akan terlihat sangat jelas berupa bintik – bintik hitam di hidung, area antara dua alis dan dagu. Komedo sebenarnya merupakan salah satu tipe jerawat yang tidak meradang sehingga tidak tampak seperti benjolan merah dan besar, juga tidak terasa sakit atau gatal sebagaimana jerawat yang kerap dialami. Walaupun demikian, mengorek – ngorek komedo sembarangan bisa memicu timbulnya jerawat yang meradang tersebut.

Penyebab timbulnya komedo adalah penumpukan sebum dan kotoran yang pada akhirnya menyumbat pori – pori atau kelenjar sebaceous pada kulit yang berminyak. Kebiasaan jarang membersihkan wajah terutama setelah menggunakan make up akan menyebabkan komedo, dan warna komedo yang hitam tersebut berasal dari proses oksidasi dengan udara terbuka. Komedo hitam terdapat pada pori – pori kulit yang terbuka, dan komedo putih terdapat pada pori kulit yang tertutup. Keduanya merupakan pengganggu bagi penampilan kulit, terutama komedo hitam yang masih terlihat walaupun sudah ditutupi dengan bedak atau foundation sekalipun.

Masker Untuk Menghilangkan Komedo

Jika tidak dilakukan cara menghilangkan komedo dengan benar, maka kulit wajah Anda pun akan terganggu penampilannya. Pengaplikasian make up juga tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Masker komedo serbuk sudah banyak dikenal sebagai cara yang ampuh untuk menghilangkan komedo. Cara menggunakan masker komedo serbuk berikut ini bisa Anda simak untuk memulihkan kemulusan kulit wajah.

1. Cara Pertama

Cara menggunakan masker komedo serbuk ini dapat dibuat dengan menggunakan tomat dan bubuk gelatin atau agar – agar. Tomat mengandung vitamin C yang dapat mencerahkan dan melindungi kulit dari bakteri yang menyebabkan jerawat. Anda bisa mengganti tomat dengan buah lainnya sesuai kebutuhan kulit untuk cara membuat masker pencabut komedo sebagai cara menghilangkan komedo blackhead.

  • Siapkan satu buah tomat dan dua sendok makan bubuk gelatin sapi, atau ganti dengan bubuk agar – agar warna putih.
  • Parut tomat sampai halus, saring dan ambil sarinya.
  • Tambahkan dua sendok bubuk gelatin atau agar – agar
  • Panaskan di atas air mendidih sampai meleleh lalu aduk sampai kental
  • Setelah lumayan dingin, oleskan ke seluruh permukaan wajah sampai rata dan diamkan sampai kering
  • Kelupas perlahan masker dari kulit wajah.

2. Cara Kedua

Masker komedo bubuk juga sudah banyak dijual di pasaran dengan berbagai merk dan bisa Anda peroleh dengan mudah. Misalnya manfaat masker lea gloria dan manfaat masker haruta yang salah satu variannya dapat menghilangkan ketombe. Cara menggunakan masker komedo serbuk adalah sebagai berikut.

  • Tuangkan satu sendok teh serbuk masker ke wadah kecil yang bersih
  • Tambahkan air panas sebanyak dua sendok teh
  • Cairkan menggunakan microwave sampai meleleh. Gunakan panci berisi air panas sambil dimasak dan diaduk hingga tidak menggumpal jika Anda tidak memiliki microwave.
  • Gunakan ketika masker sudah tidak panas.
  • Oles ke seluruh bagian wajah dengan kuas, usahakan jangan menggunakan tangan.
  • Anda perlu mengoleskannya tebal – tebal dan berulang agar mudah dikelupas.
  • Hindari bagian alis, mata dan lubang hidung serta mulut.

3. Cara Ketiga

Bubuk gelatin yang dicairkan akan menjadi cukup lengket hingga dapat membuat sebum dan kotoran yang menyumbat pori – pori merekat pada masker. Gelatin juga biasanya tidak menyebabkan efek samping atau rasa sakit berlebihan. Kandungan glisina atau asam amino sebagai pengisi protein berfungsi untuk mempertahankan kelembapan alami kulit. Nutrisi dan kandungan kolagen di dalam gelatin bisa membantu mengencangkan kulit. Cara menggunakan masker gelatin dan susu akan menjadi ramuan yang cocok untuk membersihkan wajah karena susu mengandung asam laktat yang akan memecah sel – sel kulit mati dan membantu regenerasinya. Anda juga dapat melakukan cara memakai masker gelatin tanpa susu. Cara menggunakan masker komedo serbuk dari bubuk gelatin dan susu yaitu:

  • Siapkan satu sendok makan bubuk gelatin sapi dan campur dengan satu sendok makan susu rendah lemak.
  • Aduk sampai merata dan tidak menggumpal lalu panaskan mangkuk dengan cara di tim dalam panci berisi air mendidih selama 15 detik.
  • Didihkan air di dalam panci lebih dulu sebelum menaruh mangkuk masker dan pastikan mangkuk yang digunakan tahan panas.
  • Anda juga bisa menggunakan microwave untuk memanaskannya.
  • Panaskan hingga berubah menjadi pasta, lalu angkat mangkuk dan tunggu sampai agak dingin.
  • Sebelumnya bersihkan dulu hidung Anda dengan pembersih. Aplikasikan masker dengan kuas sampai rata.
  • Biarkan sekitar 10 sampai 15 menit hingga masker mengering.
  • Kelupas masker setelah kering dan gunakan toner.

Jika Anda memilih cara menggunakan masker komedo serbuk yang berasal dari masker bubuk kiloan atau homemade yang banyak dijual di online, maka diperlukan kehati – hatian ekstra untuk memastikan keamanannya. Sebagaimana yang kita ketahui, penggunaan gelatin berbahan dasar babi tidak dihalalkan bagi para muslimah. Sehingga Anda harus benar – benar memastikan bahwa bubuk gelatin yang digunakan berasal dari sumber selain babi, misalnya sapi, ikan atau ayam. Tingginya resiko penipuan atau penjualan barang palsu tentunya harus sangat kita perhatikan agar tidak mengalami akibatnya. Usahakan untuk membeli pada toko offline atau online yang Anda percaya dan sudah terbukti akan kebaikan kualitas barang yang dijualnya.