9 Cara Menyeduh Masker Bubuk Dengan Berbagai Campuran

Masker wajah menjadi cara yang mudah dan murah untuk merawat wajah dan menjaga kualitas kulit wajah Anda. Ada berbagai jenis masker wajah yang bisa dibeli di pasaran sekarang ini atau dibuat dirumah saja untuk mendapatkan berbagai manfaat bagi kulit. Masker wajah bubuk sepertinya sedang sangat meroket popularitasnya di kalangan dunia kecantikan saat ini. Tentu saja ada alasan yang sangat bagus dari meningkatnya kegemaran wanita pada masker wajah bubuk ini. Karena bahan intinya lebih terkonsentrasi, maka akan lebih paten dalam memberikan manfaatnya bagi kulit wajah sehingga kulit Anda akan tampak cantik. Membuat masker bubuk memberikan keuntungan tersendiri, terutama karena murah dan praktis untuk digunakan. Masker bubuk dapat bertahan untuk jangka waktu yang panjang karena tidak mengandung air atau bahan lain yang cenderung membuatnya cepat basi atau kadaluarsa. Jika Anda khawatir akan pengawet, biasanya masker bubuk juga tidak menggunakannya. Anda bisa dengan mudah bepergian dengan membawa sedikit bubuk, tanpa larangan pembatasan pada kabin pesawat terbang sekalipun jika dibandingkan dengan masker berbentuk cairan. Kadarnya pun lebih banyak daripada masker jenis lain dalam satu kemasan.

Bahan Pencampur Masker Bubuk

Masker bubuk kerap kali dibuat dari bahan alami seperti clay, charcoal, biji – bijian atau ramuan berdasar tepung yang dicampur dengan cairan seperti air, lidah buaya atau madu. Ada banyak sekali bahan tambahan selain air biasa yang bisa digunakan dalam cara menyeduh masker bubuk. Anda bisa mengganti – ganti bahan pencampur masker bubuk sesuai kebutuhan dan kondisi wajah.

1.Jus Lidah Buaya

Dikenal paling baik karena efek menenangkan terhadap kulit yang terbakar matahari, lidah buaya juga merupakan astringent ringan, menyembuhkan jerawat dan menyeimbangkan tingkat keasaman kulit sehingga menjadi tambahan yang sangat baik untuk produk perawatan wajah. Pastikan lidah buaya Anda berada dalam bentuk cairan dan bukan gel, karena gel lidah buaya biasanya masih mengandung banyak racun. Anda juga dapat mencoba manfaat masker Lea Gloria dan manfaat masker Haruta untuk cara yang lebih praktis dalam menggunakan masker bubuk.

2. Cuka Apel

Aroma dari bahan yang sering digunakan dalam cara menyeduh masker bubuk ini biasanya memang kurang enak, namun dapat bekerja dengan sangat baik untuk kulit wajah dan rambut. Asam malat yang terkandung didalamnya membuat cuka apel menjadi eksfoliant yang non abrasif serta astringent, juga mengembalikan keseimbangan PH dan menenangkan kulit yang gatal dan kering. pastikan untuk mencairkan cuka apel lebih dulu dengan perbandingan 1:2 dengan air, satu bagian cuka apel dan dua bagian air.

3. Green Tea

Kandungan katekin secara alami sebagai antioksidan dengan kemampuan melawan radikal bebas yang ditemukan didalamnya memberikan keuntungan bagi anti penuaan. Mencegah dan memperbaiki kerusakan sel dan mendorong tingkat pergantian sel yang sehat. Selain itu juga mengecilkan pori, melembapkan dan menenangkan peradangan serta bengkak pada wajah. Gunakan teh hijau organik yang asli untuk menghindari kandungan pestisida di wajah Anda ketika melakukan cara menyeduh masker bubuk.

4. Madu

Madu murni kaya akan antioksidan, potasium dan mineral serta vitamin lainnya serta menjadi salah satu humektan alami yang paling baik untuk menahan kelembapan di kulit. Madu juga bersifat antibakteri dan anti jamur sehingga dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Madu murni lokal dan organik adalah pilihan yang paling baik untuk cara menyeduh masker bubuk, misalnya untuk cara membuat masker bengkoang bubuk dan cara membuat masker coklat bubuk untuk wajah. Hindari madu sebagai campuran pada cara membuat masker organik jika Anda memiliki alergi pollen.

5. Jus Lemon

Air perasan lemon sangat kaya akan fitokimia anti bakteri dan asam sitrat yang dapat mendorong sirkulasi darah. jus lemon harus dicairkan karena berpotensi mengiritasi kulit. Lemon bisa menyeimbangkan rona kulit, mencerahkan dan memutihkan kulit serta rambut, mengurangi jerawat dan merupakan eksfoliant yang non abrasif. Aroma citrusnya juga dapat menjadi pengangkat mood yang bagus. Jangan gunakan lemon sebagai cara menyeduh masker bubuk jika Anda memiliki kulit sangat kering, sensitif atau terbakar matahari.

6. Susu

Asam laktat didalam susu bersifat sebagai eksfoliant ringan dan non abrasif, bagus untuk membersihkan, memperbarui dan melembutkan kulit yang kering, iritasi dan sensitif. Whole milk mengandung lemak ekstra dan protein sebagai pelembut kulit tambahan. Pastikan untuk menggunakan whole milk yang bebas hormon seperti susu almond, susu kambing dan susu kedelai walaupun kandungan asam laktat dan lemaknya tidak akan sebanyak susu sapi.

7. Minyak

Ada banyak jenis minyak yang dapat dipilih untuk cara menyeduh masker bubuk masing – masing dengan keuntungannya tersendiri. Minyak almond kaya akan asam lemak dan bagus untuk semua jenis kulit, minyak aprikot bagus untuk kulit sensitif dan lanjut usia, grapeseed oil bersifat hipoalergenik dan bagus untuk kulit sensitif, jojoba oil dapat mendekati kondisi minyak alami kulit dan aman untuk yang memiliki alergi buah atau kacang, sedangkan minyak zaitun bersifat berat dan sangat melembapkan, tinggi vitamin dan mineral, sementara sunflower oil bagus sebagai alternatif dari minyak jojoba yang harganya lumayan mahal.

8. Air Mawar

Dikenal juga sebagai hidrosol, air mawar adalah produk sampingan dari produksi minyak esensial mawar dan dibuat dari penyulingan kelopak mawar dan air. Air mawar dapat menyeimbangkan semua jenis kulit, mempertahankan kelembapan, menenangkan kemerahan, menjadi astringent ringan dan bersifat anti bakteri. Dapat digunakan pada kulit sensitif dan kering sekalipun, juga bermanfaat sebagai aromaterapi, misalnya ketika Anda mencoba cara membuat masker coklat bubuk.

9. Yogurt

Anda bisa menggunakan yogurt sebagai cara menyeduh masker bubuk karena terbuat dari susu. Yogurt juga mengandung eksfoliant non abrasif dan asam laktat, meluruhkan sel kulit mati dengan lembut, melembutkan kulit dan rambut, menyeimbangkan rona kulit. Membuat masker sendiri dalam takaran yang diperlukan hanya untuk sekali pakai akan lebih baik agar dapat menghindari ciri- ciri masker kadaluarsa karena terlalu lama disimpan.

Anda bisa menggunakan bahan yang manapun untuk cara menyeduh masker bubuk. Cukup dengan menambahkan bahan yang diinginkan atau yang sedang diperlukan untuk merawat kondisi kulit wajah Anda sekarang dan aduk dengan takaran yang cukup. Aduk merata salah satu bahan tersebut sampai menjadi pasta kental dan tidak menggumpal, oleskan pada wajah dan biarkan mengering lalu bilas sampai bersih. Perhatikan untuk menghindari bahan yang berpotensi memicu alergi pada kulit Anda.