5 Cara Menyimpan Cream Wajah Jika Tidak Ada Kulkas

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa cara penyimpanan produk kecantikan di kulkas akan membuatnya lebih tahan lama. Sehubungan dengan mempertahankan kualitas kosmetik Anda lebih lama, suhu yang lebih rendah biasanya akan lebih baik. Ini disebabkan karena reaksi kimia yang muncul lebih cepat terjadi pada suhu tinggi. Kosmetik dan pelembab khususnya rentan terhadap oksidasi karena mengandung minyak yang bisa berubah menjadi berbau tidak sedap. Menyimpannya di kulkas dapat memperlambat proses tersebut, memperlambat reaksi kimia dan mempertahankan kualitas produk skincare Anda.

Bagaimana Oksidasi Terjadi

Oksidasi terjadi ketika satu bahan dalam produk kosmetik terekspos pada oksigen yang mengakibatkan perubahan pada warnanya. Sebenarnya semua zat akan mengalami oksidasi namun kita tidak bisa selalu melihatnya karena reaksi oksidasi akan tergantung pada material tersebut. Secara alami, mineral yang terkandung di dalam make up akan lebih rentan pada oksidasi. Misalnya, kandungan titanium dioksida, zinc oksida, dan iron oksida adalah tiga bahan mineral yang umum ditemukan dalam make up. Jika tiga mineral ini merupakan bahan yang dominan pada kandungan make up maka produk tersebut akan lebih mungkin teroksidasi. Titanium dioksida khususnya berupa pigmen berwarna putih, sehingga semakin cerah warna krim malam Anda, maka akan semakin mudah teroksidasi.

Kebanyakan produk skincare memiliki pengawet yang akan memungkinkan produk bertahan selama periode waktu tertentu. Karena inilah, kulkas belum tentu akan memperpanjang masa kadaluarsa produk. Menyimpan produk di suhu normal ruangan dan membuang apapun yang sudah dibuka selama tiga bulan akan lebih baik. Beberapa produk skincare seperti pengobatan untuk jerawat memerlukan penyimpanan di dalam kulkas, tergantung kepada kandungan kimia yang ada di cream tersebut. Penyimpanan di kulkas tidak akan mempengaruhi bahan aktifnya, tetapi dapat mempengaruhi bagaimana penampilan dari krim tersebut. Kulkas akan sangat berguna dalam cara menyimpan masker kentang dan cara menyimpan sisa masker putih telur yang akan digunakan kembali.

Menyimpan Cream Malam Tanpa Kulkas

Walaupun demikian, terkadang kita akan dihadapkan pada situasi dimana kulkas tidak dapat digunakan atau tidak tersedia. Misalnya, sedang dalam perjalanan jauh, mati listrik, kulkas yang mengalami kerusakan, dan lain sebagainya. Dalam kondisi demikian, Anda perlu tahu bagaimana cara alternatif untuk menyimpan krim malam agar tidak teroksidasi. Berikut ini adalah cara menyimpan cream wajah jika tidak ada kulkas.

1. Jauhkan dari panas dan cahaya

Suhu panas dan cahaya dapat mengubah susunan kimia pada produk krim wajah Anda yang akan mempengaruhi efisiensinya. Untuk alasan ini, beberapa formula skincare telah dikemas dalam wadah yang buram untuk menghindari paparan cahaya dan panas. Anda terutama perlu berhati – hati pada formula yang mengandung vitamin C, peptida atau retinoid karena lebih mudah mengalami ketidak stabilan karena suhu panas. Jauhkan produk skincare Anda dari jendela, yang merupakan sarana jelas untuk kontak cahaya dan panas matahari. Cara ini juga tidak bisa digunakan untuk cara menyimpan masker susu dan beruang, cara menyimpan masker peel off, juga cara menyimpan lulur kefir.

2. Jangan menyimpannya di kamar mandi

Mungkin akan terdengar lebih nyaman untuk menyimpannya di kamar mandi sebagai cara menyimpan cream wajah jika tidak ada kulkas, tetapi kamar mandi pada kenyataannya adalah salah satu tempat terburuk untuk penyimpanan produk skin care. Kamar mandi dapat berubah – ubah suhunya pada panas dan kelembaban sehingga bisa menguraikan bahan aktif dalam formula skin care, kosmetik dan bahkan parfum. Jika produk Anda disegel rapat pun tetap beresiko terekspos pada kondensasi. Artinya kelembaban menciptakan lingkungan yang sangat baik untuk jamur dan bakteri yang akan tumbuh. Jadi sebaiknya jauhkan produk yang menggunakan pot, tube atau jar dari kamar mandi. Simpanlah di laci meja rias untuk menjauhkannya dari panas dan cahaya.

3. Menggunakan ice gel

Saat ini banyak alternatif pengganti lemari es yang memungkinkan Anda melakukan cara menyimpan cream wajah jika tidak ada kulkas tanpa harus takut produk kecantikan Anda mengalami kerusakan. Salah satunya adalah ice gel. Ice gel juga sering disebut es kering atau blue ice, karena tidak akan membuat basah jika sudah mencair. Disebut blue ice, karena pada umumnya ice gel ini berupa gel berwarna biru yang dimasukkan dalam satu kemasan. Ice gel ada dua jenis yaitu yang berfungsi sebagai pendingin yang berwarna biru, dan juga berfungsi ganda sebagai pendingin serta penghangat dengan warna putih.

4. Menggunakan tas pendingin

Tas pendingin atau cooler bag adalah alternatif dalam cara menyimpan cream wajah jika tidak ada kulkas. Ini adalah jenis wadah yang berbentuk seperti tas dengan bagian dalam berlapis alumunium foil yang dapat mempertahankan suhu tetap dingin atau bahkan tetap panas selama beberapa waktu, dan biasanya digunakan untuk keperluan perjalanan. Ice gel kerap dimasukkan ke dalam tas ini untuk mempertahankan suhu dinginnya.

5. Menggunakan kulkas portabel

Saat ini sudah ada juga cara menyimpan cream wajah jika tidak ada kulkas yang lebih praktis yaitu kulkas portabel. Bentuk kulkas portabel ini biasanya kecil dan hanya cukup untuk menyimpan satu kaleng minuman saja, namun mendapatkan energi listrik melalui kabel USB yang tersedia. Cara ini dapat menjadi solusi bagi penyimpanan krim malam yang bagus untuk usia 20 an dan cream malam yang bagus untuk mencerahkan wajah pilihan Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa cara menyimpan cream wajah jika tidak ada kulkas tersebut hanyalah sementara, karena alat – alat tersebut hanya dapat bertahan sebagai alat pendingin selama beberapa waktu saja. Anda perlu bertanya kepada dokter kulit atau ahli kecantikan mengenai penyimpanan krim malam apabila memang benar – benar tidak memungkinkan untuk disimpan di dalam kulkas. Mungkin Anda bisa meminta resep krim lain yang tidak memerlukan kulkas sebagai tempat penyimpanannya.