8 Cara Menyimpan Masker Kentang Untuk Digunakan Kembali

Wajah yang putih dan cerah jauh dari kekusaman menjadi impian banyak wanita. Untuk itu banyak juga yang menggunakan berbagai produk perawatan atau skincare mahal agar bisa mendapatkan wajah yang diidamkan. Tetapi semua bahan yang terkandung dalam produk perawatan ini berbahan kimia yang memiliki resiko tersendiri ketika diaplikasikan pada kulit dalam jangka panjang. Sebagai alternatifnya, ada cara memutihkan kulit secara alami yang lebih aman untuk dicoba. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan wajah yang putih dan cerah secara alami.

Salah satu cara memutihkan kulit secara alami yang kerap dilakukan para wanita adalah menggunakan kentang sebagai masker wajah. Bukan hanya dapat digunakan sebagai bahan makanan pengganti nasi, kentang juga memiliki manfaat bagi perawatan kecantikan khususnya kulit, misalnya cara memutihkan wajah dengan kentang. Kentang memiliki kandungan vitamin C yang bagus untuk membuat kulit menjadi cerah dan vitamin lain seperti vitamin B yang juga dapat menutrisi kulit serta mencegah terjadinya kerutan pada kulit Anda.

Manfaat Kentang Untuk Wajah

Kini sudah banyak yang menyadari manfaat kentang sebagai cara memutihkan kulit wajah secara alami. Beberapa manfaat kentang untuk kulit wajah yang akan didapatkan yaitu:

  • Mengatasi kulit kering – Jenis kulit yang kering sangat cocok dengan manfaat masker kentang campur madu yang diparut dan dicampur dengan satu sendok teh madu. Oleskan tipis pada wajah, biarkan selama beberapa menit agar mengering sebelum dibilas dengan air. Kulit akan terasa lebih lembut dan lembab setelahnya.
  • Mengatasi jerawat dan kulit berminyak – Masker kentang juga cocok untuk merawat kulit berminyak yang rentan berjerawat. Anda dapat mengoleskan jus kentang secara merata pada bagian yang berjerawat, diamkan beberapa menit dan bilas dengan air bersih.
  • Menghilangkan sel kulit mati – Penumpukan sel kulit mati akan membuat wajah menjadi kusam dan pori – pori juga tersumbat. Cara membuat masker kentang untuk sel kulit mati adalah dengan mencampurkan kentang yang diparut dengan dua sendok makan jus lemon. Oleskan ke seluruh wajah kecuali area mata dan biarkan sekitar 30 menit untuk membantu pengelupasan sel kulit mati pada wajah.
  • Menghilangkan mata panda – Kantung mata yang hitam dan kerap disebut sebagai mata panda akan membuat kita tampak lelah dan tua. Cara menghilangkan mata panda juga akan dapat Anda lakukan sebagai manfaat kentang untuk wajah, dengan menempelkan potongan kentang tipis – tipis pada mata selama 15 menit.
  • Mencegah penuaan dini – Cara mencegah penuaan dini berupa kerutan dan garis halus pada wajah bisa disamarkan dengan mencampur satu buah kentang dengan satu sendok teh yogurt yang diblender hingga menjadi pasta. Oleskan pada wajah, biarkan menyerap selama beberapa menit lalu bilas.

Menyimpan Sisa Masker Kentang

Terkadang walaupun sudah digunakan secara tuntas pada wajah, masih akan ada tersisa bahan – bahan yang sudah dicampur dan sebagian telah digunakan untuk masker kentang tersebut. Tentu saja sayang untuk dibuang jika campuran masker kentang tersebut masih dapat digunakan kembali. Menyimpan sisa masker perlu dilakukan dengan cermat agar produk tidak terkontaminasi dan masih segar. Cara menyimpan masker kentang yang tersisa agar dapat digunakan kembali bisa Anda simak pada pembahasan berikut.

  1. Pastikan sisa masker kentang tidak terkontaminasi kotoran lain yang berasal dari lingkungan atau dari alat – alat dan tangan Anda. Jika sudah kotor, buanglah.
  2. Siapkan tempat penyimpanan, bisa berupa kantong ziplock untuk sisa parutan kentang atau botol kedap udara dan wadah kedap udara yang bersih untuk jus kentang.
  3. Anda juga bisa memasukkan wadah tersebut ke dalam kantong ziplock untuk perlindungan ekstra dan cara menyimpan masker kentang yang aman.
  4. Simpan ke dalam lemari es sebagai cara menyimpan masker kentang untuk menjaganya tetap segar.
  5. Sangat disarankan untuk menggunakan sisa masker kentang dalam waktu dua hari saja untuk tetap mendapatkan hasil yang terbaik.
  6. Jangan menyimpannya lebih dari dua hari, karena seiring waktu maka bahan masker kentang akan kehilangan keefektifannya karena ekspos terhadap udara, walaupun sudah disimpan dalam wadah kedap udara tersebut.
  7. Intinya, karena merupakan bahan yang telah diolah, sebaiknya tidak melakukan cara menyimpan masker kentang terlalu lama.
  8. Jika Anda tidak menggunakan sisa masker tersebut dalam waktu lebih dari dua hari, sebaiknya buang sisa masker kentang tersebut.

Kelebihan dari produk kecantikan yang dibuat sendiri dengan bahan alami adalah tidak mengandung bahan kimia yang membuat sebagian wanita tidak nyaman dengan efek sampingnya. Akan tetapi juga memiliki kekurangan, yaitu tidak ada pengawet yang dapat membuatnya lebih tahan lama. Maka penyimpanan yang tepat harus dilakukan untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada produk kecantikan buatan rumah. Cara menyimpan masker kentang bisa Anda lakukan hanya dalam waktu singkat karena kentang mengandung air yang cukup banyak. Kandungan airnya akan membuat kentang mudah terkontaminasi bakteri dan kotoran, juga mudah membusuk walaupun sudah diparut atau dibuat menjadi jus kentang. Perhatikan benar – benar sisa masker kentang yang akan Anda simpan. Jangan memaksakan penyimpanan apabila sisa masker sudah benar – benar tidak dapat digunakan, sebab menggunakan sisa masker yang busuk sudah tentu akan membawa efek negatif pada kulit wajah Anda. Anda juga perlu tahu mengenai bolehkah menggunakan masker kentang setiap hari, karena ada efek samping masker kentang untuk wajah.