6 Manfaat Masker Aztec Indian Healing Clay Untuk Wajah

Aztec Secret Indian Healing Clay Mask adalah produk masker yang berasal dari Nevada, Amerika Serikat yang mulai naik daun di kalangan para wanita pengguna produk kecantikan di Indonesia. Masker ini menjadi senjata yang ampuh untuk melawan jerawat – jerawat di wajah yang sulit dihilangkan. Formula masker ini adalah 100 persen lempung atau tanah liat yang mengandung bentonite kalsium alami yang bebas dari zat aditif, pewangi buatan atau produk yang berbahan hewan. Masker Aztec paling cocok digunakan untuk jenis kulit berminyak yang mudah atau rentan berjerawat.

Bentonite yang terkandung di dalam masker ini terbentuk dari montmorillonite dan silika koloid, juga kalsium dan natrium. Material ini terbentuk dari hasil aktivitas gunung berapi, biasanya berupa batuan lunak hasil dari letusannya. Masker aztec yang juga dikenal sebagai ctidak hanya memiliki manfaat untuk kulit tetapi juga untuk rambut. Berikut ini adalah beberapa manfaat masker Aztec yang perlu Anda ketahui.

1. Menghilangkan jerawat

Penggunaan masker Aztec akan membuka kelenjar sebaceous di kulit wajah yang tersumbat, juga berfungsi sebagai disinfektan dari pori – pori yang terkena bakteri yang menyebabkan jerawat, mengontrol produksi sebum, juga mengeringkan dan menyembuhkan komedo putih serta komedo hitam. Cara menggunakan manfaat masker Aztec ini juga sangat mudah yaitu:

  • Campurkan satu sendok teh bubuk masker Aztec dengan satu sendok makan cuka apel.
  • Aduk rata hingga menjadi pasta yang tidak menggumpal.
  • Oleskan masker ke seluruh bagian wajah yang berjerawat.
  • Biarkan selama 20 – 30 menit sampai benar – benar kering, lalu bilas sampai bersih.

2. Mengkilapkan dan menyehatkan rambut

Tidak hanya memiliki manfaat untuk kulit wajah, ada pula manfaat masker Aztec untuk perawatan rambut. Masker dapat diaplikasikan pada rambut lalu didiamkan selama 30 menit. Bersihkan masker pada rambut dengan cara keramas sampai benar – benar bersih. Efeknya pada rambut akan langsung terasa setelah pemakaian berupa tekstur rambut yang menjadi lembut, lembap dan terhidrasi, tidak mengembang dan tidak kusut.

3. Mencegah stres

Tuntutan kehidupan di zaman sekarang membuat siapa saja rentan menghadapi masalah stres berat. Untuk itu perlu dilakukan berbagai cara pencegahan agar stres tidak mengganggu kualitas hidup Anda. Kombinasi masker dengan berbagai jenis minyak esensial juga akan menjadi cara yang bagus untuk mencegah stres. Larutkan masker dengan air biasa dan campurkan minyak lavender sebanyak beberapa tetes. Walaupun tidak akan membuat Anda menjadi sangat rileks tetapi campuran ramuan ini mampu mencegah sakit kepala dan stres tersebut.

4. Menyembuhkan berbagai jenis luka

Manfaat masker Aztec juga bisa Anda dapatkan sebagai bahan untuk mengatasi berbagai jenis luka seperti luka gores, memar, otot yang tertarik, eksim, gigitan nyamuk atau serangga lainnya. Begitu juga untuk mengatasi kesemutan yang terkadang bisa menjadi sangat mengganggu. Anda juga dapat mencoba manfaat masker timun untuk wajah atau manfaat masker kefir green tea yang bisa menenangkan dan menambah kelembapan pada kulit wajah.

5. Sebagai masker detoks

Manfaat masker Aztec sebagai masker detoks juga sudah mulai dikenal di kalangan para praktisi kecantikan wanita. Fungsi masker detoks adalah untuk membersihkan pori dan juga membuang racun dari kulit wajah. Masker Aztec cocok untuk menyembuhkan kulit yang sudah terlanjur terkena bahan berbahaya seperti merkuri dan hydroquinon. Begitu juga dengan manfaat masker arang, manfaat masker lea gloria dan manfaat masker haruta yang berupa masker bubuk untuk menghilangkan racun dari kulit wajah.

6. Menghilangkan komedo

Komedo yang tampak jelas dan sering menjadi masalah di kulit wajah para wanita ini juga dapat diatasi dengan pemakaian masker Aztec clay. Komedo akan mudah dibersihkan setelah pemakaian masker dan dibilas, juga sangat mudah dikeluarkan sehingga Anda tidak akan perlu memencetnya agar keluar ke permukaan kulit.

Cara Pemakaian Masker Aztec Clay

Konon masker ini akan bekerja lebih efektif apabila dicampur dengan cuka apel. Tetapi jika Anda tidak nyaman menggunakan cuka apel pada wajah terutama bagi yang memiliki kulit kering, maka Anda bisa menggantinya dengan air mineral hangat. Agar lebih jelas, simaklah cara menggunakan masker pada wajah berikut ini.

  • Penting untuk diketahui, tidak dianjurkan menggunakan mangkuk dan sendok berbahan logam ketika meramu masker ini karena akan mengaktifkan bentonite lebih awal dan mengakibatkan efektifitasnya berkurang.
  • Siapkan masker secukupnya, sendok dan mangkuk berbahan plastik, kayu atau melamin, air mineral hangat atau cuka apel, kuas masker, waslap dan air hangat untuk membilas.
  • Tuangkan bubuk masker Aztec secukupnya ke dalam mangkuk, campurkan dengan air mineral hangat atau cuka apel. Jangan gunakan air dingin karena masker akan menggumpal.
  • Aduk sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi pasta yang tidak menggumpal.
  • Oleskan ke wajah menggunakan kuas masker.
  • Tunggu sampai masker mengering, dan usahakan meminimalkan gerak wajah agar masker tidak retak.
  • Bersihkan dengan waslap yang dicelup ke dalam air hangat.
  • Cuci muka setelahnya dengan sabun wajah Anda yang biasa dan keringkan.
  • Periksa wajah Anda di depan kaca, bersihkan kembali jika ada komedo yang muncul.
  • Gunakan pelembab setelahnya.

Saat dipakai di wajah, tekstur masker akan berubah mengeras dan terasa seperti menarik kulit. Ketika Anda mencoba manfaat masker Aztec untuk pertama kali, kemungkinan wajah akan tampak kemerahan seperti habis facial, mungkin juga akan terasa gatal. Maka sebaiknya Anda tidak menggunakan masker ini jika akan keluar rumah. Anda juga tidak disarankan untuk menggunakan masker terlalu sering, karena beresiko akan membuat kulit menjadi kering. Cukup gunakan masker ini satu atau dua kali dalam seminggu saja. Perhatikan juga efek samping gonta ganti masker wajah yang bisa terjadi, usahakan untuk menggunakan satu jenis masker saja dalam satu rentang waktu perawatan.