7 Khasiat Masker Pomegranate Untuk Wajah

Pomegranate atau pome dikenal di Indonesia sebagai buah delima atau punica granatum, tanaman buah – buahan yang tumbuhnya bisa mencapai tinggi 5 – 8 meter. Salah satu kota kuno di Spanyol dinamakan sama dengan buah ini oleh bangsa Moor. Asal delima diperkirakan dari Iran hingga ke utara India, namun sudah dikembang biakkan di daerah Mediterania sejak masa lampau. Selain itu juga banyak ditanam di Cina Selatan dan Asia Tenggara. Buah delima mencapai musimnya pada bagian bumi utara mulai bulan September hingga Februari, dan bagian bumi selatan pada Maret hingga Mei.

Ada tiga macam delima yaitu putih, merah dan ungu. Delima kerap digunakan dalam pembuatan kue, memasak, jus, hiasan makanan, smoothies, bahkan untuk pembuatan alkohol seperti cocktail dan wine. Pomegranate dikenal secara populer sebagai ‘buah – buahan surga’ karena biji – bijinya tidak hanya dapat memaksimalkan rasa setiap hidangan makanan tetapi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Buah delima yang lazim digunakan sebagai masker adalah delima merah, yang kerap digunakan para wanita untuk mendapatkan khasiat masker pomegranate berikut ini.

Manfaat Masker Pomegranate

Nama pomegranate berasal dari Perancis Tengah, yaitu pomme garnete atau artinya seeded apple dalam bahasa Inggris atau apel unggulan dalam bahasa Indonesia. Buah ini bahkan banyak disebut di legenda – legenda Yunani dan teks kuno termasuk Injil. Beberapa orang bahkan mempercayai bahwa buah yang dimakan Hawa atau Eve di Taman Surga adalah delima dan bukan apel.

1.Menghidrasi kulit wajah

Pomegranate dikatakan menjadi salah satu masker buah untuk kulit berminyak yang bisa melembapkan dan juga menghidrasi kulit wajah dengan baik, kaya akan kandungan vitamin C yang juga dapat menghaluskan dan melembutkan kulit dengan mengurangi kekeringan pada wajah. Penggunaan masker secara rutin akan memberikan khasiat masker pomegranate yang berasal dari kandungan minyak alaminya untuk membantu regenerasi kulit wajah dan menyerap dengan mudah hingga lapisan kulit terdalam.

2. Melindungi wajah

Paparan sinar matahari yang sering bisa merusak kulit wajah dan menimbulkan berbagai masalah seperti penuaan dini dan flek hitam. Khasiat masker pomegranate bisa membantu mengatasi kerusakan akibat sinar matahari dengan kandungan antioksidan, antosianin dan tanin sebagai anti inflamasi untuk melindungi kulit wajah dari kerusakan akibat sinar UV B. Pomegranate memiliki kandungan yang dapat melindungi dari sinar matahari, melawan radikal bebas, mencegah kanker kulit, merawat kulit terbakar matahari dan mengurangi tanda – tanda kerusakan akibat sinar matahari. Minyak biji pomegranate juga bisa melindungi dari kanker kulit karena kandungan ellagic acid, antioksidan polifenol yang ditemukan dalam jumlah besar di dalam delima, yang ditemukan para peneliti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

3. Mencegah penuaan dini

Pomegranate mengandung antioksidan tiga kali lebih banyak daripada anggur merah dan green tea, juga mengandung tiga jenis polifenol seperti tanin, antosianin dan ellagic acid. Menurut sebuah penelitian, khasiat masker pomegranate dapat mencegah tanda – tanda penuaan dini akibat sinar matahari pada kulit wajah seperti flek hitam, kerutan dan garis – garis halus. Kolagen sebagai protein yang diproduksi di dalam tubuh sangat penting untuk membentuk struktur jaringan kulit. Delima memiliki kandungan air dan antioksidan yang mampu meningkatkan produksi kolagen tipe I dan elastin pada kulit sehingga akan tampak lebih kenyal serta sehat.

4. Mencerahkan kulit wajah

Delima mengandung vitamin C yang bisa membantu menjadikan kulit wajah lebih cerah dan tidak lagi tampak kusam serta tidak bercahaya. Delima juga bermanfaat sebagai eksfoliator yang sangat baik untuk meluruhkan sel – sel kulit mati di wajah sehingga menguak lapisan kulit di baliknya yang lebih segar dan mengatasi masalah hiperpigmentasi di kulit wajah yang membuat wajah tampak gelap. Delima bermanfat untuk kulit wajah yang lelah, kusam dan keabuan karena dehidrasi, membuatnya kembali kenyal dan tidak kendur. Untuk mencerahkan kulit wajah, Anda juga bisa mencoba manfaat masker Rorec Snail dan manfaat masker Spirulina.

5. Mengatasi jerawat

Kandungan anti inflamasi dalam delima akan membantu memberi efek terhadap kulit yang mengalami iritasi serta peradangan pada jerawat. Munculnya jerawat bisa disebabkan karena bakteri, minyak dan kotoran yang menumpuk di kulit wajah. Buah delima mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi munculnya jerawat dengan memperbaiki sel – sel kulit.

6. Meremajakan kulit

Pomegranate akan membantu melindungi bagian epidermis atau lapisan terluar kulit wajah dan membantu regenerasi sel kulit di epidermis tersebut, begitu juga dengan bagian dermis atau lapisan bagian dalam, meningkatkan sirkulasi darah dan menyembuhkan kulit, membantu perbaikan jaringan kulit dan penyembuhan luka. Anda juga bisa mencoba manfaat masker Bioaqua, manfaat masker pepaya bagi kulit dan manfaat masker timun untuk wajah.

7. Membantu pertumbuhan rambut

Kandungan punicic acid dalam biji pomegranate diketahui dapat memperkuat folikel – folikel rambut dengan menstimulasi sirkulasi darah dan memperbaiki peredaran darah di kulit kepala. Minyak pomegranate juga diketahui bisa digunakan sebagai minyak pijat untuk rambut yang dapat melembutkan rambut keriting mengembang dan berfungsi sebagai deep conditioning.

Walaupun khasiat masker pomegranate bisa Anda dapatkan melalui bijinya yang memang sudah dikenal luas dengan manfaatnya, namun kulit delima juga tidak kalah bermanfaat jika digunakan dalam cara membuat masker alami. Kulitnya bisa mencegah kerusakan kolagen dan bisa mendorong pertumbuhan sel jika diaplikasikan secara topikal. Kulit delima juga bisa membantu melawan jerawat dan bekasnya sebagai facial scrub yang bagus dan eksfoliant, juga mengandung senyawa pemblokir sinar matahari.