8 Manfaat Luluran Di Malam Hari Untuk Kecantikan

Konon kecantikan alami wanita akan terlihat ketika bangun tidur dengan wajah yang alami dan tanpa polesan make up. Pendapat tersebut ada benarnya karena ketika bangun tidur maka kulit wajah akan menampakkan tekstur yang asli. Ketika kita tertidur di malam hari, metabolisme tubuh bekerja maksimal untuk semua bagian tubuh termasuk untuk meremajakan kulit. Perawatan tubuh yang biasa dilakukan wanita di malam hari biasanya terbatas pada penggunaan body lotion, itu pun jika tidak lupa dilakukan. Merawat tubuh di malam hari sebenarnya tidak kalah penting dengan di siang hari, karena tubuh mencakup 81 persen area kulit dari tubuh. Tanpa perawatan kulit yang maksimal maka kulit tubuh juga akan tampak kusam dan tidak bercahaya. Manfaat luluran di malam hari bisa Anda gunakan untuk mendapatkan regenerasi kulit lebih maksimal sehingga ketika bangun pagi maka kulit akan tampak bersinar.

1.Membantu proses regenerasi kulit

Pada siang hari kulit sudah terpapar berbagai polutan dan kotoran sehingga membutuhkan sel – sel baru untuk menggantikan sel yang lama dan menua karena berbagai paparan polutan tersebut. Proses regenerasi kulit biasanya berlangsung di malam hari dan membutuhkan asupan nutrisi untuk mempercepatnya. Pembaruan sel akan berlangsung dua kali lebih aktif di malam hari sehingga kulit membutuhkan pemicu yang bisa mempercepat pertumbuhan sel – sel baru. Manfaat luluran di malam hari akan membantu peluruhan sel kulit lama lebih cepat sehingga bisa tergantikan oleh yang baru. Anda bisa mencoba lulur untuk memutihkan kulit, manfaat lulur azarine atau manfaat lulur herborist.

2. Melembapkan kulit

Manfaat luluran di malam hari adalah untuk menjaga kelembapan kulit. Pada malam hari, air terserap di kulit mencapai 25 persen sehingga kulit bisa menjadi sangat kering. Sedangkan kulit yang kering akan sangat rentan mengalami iritasi juga sulit menyerap produk perawatan tubuh lainnya seperti lotion. Melulur kulit di malam hari akan membantu kulit memulihkan kelembapan yang dibutuhkannya karena dapat menghilangkan kotoran serta polutan yang menempel di kulit.

3. Menenangkan kulit tubuh

Kulit tubuh juga dapat mengalami stress karena paparan berbagai polutan, debu, kotoran, radiasi sinar UV, bahkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sepanjang hari. Kulit yang stress bisa terasa kencang dan tertarik, timbul jerawat dan terasa kering, merah serta gatal. Manfaat luluran di malam hari bisa menenangkan kulit yang lelah setelah terekspos berbagai macam material di siang hari dengan pijatan dan gerakan melingkar yang dilakukan saat meluruhkan lulur. Cobalah manfaat lulur green tea untuk memberi efek relaksasi pada kulit dan tubuh secara keseluruhan.

4. Menghilangkan sel kulit mati

Menggunakan sabun mandi biasa hanya dapat membersihkan kotoran yang menempel di permukaan kulit, tetapi tidak membantu dalam mengangkat sel kulit mati. Manfaat luluran di malam hari dapat membantu menghilangkan ciri – ciri sel kulit mati sehingga tidak ada yang menempel pada kulit dan menyebabkan kulit menjadi kusam.

5. Mencerahkan kulit

Sel kulit mati yang menumpuk akan menyebabkan kulit tampak kusam dan gelap. Kulit yang tidak bercahaya juga akan menyebabkan seluruh penampilan Anda menjadi kusam dan lesu serta tidak bercahaya, terutama pada bagian tubuh yang sulit dijangkau. Manfaat luluran di malam hari akan membantu mengembalikan kecerahan kulit sehingga penampilan pun tampak bersih dan segar. Anda bisa mencoba lulur alami untuk memutihkan kulit seperti manfaat lulur temulawak dan manfaat lulur bali.

6. Menghaluskan kulit

Manfaat luluran di malam hari akan membantu mempertahankan kulit tubuh yang halus dan lembut sehingga teksturnya tidak menjadi kasar akibat penumpukan sel kulit mati. Dengan hilangnya sel kulit mati maka akan merangsang pembentukan sel kulit baru yang halus dan sehat sehingga tekstur kulit akan terasa lebih halus dan lembut ketika bangun tidur keesokan harinya.

7. Mencegah penuaan

Kulit akan mengalami penuaan seiring dengan pertambahan usia, namun kulit yang tidak dirawat dengan baik akan mengalami penuaan lebih cepat. Proses penuaan ini juga dapat terjadi lebih cepat terutama jika sering terpapar radikal bebas, polusi, sinar UV, debu dan lainnya. Salah satu cara untuk mencegah penuaan adalah dengan menghilangkan semua polutan yang menempel pada kulit dengan cara luluran. Manfaat luluran di malam hari merupakan waktu yang tepat karena pada saat itu kulit sudah mengalami berbagai paparan di siang hari yang bisa mempengaruhi penuaan.

8. Mengencangkan kulit

Proses lulur yang melibatkan pijatan pada kulit akan berguna untuk relaksasi tubuh yang lelah setelah beraktivitas seharian. Aroma lulur yang alami biasanya juga bisa berfungsi sebagai aromaterapi yang menenangkan pikiran dan otot tubuh yang tegang. Selain itu pijatan juga bisa memperlancar peredaran darah dan membantu kulit agar lebih kencang serta tidak mudah kendur.

Manfaat luluran di malam hari bisa Anda dapatkan dengan memperhatikan hal – hal kecil namun berpengaruh pada keberhasilan lulur tersebut. Pilihlah jenis lulur yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan jenis kulit Anda. Hindari lulur yang berbutiran keras untuk kulit kering dan sensitif karena akan menyebabkan iritasi. Usahakan untuk melakukan tes kulit lebih dulu agar Anda dapat menghindari kemungkinan reaksi alergi . Jangan melakukan lulur terlalu lama dengan niat untuk membersihkan secara maksimal, lakukanlah luluran sesuai petunjuk yang dianjurkan saja agar kulit tidak mengalami iritasi. Anda juga tidak perlu melakukannya setiap hari melainkan cukup 1 – 2 kali dalam seminggu saja.