Totok Wajah Sebaiknya Dilakukan Berapa Kali Dalam Sebulan

Totok wajah yang berasal dari Tiongkok (RRC) merupakan perawatan untuk wajah yang berasal dari perpaduan dari dua metode yaitu pijat dan tekanan akupresur serta tekanan yang berasal dari energi tenaga dalam atau bioenergy . Tenaga dalam ini dialirkan bersamaan ke seluruh tubuh agar otot dapat menjadi lebih rileks. Totok wajah akan dilakukan oleh seorang ahli, terapis atau praktisi akupresur yang sudah berpengalaman di bidangnya. Para terapis biasanya akan menggunakan jari tangan, telapak atau alat khusus yang digunakan untuk memberikan tekanan pada titik – titik akupresur di jalur meridian tubuh. Totok wajah akan menjadi cara membuat wajah awet muda dan kencang serta cara mengatasi wajah berminyak.

Tahapan Totok Wajah

Ketika melakukan totok wajah, Anda biasanya akan diminta untuk berbaring atau duduk pada kursi atau dipan khusus yang sudah disediakan. Biasanya tahapan totok wajah ini akan memakan waktu kurang lebih selama 60 menit. Proses totok wajah terdiri dari beberapa langkah atau tahapan yang dilakukan oleh terapis di salon atau klinik kecantikan yaitu:

  • Wajah Anda akan dibersihkan lebih dulu sebagai langkah pertama. Terapi akan dimulai dengan beberapa pijatan ringan di tubuh yang berguna untuk mengendurkan otot syaraf lebih dulu. Terapis juga sebelumnya harus memastikan bahwa Anda nyaman dengan kekuatan tekanan yang diberikan, jika tidak maka tekanan harus disesuaikan. Fokus dari pijatan adalah pada beberapa titik di wajah, leher dan punggung bagian atas.
  • Pijatan pertama membuat tubuh rileks dan peredaran darah menjadi lancar, lalu perawatan totok wajah memasuki tahap perawatan utama yaitu totok pada wajah.
  • Area pemijatan wajah biasanya akan dibagi menjadi dua bagian yaitu area wajah di kanan dan kiri. Ada lebih dari ratusan titik akupresur yang terdapat pada wajah yang akan distimulasi oleh terapis.
  • Totok wajah biasanya dilakukan dengan memberikan krim atau minyak tertentu untuk kulit wajah yang sekaligus dapat menutrisinya. Fokus utama pada totok wajah adalah di sekitar alis mata, sepanjang sisi dahi, tulang pipi, dagu, area garis senyum, pelipis, alis bagian atas, pangkal dan sisi hidung.
  • Setelah itu wajah Anda akan dibubuhkan masker oleh terapis.

Frekuensi Totok Wajah

Totok wajah dengan metode yang mengandalkan pijatan dan tekanan pada wajah akan bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, mengaktifkan otot dan syaraf tubuh, juga merangsang pusat syaraf. Selain itu totok wajah dapat mengecilkan pori, mencegah keriput, mengatasi masalah sinus dan sakit kepala atau migren, juga membuat suasana hati membaik karena tubuh lebih rileks. Hasil totok wajah biasanya akan langsung dirasakan dan bisa dilihat setelah selesai dilakukan, namun akan mancapai hasil maksimal jika dilakukan secara rutin. Seberapa sering totok wajah sebaiknya dilakukan berapa kali dalam sebulan juga perlu diketahui dengan baik. Banyak konsumen yang kurang paham mengenai totok wajah sebaiknya dilakukan berapa kali dalam sebulan, dan berakhir dengan melakukan totok wajah yang kelewat sering sehingga justru mendatangkan masalah pada wajahnya.

Para ahli berpendapat bahwa setelah melakukan totok wajah, Anda perlu menunggu selama setidaknya 7 hari sebelum kembali melakukan totok lagi. Hal ini diperlukan untuk memberi waktu pada kulit wajah untuk beristirahat setelah terkena tekanan akupresur. Metodenya yang menggunakan tekanan dan tenaga dalam membuat Anda tidak dapat menggunakannya terlalu sering, atau akan mendatangkan masalah baru pada kulit wajah. Begitu juga dengan manfaat totok aura  wajah yang tidak dapat dilakukan terlalu sering.  Sangat disarankan untuk melakukan totok wajah maksimal hanya dua kali dalam sebulan saja. Untuk tiga bulan pertama, totok wajah sebaiknya dilakukan berapa kali dalam sebulan dengan rutin dan tidak putus setiap bulannya pada beberapa titik akupresur di wajah. Titik – titik akupresur yang menjadi objek pada totok wajah adalah:

  • Bagian tengah dahi

Pusat area ini berada tepat di antara kedua alis, tempat dimana pangkal hidung bertemu dengan pusat dahi. Tekanan yang diberikan pada bagian ini bisa merangsang kinerja kelenjar endokrin dan hipofisis di otak agar penampilan kulit dapat ditingkatkan secara keseluruhan, meredakan kelelahan pada mata dan masalah sinus yang menyebabkan sakit kepala.

  • Tulang pipi

Totok wajah sebaiknya dilakukan berapa kali dalam sebulan juga dilakukan pada bagian tulang pipi tepatnya di samping hidung untuk membantu melancarkan aliran darah. Cara ini bermanfaat untuk menyamarkan noda hitam dan keriput serta garis halus di wajah. Perhatikan apa saja penyebab wajah kering dan bagaimana cara agar wajah halus dan lembut serta bagaimana cara membedakan wajah glowing dan berminyak

  • Samping hidung

Area ini berada di samping cuping hidung kiri dan kanan bagian bawah. Tekanan yang diberikan pada area ini dapat membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah, menyamarkan kerut pada wajah, dan mengatasi pembengkakan.

Dengan semua manfaat totok wajah yang bisa didapatkan, aturan mengenai totok wajah sebaiknya dilakukan berapa kali dalam sebulan seharusnya juga diperhatikan dan diikuti dengan baik. Pastikan juga bahwa Anda mempercayakan perawatan wajah kepada ahlinya untuk menghindari efek samping totok wajah yang tentunya tidak akan terasa baik. Carilah informasi sebanyak – banyaknya mengenai proses, biaya, metode dan reputasi dari klinik kecantikan yang akan Anda pilih. Ketelitian yang diterapkan dalam setiap rutinitas perawatan kecantikan akan memastikan bahwa perawatan tersebut tidak akkan mengalami kegagalan. Hindari manfaat totok wajah untuk jerawat jika Anda sedang mengalami jerawat yang cukup parah. Sebaiknya totok wajah dibatasi pada usia diatas 17 tahun, dan pastikan bahwa tidak ada bahaya totok wajah di usia muda yang dapat dirasakan. Usia muda kerap mengalami masalah kulit yang berminyak, karena itu juga perlu mengetahui perbedaan wajah berminyak dan berkeringat serta menjaga cara perawatan wajah sehari – hari.