20 Cara Membuat Wajah Awet Muda dan Kencang Tanpa Operasi

Jika menyangkut kulit wajah awet muda dan kencang, produksi kolagen adalah kunci untuk mempertahankan penampilan kulit tetap tampak awet muda, kenyal dan bebas keriput. Kolagen adalah protein yang diproduksi oleh sel – sel tubuh kita yang membantu menahan kulit di tempatnya, memberi wajah tampak lebih muda dan mengencangkan serta memberi elastisitas kulit. Ketika kita masih muda, kulit tetap kenyal dan lembut karena kolagen secara teratur beregenerasi dengan sendirinya.

Namun seiring dengan pertambahan usia, psoduksi kolagen melambat dan kolagen yang telah ada di kulit dapat menjadi rusak karena paparan sinar matahari dan kebiasaan buruk yang dilakukan pada kulit. Hasilnya adalah kulit yang mengendur dan keriput. Ilmu pengetahuan telah mengembangkan banyak perawatan yang menggunakan terobosan terbaru untuk melawan tanda – tanda awal penuaan, seperti keriput dan noda hitam. Akan tetapi mempertahankan kulit tetap kencang dan mulus merupakan tantangan lain.

Merawat Wajah Agar Tampak Muda dan Kencang

Langkah terpenting untuk cara mencegah penuaan dini adalah untuk menstimulasi gen – gen kita agar tetap memproduksi kolagen dan memperlambat penurunan produksinya. Ketika kolagen mulai menurun pada usia 30 tahunan, bersama dengan elastin, yaitu serat yang memberi kulit perasaan kenyal dan kencang. Ada banyak yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan kadar kolagen di tubuh Anda dan juga meningkatkan produksinya:

1. Meningkatkan asupan vitamin C

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa wanita berusia di atas 40 tahun dengan asupan vitamin C yang tinggi dalam menu makanannya lebih sedikit berisiko mengalami keriput daripada wanita yang mengonsumsi vitamin C rendah. Vitamin C sangat penting untuk pembentukan kolagen, tanpanya asam amino tidak dapat dihubungkan kepada protein. Sumber vitamin C yang untuk cara membuat wajah awet muda dan kencang yang bagus adalah paprika merah, sayuran berdaun hijau gelap seperti brokoli, kol, tomat, jeruk dan buah kiwi, dan jenis buah untuk awet muda lainnya.

2. Berhenti merokok

Merokok menciptakan enzim yang disebut matrix metalloproteinases (MMPs) yang merusak kolagen di kulit Anda, mengakibatkan kulit kendur pada wajah. Oksigen akan terputus dari kulit wajah, merusak kolagen dan elastin. Dan menurunkan level estrogen yang penting untuk membuat kulit menjadi kencang. berhenti merokok merupakan rahasia awet muda dan cara membuat wajah nampak awet muda.

3. Berhenti mengonsumsi alkohol

Cara membuat wajah awet muda dan kencang berikutnya adalah dengan menghentikan atau mengurangi konsumsi alkohol. Jika Anda terbiasa minum alkohol, batasi hanya untuk satu atau dua minuman selama satu atau dua minggu saja. Alkohol meningkatkan tingkat insulin dan menciptakan peradangan dalam tingkat rendah serta mempercepat pengenduran kulit. Tips agar awet muda salah satunya adalah dengan menghindari konsumsi alkohol.

4. Gunakan tabir surya

Paparan sinar matahari adalah penyebab utama untuk mempercepat kehilangan kolagen pada kulit. Sinar UV A menembus jauh ke dalam kulit dan merusak jaringan kolagen didalamnya yang mendukung struktur di area tersebut. Gunakan minimal SPF 15 atau SPF 30 yang dapat melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B jika Anda hendak beraktivitas di luar ruangan untuk cara merawat wajah agar awet muda. Anda juga perlu melindungi diri dari sinar matahari dengan menggunakan payung, topi, scarf, kacamata hitam atau gunakan baju berlengan panjang dan celana panjang. Hindari terekspos sinar matahari selama lebih dari 15 atau 20 menit. Anda juga dapat mencoba manfaat masker timun untuk wajah dan manfaat bubuk kayu manis untuk wajah yang lebih muda dan kencang.

5. Gunakan retinol

Krim yang mengandung retinoid hanya tersedia dalam bentuk resep dokter telah terbukti dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Retinoid mengurangi zat pada kulit yang memecah kolagen setelah terkena paparan sinar matahari dan juga menargetkan saraf penerima di kulit yang meningkatkan produksi kolagen untuk cara mengencangkan kulit wajah. Retinol juga terdapat pada cream untuk mengencangkan kulit wajah.

6. Kurangi asupan gula

Mengonsumsi terlalu banyak gula merupakan pengaruh buruk bagi kecantikan Anda. Gula menyebabkan penuaan dini pada kulit melalui proses yang disebut glikasi. Ini adalah saat ketika gula di dalam darah melekat pada lipid, asam nukleat dan protein untuk membentuk zat yang mempercepat penuaan dan menyebabkan kulit berkeriput. Tips mencegah penuaan dini adalah dengan membiasakan diri untuk tidak berlebihan dengan konsumsi gula.

7. Mengeksfoliasi kulit

Eksfoliasi adalah proses untuk menghilangkan lapisan sel kulit mati pada kulit luar. Manfaat eksfoliasi wajah ini dapat membantu mempercepat proses alami dari kulit dan pembaruan kolagen. Gunakan scrub atau krim pengelupas kulit dan krim peeling wajah yang bagus yang mengandung asam laktat dan asam glikolat yang tidak meluruhkan kulit mati, namun menguraikan zat yang membuat sel kulit mati menempel ke permukaan kulit sehingga hasilnya kulit akan lebih terlihat cemerlang dan sehat.

8. Gunakan antioksidan

Antioksidan dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan kulit menua. Istilah radikal bebas menggambarkan kerusakan sel kulit, disebut bebas karena kehilangan satu elektron padahal sel kulit yang sehat seharusnya memiliki dua elektron. Radikal bebas mengikatkan diri pada sel kulit yang sehat dan menyerap elektron yang dibutuhkan, menyebabkan kulit sehat menjadi rusak. Proses ini memicu enzim di kulit yang memecah kolagen. Manfaat antioksidan untuk kulit akan membantu menetralkan radikal bebas tersebut sehingga tidak perlu merusak sel kulit yang sehat. Minuman teh hijau tanpa gula merupakan antioksidan yang mengandung katekin, juga makanan yang mengandung lutein tinggi dalam sayuran hijau seperti bayam.

9. Konsumsi protein

Menopause dapat membuat wanita berkeriput karena tingkat hormon estrogen menurun seiring usia. Karena estrogen sangat penting untuk membuat kolagen dalam kulit, maka garis – garis dalam dan keriput bisa terbentuk di kulit kita. Banyak makanan mengandung phytoestrogen yang dapat membantu menggantikan efek estrogen yang hilang seperti hummus, kacang, kedelai dan kacang pinto.

10. Gunakan pelembab

Pelembab dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Dehidrasi mengarah kepada stres oksidasi yang mengakibatkan radikal bebas. Tanpa kelembaban, kulit tidak mampu memperbaiki diri sendiri dan semakin menderita kerusakan. Untuk kulit berminyak, Anda dapat menggunakan pelembab oil free dan non komedogenik, sementara kulit kering menggunakan pelembab wajah untuk kulit kering, dan kulit kombinasi menggunakan pelembab untuk kulit kombinasi.

11. Memijat wajah

Melakukan pijat wajah setiap hari akan membantu mendorong produksi kolagen, memberi kulit penampilan yang lebih kenyal dan membantu menstimulasi kelenjar limfa untuk mendukung penampilan kulit yang lebih segar dan bersih. Anda dapat menggunakan minyak zaitun untuk memijat wajah. Ada pula cara membuat wajah glowing dengan minyak zaitun.

12. Tidur dengan cukup

Tidur merupakan kegiatan yang penting untuk pertumbuhan dan reproduksi sel tubuh Anda dan juga membantu mengurangi sel kulit yang rusak dan mati yang mempengaruhi kulit menjadi kendur dan melorot. Cobalah untuk tidur minimal delapan jam sehari per malam untuk memperbaiki penampilan kulit Anda.

13. Menjaga asupan cairan

Air akan menghidrasi kulit Anda dan memperbaiki elastisitas kulit sehingga membuat kulit menjadi lebih lembut dan kencang sebagai cara membuat wajah awet muda dan kencang. Usahakan untuk meminum setidaknya delapan gelas air per hari dan hindari minuman berkarbonasi, kopi, dan minuman manis lainnya.

Yoga Wajah Agar Awet Muda dan Kulit Kencang

Latihan yoga wajah akan mengencangkan semua otot di wajah dan membuat warna kulit akan tampak lebih cerah sehingga tampak lebih muda.

1. Pose “Lion Face”

Cara membuat wajah awet muda dan kencang dengan yoga wajah lion face adalah:

  • Lakukan pose yoga wajah lion face selama paling tidak satu menit.
  • Tutup mata Anda dan ambil napas perlahan sementara mengerutkan fitur wajah Anda seketat mungkin.
  • Buang napas dan keluarkan lidah sejauh yang Anda bisa
  • Buka mata dan naikkan alis

2. Memijat kening

Latihan yoga wajah ini akan membantu mengurangi keriput dan garis halus dengan mengencangkan otot dahi Anda.

  • Tempatkan satu tangan pada setiap sisi kening
  • Posisikan jari melebar dan tempatkan jempol Anda di belakang kepala dekat garis rambut paling bawah.
  • Tempatkan jari kelingking pada ujung alis
  • Tarik kulit dahi Anda dengan lembut ke arah garis rambut hingga kulit meregang
  • Naikkan alis setinggi mungkin
  • Tahan posisi ini selama lima detik dan ulangi lima kali.

3. Memijat pipi

Cara melakukan gerakan yoga wajah pada pipi untuk cara membuat wajah awet muda dan kencang yaitu:

  • Menatap lurus ke depan dan tempatkan jari telunjuk pada bagian tengah tulang pipi anda.
  • Tekan lembut pada kulit dan buatlah lingkaran kecil dengan menggunakan telunjuk
  • Dorong bibir keluar membentuk O dan tarik bibir kembali untuk membuat senyum yang lebar.

4. Mengencangkan alis dan kantung mata

Latihan ini hampir memiliki efek yang sama dengan operasi pengencangan alis dan juga dapat menjadi cara menghilangkan kantung mata. Cara membuat wajah awet muda dan kencang dengan latihan ini yaitu:

  • Tempatkan jari telunjuk dibawah setiap mata dan arahkan setiap jari ke hidung Anda.
  • Sembunyikan gigi dengan bibir Anda dan buka mulut Anda sedikit.
  • Tataplah langit – langit selama 30 detik sementara mengedipkan kelopak mata bagian atas Anda.

5. Neck rolls

Gerakan ini tidak hanya dapat melepaskan ketegangan urat namun juga dapat membantu dalam cara mengencangkan kulit leher, tenggorokan dan dagu. Tempelkan dagu Anda ke dada. Putar kepala Anda ke kiri, angkat ke awah langit – langit dan turunkan ke arah kanan dalam gerakan melingkar. Ketika Anda merasakan pelepasan ketegangan otot, keriput di area tenggorokan juga akan mulai berkurang.

6. Baby bird

Latihan wajah baby bird akan mencegah kulit mengendur. Latihan ini juga membantu mengencangkan kulit dagu, leher dan pipi. Angkat kepala Anda ke belakang dan lihat ke arah langit – langit. Tekan ujung lidah ke langit – langit mulit dan menelan. Menjaga pandangan mata Anda ke arah langit – langit, gerakkan kepala Anda perlahan ke kanan dan menelan. Palingkan kepala sedikit ke kiri dan menelan kembali. Ulangi latihan ini tiga hingga empat kali pada setiap arah.

7. Mengangkat kepala

Gerakan ini akan meregangkan otot leher dan bekerja untuk membantu mengencangkan kulit leher dan juga menstimulasi sirkulasi darah. Berbaringlah telentang pada punggung, dengan posisi kepala jatuh dari ujung tempat tidur. Angkat kepala dan usahakan untuk menempelkan dagu pada dada Anda. Tahan selama 10 detik lalu turunkan lagi kepala anda. Ulangi sebanyak 10 kali.

Selain melakukan cara membuat wajah awet muda dan kencang seperti yang telah disebut diatas berupa perawatan rutin dan melakukan yoga wajah, Anda juga dapat menjaga agar penampilan tetap awet muda dan kulit kencang dengan rutin melakukan manfaat olahraga untuk kecantikan. Penelitian menemukan bahwa wanita yang berolahraga secara teratur memiliki kulit yang lebih kencang daripada yang tidak melakukan olahraga. Olah raga untuk awet muda dapat mengalirkan oksigen ke kulit dan memungkinkan nutrisi yang diperlukan untuk produksi kolagen. Untuk membuat kulit tetap kencang, usahakan berolah raga setidaknya 30 menit olah raga yang melatih kekuatan jantung per minggunya.