8 Cara Membedakan Lipstik Lip Cream Wardah Asli Dan Palsu di Pasaran

Lipstik adalah salah satu produk kecantikan utama yang sering digunakan para wanita. Penggunaan lipstik saja bisa membuat wajah yang pucat dan bibir pucat juga menjadi lebih cerah dan sehat walaupun tidak menggunakan bedak atau krim wajah sekalipun. Lipstik menjadi alat penambah kepercayaan diri para wanita dan karenanya para produsen berlomba untuk membuat berbagai jenis lipstik yang diklaim dengan berbagai kelebihannya. Potensi pasar yang besar untuk produk kosmetik inilah yang memancing pihak – pihak tidak bertanggung jawab juga ingin mengeruk keuntungan lewat harga jual murah dan bahan seadanya.

Para produsan pemalsu tersebut menumpang atau meniru merk lipstik yang laris untuk ikut memasarkan produk mereka. Salah satu merk lipstik yang laris di pasaran adalah Wardah dengan jenis lip cream matte. Warna – warna lipstik yang bervariasi pada lip cream Wardah membuat para wanita menggemari produk kosmetik halal ini. Akan tetapi, produk palsunya pun banyak beredar di pasaran. Untuk menghindari pemakaian lip cream Wardah palsu dan menggunakan merk lipstik yang aman, Anda perlu mengetahui cara membedakan lipstik lip cream wardah asli dan palsu berikut ini.

Mengenali Lip Cream Wardah Asli dan Palsu

  1. Huruf ‘E’ pada tabung lipstik asli tercetak rapi, sementara huruf pada tabung lipstik palsu terlihat berantakan dan tidak rapi.
  2. Tulisan tanggal kadaluarsa dan kode produksi pada lipstik matte wardah lebih tipis dan ramping sedangkan pada produk palsunya tulisan lebih tebal.
  3. Tidak ada titik setelah tanggal expired pada tabung lipstik asli, sedangkan di produk palsu ada.
  4. Tabung pada produk lipstik wardah asli terlihat mulus, sedangkan tabung lipstik palsu terlihat kurang rapi.
  5. Tidak tertera nomor batch dan tanggal kadaluarsa pada bagian bawah tabung lipstik, sedangkan pada lipstik palsu tertera nomor batch dan tanggal kadaluarsa.
  6. Ujung aplikator lipstik matte wardah membengkok sementara yang palsu ujungnya lurus. Aplikator asli juga lentur dan elastis, sedangkan yang palsu kaku dan tidak elastis. Bentuk aplikator palsu pipih dan lebih ramping serta panjang. Aplikator asli agak besar dan tidak terlalu panjang.
  7. Harga lipstik wardah palsu akan jauh lebih murah daripada produk lipstik wardah asli.
  8. Kemungkinan juga tercium bau kimia yang menyengat pada lip cream wardah palsu, sedangkan lip cream asli biasanya tidak beraroma.

Tips Memilih Lipstik

Selain mengetahui cara membedakan lipstik lip cream wardah asli dan palsu, Anda juga perlu mewaspadai beberapa hal berikut ketika akan membeli lipstik.

  • Perhatikan harganya

Harga murah dari produk kosmetik incaran tentu akan membuat wanita manapun gembira. Namun dibalik itu Anda mesti mewaspadainya. Harga yang jauh dari harga lip cream asli yang biasa Anda beli selama ini mengindikasikan produk palsu. Sebab, tidak ada perusahaan ternama yang akan membanting harga besar – besaran untuk produk buatannya karena itu akan mendatangkan kerugian besar pula. Jika Anda tidak yakin dengan rentang harga jual aslinya, Anda bisa mengeceknya di internet atau website resminya.

  • Perhatikan kemasan produk

Mendapatkan kemasan yang utuh adalah suatu keharusan untuk memastikan produk yang Anda beli masih dalam keadaan baik. Apabila Anda membelinya secara online, cobalah mengecek ulang dengan kemasan produk yang tertera di website untuk memastikan keasliannya, berlaku juga untuk cara membedakan lipstik lip cream wardah asli dan palsu.

  • Periksa tanggal kadaluarsa dan BPOM

Tidak menutup kemungkinan bahwa tanggal kadaluarsa yang tertera dan juga nomor BPOM juga bisa dipalsukan. Juga walaupun nomor izin BPOM tersebut sesuai dengan yang terdapat di website BPOM, tetap ada kemungkinan bahwa produk lip cream tersebut palsu. Untuk itu Anda harus mengecek ciri – ciri lainnya agar lebih dapat dipastikan. Begitu juga ketika melakukan cara membedakan lipstik lip cream wardah asli dan palsu.

  • Perhatikan tekstur produk

Lipstik yang palsu tentu saja diproduksi dengan menggunakan bahan yang tidak berkualitas karena ingin membanting harga jual semurah – murahnya. Antara lain menggunakan pigmen warna yang berkualitas buruk, dengan tambahan air, alkohol atau bahan kimia berbahaya lain yang tidak seharusnya digunakan. Bahan – bahan ini bisa saja membuat teksturnya menjadi lebih cair dan tidak nyaman digunakan di bibir, warnanya tidak keluar, membuat bibir kering dan lain sebagainya.

  • Perhatikan bentuk kemasan

Tidak akan ada produk palsu yang dapat menyamai produk aslinya dengan sempurna. Pasti akan ada satu dua kejanggalan pada kemasan dan bentuk produk yang dapat Anda lihat, terutama jika Anda sudah lama menggunakan produk tersebut. Untuk itu, jika Anda ingin melakukan cara membedakan lipstik lip cream wardah asli dan palsu, perhatikan detail produk hingga sekecil – kecilnya. Terutama jika membelinya lewat toko online dan tidak di konter resmi Wardah. Perhatikan juga perbedaan lipstik dan lip tint, juga perbedaan lipstik revlon asli dan palsu.

  • Perhatikan aromanya

Penggunaan bahan – bahan kimia yang tidak seharusnya pada produk palsu bisa saja membuat produk tersebut mengeluarkan aroma yang tidak wajar terutama aroma alkohol. Mungkin saja ketika menggunakan lip tint yang bagus untuk bibir hitam yang baru dibeli atau mencoba merk lipstik tahan lama tercium bau yang menyengat. Jangan memaksakan pemakaian apabila lipstik Anda beraroma seperti ini, karena dapat merusak bibir.

Sesuaikan penggunaan lipstik dengan kondisi bibir Anda. Misalnya dengan menggunakan lipstik wardah untuk bibir kering, lipstik matte untuk bibir kering dan merk lipstik glossy yang bagus.  Membeli lipstik mungkin telah menjadi kegiatan yang remeh temeh dan mudah dilakukan, tetapi pada masa sekarang ini Anda harus semakin waspada. Maraknya pemalsuan produk menuntut kita untuk lebih teliti, misalnya melakukan cara membedakan lipstik lip cream wardah asli dan palsu dengan seksama untuk menghindari efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.  Mengabaikan keamanan ketika membeli atau menggunakan kosmetik, akan membuat Anda menanggung akibatnya kelak.